Tips dan Trik Wearable

Ini Cara Meningkatkan Efek Suara di OPPO Enco Air2 Pro dengan Fitur Enco Live

OPPO-Enco-Air2-Pro-HandsOnOpen

Gadgetren – OPPO Enco Air2 Pro merupakan earphone TWS seharga 1 jutaan rupiah dari OPPO yang memiliki dukungan beragam fitur agar membuat penggunanya lebih nyaman dalam menikmati suara dari hiburan, seperti musik, video, maupun game.

Salah satu fitur yang ditonjolkan pada OPPO Enco Air2 Pro adalah Enco Live karena memungkinkan kamu untuk meningkatkan efek suara vokal atau bass pada sebuah lagu yang sedang didengarkan.

Pada saat kamu ingin mendengar lagu dengan suara vokal dari penyanyi yang lebih dominan dan jernih, maka dapat mengaktifkan mode Vocal pada fitur Enco Live. Sementara jika ingin meningkatkan dentuman suara bass menjadi lebih besar, maka mode Bass dapat diaktifkan.

OPPO-Enco-Air2-Pro-HandsFive

Namun secara bawaan fitur Enco Live ini akan mengaktifkan Original Sound mode dengan menggunakan komposisi suara asli dari lagu yang sedang didengarkan dengan suara vokal dan bass yang seimbang.

Pada handphone OPPO dengan sistem operasi ColorOS 11 atau versi di atasnya, fitur Enco Live ini dapat langsung diakses dari menu perangkat Enco Air2 Pro yang berada di halaman Bluetooth.

Namun perangkat OPPO dengan ColorOS 10 atau versi di bawahnya dan handphone merek lain, maka harus menginstall aplikasi HeyMelody dari Google Play Store untuk perangkat berbasis Android atau Apple App Store untuk iPhone.

Cara Menggunakan Enco Live pada OPPO Enco Air2 Pro

Pada ColorOS 11 atau versi di atasnya

  1. Aktifkan Bluetooth
  2. Cari dan pilih OPPO Enco Air2 Pro
  3. Setelah tersambung, maka kamu dapat memilih OPPO Enco Air2 Pro di halaman Bluetooth
  4. Pilih menu Earbud functions
  5. Pilih opsi Enco Live sound effects
    Enco Live - ColorOS 11 - OPPO Enco Air2 Pro
  6. Pilih Bass boost apabila ingin meningkatkan suara bass atau Clear vocals jika ingin suara vokal lebih terdengar
  7. Setelah salah satu dipilih, maka kamu akan merasakan efeknya ketika mendengarkan lagu
    Enco Live - ColorOS 11 - OPPO Enco Air2 Pro - 2

Melalui HeyMelody

  1. Aktifkan Bluetooth
  2. Buka aplikasi HeyMelody
  3. Hubungkan OPPO Enco Air2 Pro dengan handphone
  4. Pada halaman Device, pilih Enco Live sound effects
  5. Kamu dapat memilih Clear vocals atau Bass boost sesuai kebutuhan
    Enco Live - HeyMelody - OPPO Enco Air2 Pro
  6. Selanjutnya kamu akan merasakan efek yang telah dipilih pada saat lagu dimainkan

Pada saat Bass Boost dipilih, saya sendiri merasa bahwa terjadi dominasi suara dentuman bass yang lebih keras sehingga membuat beat lagu menjadi lebih berenergi. Sementara suara vokal menjadi lebih jernih terdengar dan menurunkan suara instrumen lainnya apabila Clear Vocals dipilih.

Namun apabila ingin mengembalikan suara lagu secara normal tanpa kedua efek ini, maka dapat dipilih ke Original Sound. Sementara fitur Enco Live Sound Effects ini juga dapat diterapkan pada film, video streaming, maupun game yang dijalankan di handphone agar menghasilkan suara yang lebih hidup.

Bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Enco Air2 Pro, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga Rp1.099.000. Earphone TWS ini juga telah dukungan fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang dapat meminimalisir noise suara di lingkungan sekitar.

Tinggalkan Komentar