Tips dan Trik

Cara Menghapus Cache di Handphone vivo Buat Mengatasi Berbagai Masalah

Cara Menghapus Cache di HP vivo - Header

Gadgetren –  Menghapus cache selalu bisa diandalkan untuk mengatasi sejumlah permasalahan ketika kita memakai handphone-handphone berbasis Android termasuk di dalamnya perangkat buatan vivo.

Cache atau biasa juga disebut dengan istilah berkas tembolok memang sangat membantu ketika kita mengoperasikan handphone mulai dari menjalankan sistem, membuka aplikasi, hingga mengakses halaman web.

Berkas sementara tersebut soalnya memungkinkan handphone bekerja tanpa perlu memproduksi atau mengunduh data secara berulang-ulang. Jadi kinerjanya saat menangani aplikasi, sistem, maupun web bakal lebih cepat.

Hanya saja jika dibiarkan secara terus-menerus, cache bisa membuat ruang penyimpanan menjadi semakin sempit. Tak jarang bahkan justru menjadi penyebab sejumlah masalah karena dapat memicu ketimpangan saat memproses data.

Menghapus cache untungnya aman untuk dilakukan. Di handphone-handphone buatan vivo, kita pun bisa melakukan hal tersebut dengan cukup mudah tanpa perlu memasang aplikasi atau layanan pembersih dari pihak ketiga.

Cara Menghapus Cache di Handphone vivo

Lewat Pengaturan

  1. Buka Settings
  2. Buka menu Apps
  3. Cari aplikasi yang dimaksud
  4. Ketuk aplikasi tersebut
  5. Masuk ke bagian Storage
  6. Klik tombol Clear cache

Setiap versi Funtouch OS mempunyai antarmuka yang berbeda sehingga penamaan dan penempatan menunya pun bisa terlihat berlainan. Maka dari itu kita kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas.

Misalnya pada Funtouch OS 4.5, kita akan menemukan menu pengelolaan aplikasi dengan nama App manager sementara di Funtouch OS 4.0 ke bawah menggunakan sebutan Applications. Keduanya dapat dibuka lewat bagian More Settings.

Langkah-langkah di atas selain itu juga dapat menjadi alternatif jika kita hanya ingin menghapus cache untuk beberapa aplikasi saja. Sementara untuk melakukannya secara keseluruhan, kita bisa memanfaatkan aplikasi i Manager.

Menggunakan i Manager

  1. Jalankan aplikasi i Manager
  2. Tunggu sampai aplikasi selesai melakukan pemindaian
  3. Buka menu Space cleanup jika sudah selesai
  4. Klik tombol Clean up all
  5. Klik One-touch cleanup

Dengan menekan tombol One-touch cleanup di aplikasi i Manager, ada tiga jenis data yang akan ikut terhapus olehnya. Termasuk di antaranya meliputi cache yang sudah tidak terpakai, berkas data sementara, maupun log file.

Selaras dengan versi Funtouch OS, antarmuka aplikasi i Manager juga akan ikut berubah-ubah. Jadi kita kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah dalam ulasan di atas jika ingin menghapus cache di handphone vivo.

Tinggalkan Komentar