ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Samsung Galaxy S23 Ultra Vs Galaxy S22 Ultra – Terlihat Sama Tapi Sebenarnya Berbeda

Samsung Galaxy S23 Ultra Vs Samsung Galaxy S22 Ultra - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy Unpacked 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2023 kemarin memperkenalkan sejumlah perangkat baru di mana salah satunya Samsung Galaxy S23 Ultra.

Secara sekilas, handphone baru buatan Samsung tersebut sayangnya terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy S22 Ultra yang meluncur sebelumnya. Baik penempatan modul kamera hingga desain layarnya tampak tidak jauh berbeda.

Meskipun begitu, Samsung memperkenalkan Galaxy S23 Ultra bukan hanya sekadar untuk memenuhi tuntutan pengguna setiap tahunnya. Tetap ada beberapa peningkatan yang ditawarkan oleh handphone tersebut jika dibandingkan Galaxy S22 Ultra.

Perbedaan Samsung Galaxy S23 Ultra Vs Galaxy S22 Ultra

Peningkatan paling mencolok dari Galaxy S23 Ultra jika dibandingkan Galaxy S22 Ultra salah satunya terletak pada sektor kamera. Handphone baru tersebut soalnya mengemas lensa utama dengan resolusi yang lebih tinggi.

Dengan konfigurasi lensa pendukung yang hampir serupa, Galaxy S23 Ultra menawarkan sensor wide beresolusi hingga 200MP sebagai kamera utama. Hal ini jauh lebih tinggi ketimbang Galaxy S22 Ultra yang hanya mendukung 108MP saja.

Tak hanya mempunyai dukungan gambar dengan resolusi lebih tinggi, sensor 200MP milik Galaxy S23 Ultra menariknya juga mempunyai rana lebih besar. Jadi secara teknis bakalan lebih mumpuni di kondisi kurang cahaya.

Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra

Bagi kamu yang belum tahu, lensa wide yang dipakai oleh Galaxy S23 Ultra mempunyai bukaan rana f/1.7 saat Galaxy S22 Ultra masih menggunakan sensor f/1.8. Perlu diingat bahwa semakin kecil angka pembagi, maka ukurannya semakin besar.

Untuk pertama kalinya, Samsung pun menyematkan Super QPD ke lini handphone mereka lewat sensor kamera ini. Kemampuan autofocus Galaxy S23 Ultra makanya bisa bekerja secara lebih cepat dan akurat meskipun kondisi kurang cahaya.

Foto dan video yang akan dihasilkan oleh kamera Galaxy S23 Ultra pun bakal lebih baik lagi karena sektor pemrosesan miliknya juga lebih kuat. Dalam hal ini, handphone tersebut sudah membawa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 sebagai dapur pacu.

Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra

Snapdragon 8 Gen 2 merupakan versi upgrade dari Snapdragon 8 Gen 1 yang sebelumnya menjadi andalan Galaxy S22 Ultra. Kinerjanya tentu lebih mumpuni apalagi Samsung menyematkan versi khusus yang sudah dioptimalkan.

Yang tak kalah menarik, Galaxy S23 Ultra juga melapisi layar dan bodinya dengan pelindung teranyar Corning Incorporated. Kaca yang disebut dengan Gorilla Glass Victus 2 itu tentu dapat memberikan perlindungan lebih baik daripada Gorilla Glass Victus+ di Galaxy S22 Ultra.

Sebagai ganti, Galaxy S23 Ultra sayangnya dibekali dengan resolusi kamera depan yang lebih rendah. Handphone tersebut tercatat hanya memakai lensa beresolusi 12MP padahal Galaxy S22 Ultra mempunyai sensor 40MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar