ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Upload Video Short di YouTube dengan Mudah dan Cepat

Cara Upload Video Short di YouTube

Gadgetren – TikTok menjadi salah satu jejaring sosial berbasis video pendek yang populer digunakan oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bahkan YouTube pun mencoba menghadirkan fitur video pendek bernama Short di aplikasinya untuk memikat lebih banyak pengguna yang gemar akan konten tersebut.

Layaknya TikTok, kamu bisa menghasilkan video pendek vertikal dengan durasi maksimal 15 detik atau 30 detik. Selain itu, kamu pun dapat memberikan efek maupun mengatur kecepatan gerakan video langsung di aplikasi YouTube.

Untuk saat ini, fitur Short masih berupa versi Beta sehingga dapat dimaklumi apabila fiturnya belum secanggih maupun selengkap TikTok. Namun bagi kamu yang ingin mengunggah video pendek pada fitur Short di YouTube dapat mengikuti tutorialnya sebagai berikut.

Cara Upload Video Short di YouTube

  1. Pastikan aplikasi YouTube di handphone telah update versi terbaru
  2. Buka aplikasi dan login ke akun YouTube milikmu
  3. Pada halaman utama, tekan tombol Create berikon + di dalam lingkaran pada bagian bawah layar
  4. Pada menu Create, pilih tombol Create a Short (Beta)
  5. Kamu akan diarahkan pada halaman pembuatan video Short yang dapat diatur durasinya 15 detik atau 60 detik
  6. Kamu juga dapat mengatur kecepatan video pada menu Speed, hitung mundur pengambilan video pada menu Timer, dan memilih kamera depan atau belakang pada menu Flip
  7. Setelah semua diatur, tekan tombol Record yang berikon lingkaran merah
    YouTube Shorts Part 1
  8. Kamu dapat mengambil video dengan waktu maksimal
  9. Namun kamu dapat menyelesaikan video di tengah jalan dengan menekan tombol Stop yang berikon kotak merah
  10. Setelah video diambil, maka kamu dapat menambahkan musik, teks, filter, dan mengatur timeline
  11. Tekan tombol Next di bagian di atas untuk menyelesaikan
  12. Kamu dihadapkan pada halaman Add details yang memintamu untuk mengisi Judul video, visibilitas untuk umum atau privat, dan jenis penonton untuk anak-anak atau 18 tahun ke atas
  13. Tekan tombol Upload di bagian kanan atas dan tunggu proses unggah selesai
    YouTube Shorts Part 2

Untuk bisa mengakses beragam video Short yang telah dibuat orang lain, kamu dapat menekan menu Shorts pada halaman utama yang berada di bagian bawah layar. Nantinya video Short buatanmu juga akan muncul secara acak kepada pengguna YouTube di menu Shorts.

Selain itu, terkadang YouTube memberikan highlight video Short pada halaman utama aplikasi dekat dengan video regular yang diunggah di YouTube agar mudah diakses oleh banyak pengguna handphone.

Untuk saat ini, fitur yang ditawarkan oleh video Short bisa dikatakan masih belum sebagus TikTok yang sudah menawarkan fitur-fitur dengan kecerdasan buatan canggih sehingga mampu memanjakan penggunanya. Sementara Short hanya mempunyai fitur-fitur yang sederhana karena masih memasuki tahap Beta dan terasa seperti video pendek biasa.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar