ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Battery Health iPhone Untuk Tahu Tingkat Kesehatannya

Cara Cek Battery Health iPhone - Header

Gadgetren – Kesehatan baterai atau battery health juga termasuk salah satu di antara faktor penting yang perlu diperhatikan saat kita memakai perangkat iPhone, terutama jika sudah berusia lawas.

Penurunan kesehatan baterai di perangkat elektronik memang tidak bisa dihindari. Apalagi jika perangkat berkaitan sering digunakan dengan cara yang kurang tepat seperti bermain game sambil mengisi daya, prosesnya pun bisa berlangsung semakin cepat.

Tipikal baterai yang menggunakan teknologi litium ion memang demikian. Seiring bertambahnya usia pemakaian, unsur kimia di dalamnya akan mengalami penurunan. Kemampuan penyimpanan dayanya pun akhirnya akan semakin berkurang.

Saat kesehatan baterai menurun drastis, penggunaan iPhone pun akan menjadi jauh lebih singkat dibandingkan dengan kondisi awal. Kita pun harus semakin rajin untuk melakukan pengisian daya agar perangkat bisa tetap menemani kita beraktivitas.

Kabar baiknya, perusahaan Apple sudah mulai menyematkan dukungan khusus yang dapat digunakan untuk mengecek kesehatan baterai iPhone semenjak pembaruan iOS 11.3. Fitur tersebut pun masih tersedia hingga sekarang ini.

Cara Mengecek Battery Health iPhone

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu Battery.
  • Ketuk menu Battery Health & Charging untuk iOS 16 atau Battery Health untuk iOS 15 ke bawah.

Di halaman Battery Health & Charging, iPhone nantinya akan menampilkan sejumlah informasi berkaitan dengan kesehatan baterai. Termasuk di antaranya meliputi kapasitas maksimal (maximum capacity) serta kemampuan kinerja puncak (peak performance capability).

Kapasitas maksimal merujuk kepada kemampuan penyimpanan daya relatif baterai iPhone dibandingkan dengan kondisi awal atau saat masih baru. Namun dalam keseharian, persentase yang ditujukan sering kali dianggap sebagai kesehatan baterai itu sendiri.

Berbeda dengan kapasitas maksimal, bagian kemampuan kinerja puncak akan menampilkan informasi mengenai apakah baterai mampu memberikan daya yang dibutuhkan supaya perangkat iPhone bisa berkerja secara maksimal atau tidak.

Dalam kondisi normal, baterai seharusnya mampu memberikan daya yang diperlukan agar iPhone mampu menyentuh kemampuan tertingginya. Apabila tidak maka manajemen kinerja diterapkan agar perangkat bisa berjalan secara normal tanpa gangguan.

Bagian kemampuan kinerja puncak juga akan menampilkan informasi mengenai apakah baterai bisa berjalan normal atau memerlukan manajemen kinerja. Bahkan jika kesehatan menurun secara drastis, akan muncul saran untuk melakukan penggantian komponen.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar