Tips dan Trik

Apa Itu VPN dan Bagaimana Fungsinya?

Apa Itu VPN Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Akhir-akhir ini, pemerintah memang sedang galak-galaknya menerapkan aturan di bidang telekomunikasi. Bisa kita lihat, banyak situs atau aplikasi yang menjadi korbannya.

Bahkan, beberapa situs maupun aplikasi yang notabene bukan platform terlarang pun menjadi korban pemblokiran tersebut , karena kesalahan dari para penggunanya yang mengunggah konten yang tidak semestinya.

Namun, meskipun demikian, sebagian pengguna internet tetap masih bisa mengunjungi atau menggunakan situs dan situs web yang diblokir tersebut berkat adanya teknologi yang disebut dengan VPN.

Apa Itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) atau kalau diartikan menjadi jaringan pribadi virtual merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik yang menggunakan jalur komunikasi dengan protokol tertentu.

Jaringan komputer ini kemudian dihubungkan ke internet pada jaringan publik, dan bisa diakses melalui perangkat lain melalui jaringan tersebut tetapi harus dengan protokol yang telah ditetapkan.

Atau secara sederhana, teknologi VPN ini akan membuat kamu memiliki jalur akses internet pribadi dalam jaringan internet publik atau umum, sehingga kamu dapat berselancar atau mengakses jaringan lokal tertentu dengan lebih aman.

Manfaat VPN

Penggunaan teknologi VPN memiliki beberapa manfaat bagi penggunanya. Selain bisa memangkas biaya operasional dan pembangunan infrastruktur, karena komunikasinya dicantolkan pada jaringan publik, VPN juga menawarkan kerahasiaan, keutuhan data, dan autentikasi sumber.

Meskipun berjalan di jaringan publik yang sangat rawan terhadap kejahatan terkait data, jaringan VPN menawarkan kerahasiaan, mengingat setiap datanya akan dienkripsi terlebih dahulu dengan protokol tertentu.

Selain itu, jaringan ini secara khusus biasanya juga memiliki protokol tertentu yang dirancang untuk menjaga data secara utuh, agar tidak hilang, dirusak, atau dimanipulasi selama berada di dalam jaringan.

VPN juga dirancang untuk melakukan pengecekan terlebih dulu pada sumber pengiriman sekaligus data yang akan diterimanya, untuk memastikan data-data tersebut berasal dari sumber seharusnya dan tidak ada data yang dikirim dan diterima oleh pihak lain.

Cara Menggunakan VPN

Untuk menggunakan VPN, kamu dapat berlangganan pada penyedia layanan VPN dan mengaturnya sendiri melalui halaman pengaturan atau Settings di perangkat yang kamu gunakan.

Atau jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa mengunduh aplikasi VPN dari penyedia layanan VPN yang kamu percaya, seperti dari Hide.me atau TunnelBear, baik melalui perangkat komputer maupun smartphone yang kamu miliki.

Leave a Comment