ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Ini Teknologi yang Bikin Canggih Kamera 200MP di Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-200-MP.

Gadgetren – Sebagai model tertinggi dari seri Galaxy S23 yang baru saja dirilis oleh Samsung, Galaxy S23 Ultra tebar pesona dengan kamera utama besar yakni 200MP. Kamera ini tak hanya mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi tetapi juga didukung fitur-fitur canggih di dalamnya.

Samsung menggunakan sensor gambar ISOCELL HP2 dengan ukuran piksel 0,6µm di Galaxy S23 Ultra. Sensor gambar tersebut menawarkan 200 juta piksel dalam format optik 1/1,3″ dan mendukung teknologi Tetra2pixel.

Tetra2pixel merupakan teknologi pixel-binning yang menggabungkan piksel-piksel terdekat menjadi satu piksel yang lebih besar untuk menangkap lebih banyak cahaya sehingga hasil gambar bisa tetap tajam dan detail walau di kondisi pencahayaan minim.

Sebagai contoh pada saat kelebihan sinar matahari, sensor gambar akan menggunakan mode 0,6µm 200MP agar tidak menangkap terlalu banyak cahaya untuk hasil gambar yang lebih jernih dan tidak overexposed.

Sebaliknya jika situasi pencahayaan semakin redup maka sensor akan berubah ke mode 1,2µm 50MP atau 2,4µm 12,5MP sehingga hasil foto dan video bisa tetap menyajikan gambar yang cerah dengan warna yang detail dan tetap tajam.

Tak hanya itu, sensor gambar ISOCELL HP2 turut dilengkapi teknologi Super QPD yang mana bisa menghadirkan kemampuan autofocus khususnya di kondisi minim cahaya. Teknologi ini memungkinkan ISOCELL HP2 menggunakan seluruh 200 juta piksel untuk pemfokusan.

Hal tersebut memungkinkan auto-focus kamera Galaxy S23 Ultra bisa lebih cepat dan akurat dengan shutter lag yang lebih minim bahkan ketika digunakan di ruangan gelap yang hanya diterangi sebuah lilin.

 Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-Nightography-1

Selain itu, sensor gambar ISOCELL HP2 dibekali Dual Slope Gain (DSG) yang memungkinkan mode HDR digunakan pada resolusi 50MP. Teknologi DSG ini juga didukung Smart-ISO Pro yang mampu menggabungkan ISO tinggi dan ISO rendah dalam satu pengaturan exposure ketika memotret di tempat dengan perbedaan pencahayaan yang kontras.

Dengan demikian kehadiran DSG pada sensor gambar ISOCELL HP2 pada kamera utama Galaxy S23 Ultra mampu menghasilkan foto HDR yang lebih vivid, detail, dan sedikit menampilkan gambar buram atau blur baik pada kondisi kurang cahaya, terang, maupun keduanya.

Di samping mampu membuat foto memiliki resolusi terbaik, sensor gambar ini bisa melakukan perekaman dengan kualitas 8K pada 30fps maupun 4K pada 60fps dengan dukungan HDR dan sudut pandang yang lebih luas.

Saat ini program pre order seri Galaxy S23 telah digelar di Indonesia pada situs Samsung.com/id dengan memberikan banyak promo menarik. Selama periode pre order pembeli bisa mendapatkan Galaxy S23 Ultra dengan harga mulai Rp19.999.000 (12GB/256 GB), Galaxy S23+ dengan harga mulai Rp15.999.000 (8 GB/256 GB), dan Galaxy S23 5G dengan harga mulai Rp12.999.000 (8GB/128 GB).

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar