Tips dan Trik Aplikasi

Apakah YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Uang? Ini Jawabannya!

Apakah YouTube Shorts Menghasilkan Uang - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan popularitas TikTok yang semakin meningkat, banyak platform media sosial pun berusaha menirunya dengan menghadirkan fitur khusus untuk mengunggah video berdurasi pendek.

Salah satu di antaranya adalah YouTube. Untuk meningkatkan pengalaman pemakaian pengguna di layanannya, Google pun ikut menyontek dukungan untuk mengunggah video berdurasi singkat yang kemudian diberi nama YouTube Shorts.

Seperti namanya, fitur yang diperkenalkan secara global pada tanggal 13 Juli 2021 tersebut pun memungkinkan kita mengunggah konten-konten berdurasi singkat. Kita dalam hal ini dapat memakainya untuk video-video dengan panjang maksimal 60 detik.

Hadir di platform yang cukup erat dengan monetisasi konten, ada sebuah pertanyaan yang mungkin akan muncul di benak kita saat memakai layanan YouTube Shorts. Apakah kita bisa menghasilkan uang dengannya?

Jika penasaran dengan pertanyaan ini, kamu pun dapat menyimak jawaban berikut mengenai apakah YouTube Shorts bisa menghasilkan uang atau tidak.

Apakah YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Uang?

Sama halnya konten-konten reguler, kita pun tentu saja dapat memakai YouTube Shorts untuk menghasilkan uang. Google soalnya mempunyai sejumlah program yang memungkinkan hal tersebut.

Salah satu di antaranya adalah YouTube Shorts Fund. Diperkenalkan sebulan setelah YouTube Shorts diluncurkan, program ini menyediakan pendanaan hingga total senilai USD 100.000.000 untuk para kreator yang berdedikasi tinggi membuat konten-konten kreatif dan orisinal.

Hanya saja, YouTube Shorts Fund sayangnya tidak akan bisa digunakan di masa mendatang. Google soalnya sudah mengganti program ini dengan membuka YouTube Partner Program (YPP) untuk kreator YouTube Shorts di mana aktif per 1 Februari 2023.

Berbeda dengan YouTube Shorts Fund, YouTube Partner Program merupakan sebuah program kemitraan yang dirancang agar para kreator bisa menghasilkan uang. Termasuk di antaranya melalui iklan layaknya video biasa.

Program pengganti YouTube Shorts Fund pun hanya dapat diikuti oleh kreator-kreator yang sudah mempunyai 1.000 subscriber dan jumlah tayangan video pendek hingga 10 juta jam dalam 90 hari terakhir.

Jika persyaratan di atas masih sangat sulit terpenuhi, Google pun menghadirkan program alternatif bernama Fan Funding yang bisa diakses lebih awal. Termasuk beberapa di antaranya meliputi Super Thanks, Super Chat, Super Stickers, dan channel memberships.

Selain melalui program-program yang ditawarkan oleh Google, kita juga dapat menghasilkan uang dari YouTube Shorts dengan mempromosikan produk atau jasa. Baik itu milik sendiri atau lewat kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.

Tinggalkan Komentar