ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

Apa Itu Alamat Proxy WhatsApp yang Ada di Pengaturan?

Apa Itu Alamat Proxy WhatsApp - Header

Gadgetren – Sebagai alat komunikasi andalan bagi para pengguna perangkat seluler, WhatsApp memang harus senantiasa bisa berjalan secara lancar sehingga dapat diakses dari mana dan kapan saja.

Oleh karena itu, WhatsApp mengawali tahun 2023 dengan menambahkan sebuah pengaturan baru yang memungkinkan para pengguna memasang proxy ke dalam layanannya. Kita yang berada di Indonesia pun kini sudah dapat memakai dukungan tersebut.

Dengan dukungan untuk menggunakan proxy, kita kini tak perlu khawatir saat layanan mereka sedang dibatasi atau diblokir di suatu wilayah. Kita bisa memakainya agar tetap bisa mengakses WhatsApp secara lebih leluasa.

Apa Itu Alamat Proxy di WhatsApp?

Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, proxy adalah server perantara yang bertugas menjembatani pengguna dengan internet. Biasanya terpasang di sebuah sistem komputer maupun router yang menghubungkan keduanya.

Kita sebagai pengguna normalnya memang bisa langsung mengakses layanan internet apapun tanpa perantara. Hanya saja dalam kondisi tertentu, kita kadang kala memerlukan sebuah proxy supaya bisa melakukannya.

Proxy dalam hal ini bisa berfungsi sebagai sistem keamanan jaringan (firewall), penyaring konten, penyimpan data cache, hingga pengelola koneksi. Pada WhatsApp, dukungan tersebut pun secara khusus memungkinkan kita melewati pemblokiran atau pembatasan layanan.

Saat mengaktifkan pengaturan proxy di WhatsApp, setiap percakapan yang dikirim atau diterima akan dilewatkan ke server terkait. Kemudian nanti baru diteruskan dengan IP mereka menggantikan alamat yang sebenarnya.

Prinsipnya memang terlihat cukup mirip dengan VPN (Virtual Private Network) tetapi tetap saja ada bedanya. Proxy salah satu di antaranya hanya akan meneruskan semua data yang dikirim atau diterima tanpa melakukan enkripsi pada lalu-lintasnya.

Meskipun begitu, kita tidak perlu khawatir. WhatsApp sudah memastikan bahwa semua pesan tetap akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end dari layanan mereka. Jadi tidak akan bisa diintip oleh selain pengirim dan penerima baik itu penyedia proxy maupun Meta.

Cara Mengatur Alamat Proxy di WhatsApp

  • Siapkan alamat server proxy
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  • Pilih Settings
  • Masuk ke menu Storage and data
  • Ketuk Proxy settings
  • Nyalakan pengaturan Use proxy
  • Klik opsi Set proxy
    Apa Itu Alamat Proxy WhatsApp
  • Masukan alamat server proxy yang dimiliki
  • Klik Save

Sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan server proxy yang bisa dipakai untuk melewati pemblokiran atau pembatasan layanan. Namun hal itu bukan masalah karena ada banyak organisasi atau sukarelawan yang menyediakannya secara gratis.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar