Tips dan Trik

Ini Dia 3 Kelebihan YouTube Go Yang Bisa di Andalkan

Kelebihan Youtube Go Header

Gadgetren – Aplikasi ramah kuota menjadi hal yang cukup populer saat ini, banyak platform yang mulai mengembangkannya. Meramaikan kepopuleran ini, beberapa waktu lalu, Google pun merilis YouTube Go.

Di beberapa negara berkembang, perkembangan internet memang cukup banyak tertinggal, baik di segi kecepatan maupun dari segi persebarannya. Padahal, tidak sedikit platform menyasar negara-negara tersebut untuk memperoleh pengguna.

Melihat banyaknya negara berkembang yang masuk ke dalam target pasarnya, beberapa platform pun mulai mengembangkan aplikasi-aplikasi yang ramah kuota, dimana aplikasi-aplikasi ini tidak akan menguras banyak kuota jika dibandingkan versi umumnya.

Bahkan, diantara aplikasi-aplikasi tersebut, beberapa diantarannya menawarkan fitur hemat ram yang tentunya akan membuat aplikasi dapat dijalankan dengan cepat karena terbilang cukup ringan. Selain itu, beberapa aplikasi juga menawarkan banyak fitur tambahan di dalamnya.

YouTube, sebagai platform video yang cukup banyak digunakan, tentu tidak ingin melewatkan hal ini juga. Menyasar negara-negara yang memiliki keterbatasan dalam jaringan internet, Google ikut mengembangkan aplikasi bertema ramah kuota untuk platform YouTube.

Disebut dengan YouTube Go, Google merilisnya dalam versi beta telah lama dan baru dikenalkan ke publik beberapa waktu lalu. Tidak hanya ramah terhadap pemakaian kuota, YouTube Go menawarkan beberapa fitur yang cukup berbeda dengan versi aplikasi Youtube pada umumnya.

Perbedaan ini tentu tidak hanya terlihat dari kelemahannya, akan tetapi YouTube Go memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan versi non-Go. Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah

Kelebihan dari YouTube Go

Atur Data Semaumu

Dirilis sebagai aplikasi ramah kuota, YouTube Go tentu memiliki kelebihan di segi penggunaan datanya. Bagaimana tidak, saat kita membuka sebuah video, secara otomatis YouTube Go akan menampilkan pilihan Play untuk memutar video secara langsung atau Download untuk mengunduh video agar dapat dinikmati kapanpun, dengan pilihan kualitas video agar pengguna menentukan sendiri seberapa besar kuota yang akan digunakan.

Fitur Download dan Play Kelebihan dari Youtube Go

Sebenarnya, fitur pilihan ini sudah ada di aplikasi YouTube yang biasa, namun pada aplikasi versi yang biasa pilihan ini tidak akan muncul dengan sendirinya. Hal yang sama juga terdapat di bagian fitur Downlod di versi biasa, Youtube Go juga tidak dapat mengunduh semua video.

Namun, ada satu hal yang cukup berbeda dengan versi biasa, sebelum mengunduh atau memutar video secara langsung, YouTube Go dilengkapi dengan fitur preview video untuk melihat video tersebut sehingga kita bisa memutuskan apakah video tersebut relevan dengan yang kita cari atau tidak.

Berbagi Video dengan Teman

Berbagi Video Sebagai Kelebihan Dari Youtube Go

Jika di versi biasa, YouTube hanya dapat mengirimkan link atau tautan untuk berbagi video, YouTube Go memiliki kemampuan mengirim video dengan teman yang berada di dekatnya. Bukan berbagi link lho, dalam hal ini benar-benar berbagi video.

Namun, sebelumnya mengirimkan ke teman yang berada di sekitarnya, pengguna harus mengunduh terlebih dulu video yang akan dikirimkan. Karena hal ini, tidak semua video yang ada di Platform YouTube dapat dikirimkan, karena hanya video-video yang dapat diunduh yang dapat dikirimkan.

Aplikasi yang Ringan

Selain ramah kuota, seperti kebanyakan aplikasi versi lite – versi ringan, YouTube Go menawarkan aplikasi yang cukup ringan saat sedang digunakan. Bahkan, Google menyebutkan bahwa kita tidak perlu lagi takut dengan hang atau lag yang akan mengganggu. Namun, sebagai gantinya, beberapa fitur yang terdapat di aplikasi versi biasa harus dihilangkan.

Jika Anda salah satu orang yang cukup terganggu dengan adanya iklan di YouTube, maka aplikasi ini dapat menjadi alternatif yang tepat karena iIklan tidak akan muncul lagi. Selain mengurangi lag, tidak adanya iklan ini tentu akan mengurangi jumlah penggunaan kuota saat menonton video.

Tinggalkan Komentar