ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Kirim Gift Instagram ke Kreator Indonesia

Cara Kirim Gift Instagram Header

Gadgetren – Fitur Gift Instagram yang sebelumnya hanya bisa digunakan untuk kreator di Negara Amerika Serikat, kini bisa dinikmati di Indonesia.

Awalnya Gift Instagram dikembangkan sejak bulan Juli 2022 silam dan kemudian diuji coba pada bulan November 2022 di Amerika. Selanjutnya pada tanggal 8 Februari 2023, pihak Instagram memperluas fitur Gift tersebut kepada lebih banyak pengguna.

Namun demikian tidak semua kreator yang kebagian fitur Gift karena Instagram memberikan syarat khusus. Dengan ketersediaannya di Indonesia, pembuat konten bisa menerima Gift dari penggemarnya.

Pihak Meta menyebutkan bahwa Gift bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pembuat konten agar bisa berkembang lagi di Instagram sehingga bisa mendapatkan pemasukan tambahan secara finansial.

Untuk bisa mendapatkan fitur Gift Instagram, kreator harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya memiliki jumlah pengikut dengan batas nominal tertentu. Untuk kualifikasi tersebut, kreator konten dapat mengecek pada profesional dashboard masing-masing untuk melihat Gift yang telah didapat.

Nilai Gift mulai dari 45 bintang yang setara dengan uang Rp15 ribu, 140 bintang setara Rp44 ribu, dan 300 setara dengan Rp89 ribu. Setelah memilih nominal bintang, kamu bisa membelinya dengan menggunakan metode pembayaran melalui Apple Store atau Google Play Store seperti e-wallet, operator seluler, debit, kartu kredit, dan lainnya.

Cara Mengirim Gift Instagram

  • Buka aplikasi Instagram versi terbaru di ponsel kamu.
  • Ketuk tab menu Reels di sebelah kanan menu post Feed.
  • Gulir Reels yang memunculkan ikon Gift Instagram.
  • Setelah ketemu, pilih ikon kotak kado atau tulisan Send gift.
  • Pilih ikon Gift dengan nominal bintang yang diinginkan mulai dari 10 sampai 300 bintang.Gift-Instagram-3
  • Ketuk tombol Add to balance di bawah layar.
  • Pilih jumlah minimal bintang mulai dari 45 sampai 300.
  • Misalnya pilih 45 bintang dengan harga Rp15 ribu.
  • Pilih metode pembayaran untuk digunakan.
  • Ketuk tombol Continue.Gift-Instagram
  • Gift yang dibeli akan terkirim ke kreator.

Bila dibandingkan dengan fitur Gift yang ada di TikTok dan Snack Video, nominal bintang jika dikonversikan ke mata uang yang diberikan belum begitu besar. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Instagram akan terus mengembangkan opsi Gift lainnya dalam jumlah yang lebih banyak sehingga kreator dapat menerima nominal uang lebih besar lagi.

Dengan hadirnya Gift di Instagram, pengguna bisa menunjukkan apresiasi kepada kreator yang mereka idolakan dengan mengirimkan hadiah. Sementara itu kreator bisa melihat perkiraan pendapatan total dan bulanan di Dasbor Profesional. Pendapatan dari Gift Instagram bisa ditarik jika saldo keseluruhan mencapai 25 USD termasuk pendapatan dari program monetisasi lainnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar