Review Headphone

Review OPPO Enco Air2 Pro – Mendengarkan Lagu Semakin Jernih Berkat Hadirnya ANC

OPPO-Enco-Air2-Pro-Feature

Gadgetren – OPPO Enco Air2 Pro adalah salah satu earphone TWS (True Wireless Stereo) andalan OPPO di pasar Indonesia. Dengan harga Rp1.099.000, Enco Air2 Pro sudah dilengkapi dengan dukungan Active Noise Cancellation yang berguna ketika digunakan dalam lingkungan yang ramai suara.

Menariknya lagi terdapat fitur gesture yang memungkinkan penggunanya dapat mengaktifkan berbagai fungsi Enco Air2 Pro secara cepat. Bahkan pengguna dapat berpindah mode Noise Cancellation, Transparency, atau normal tanpa Noise Cancellation.

Secara kasat mata, Enco Air2 Pro ini hadir dengan desain Open Ear yang secara ergonomis sudah disesuaikan dengan telinga dari banyak orang sehingga nyaman ketika digunakan.

OPPO Enco Air2 Pro
  • Audio - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Ringkasan

Dengan kualitas suara yang bagus, dukungan fitur Active Noise Cancellation, dan daya tahan baterai yang lama membuat OPPO Enco Air2 Pro ini dapat menunjang aktivitas mendengarkan musik, menonton video, memainkan game, maupun video call dengan mulus.

Pros

  • Kualitas suara bagus dan Bass terdengar mendalam
  • Terdapat Active Noise Cancellation
  • Sertifikasi IP54
  • Daya tahan baterai lama
  • Terdapat fitur gesture
  • Desain nyaman di telinga

Cons

  • Butuh aplikasi tambahan untuk pengaturan di handphone selain OPPO

OPPO-Enco-Air2-Pro-HandsOnOpen

Earpiece pada bagian kiri dan kanan dari Enco Air2 Pro ini masing-masing hanya memiliki bobot 4,3 gram saja. Sementara ukurannya terlihat kecil karena mempunyai dimensi mencapai 66,84mm x 51,45mm x 25,04mm.

Sementara itu OPPO juga telah menghadirkan dua pasang eartips cadangan pada kotak penjualannya yang lebih kecil dan lebih besar dibandingkan dari eartips bawaan Enco Air2 Pro.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Ear

Saya sendiri mengganti eartips bawaan yang terpasang pada TWS ini dengan cadangannya yang berukuran lebih kecil. Pada saat menyematkan eartips cadangan ini di lubang telinga saya terasa pas, ringan, dan kokoh sehingga tidak takut jatuh ketika digunakan pada beragam aktivitas.

Namun perlu dicatat bahwa lubang telinga orang berbeda-beda sehingga kamu dapat memilih dan menyesuaikan sendiri eartips yang dapat ditempelkan pada OPPO Enco Air2 Pro baik kecil, sedang, maupun besar.

Tepat di bagian dalam TWS yang berada di dekat eartips, terdapat driver diafragma titanium-coated sebesar 12,4mm yang menurut saya mampu menghadirkan audio yang jernih dan bass yang kuat secara mendalam.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Dual

Bahkan suara video, lagu, maupun game dapat terdengar dengan jelas walaupun volume Enco Air2 Pro disetel ke volume 50%. Pada beberapa konten pun, suara bass dapat terdengar bertenaga sehingga dapat memanjakan telinga saya.

Enco Air2 Pro ini dapat terhubung dengan handphone atau perangkat mobile lainnya menggunakan koneksi Bluetooth 5.2. Dengan hadirnya transmisi Binaural Bluetooth 5.2, membuat Enco Air2 Pro ini dapat menghasilkan audio dengan latensi yang rendah ketika menonton video atau lagu streaming.

Enco Air2 Pro juga dilengkapi dengan fitur Game Mode yang dapat membuat latensi suara yang dihasilkan game dari handphone menjadi sangat rendah hanya mencapai 94ms sehingga efek suara dengan game dapat tersinkronisasi dengan baik.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Horizontal

Setelah melakukan pairing atau penghubungan antara Enco Air2 Pro dan handphone OPPO yang bersistem operasi ColorOS 11 atau versi di atasnya, maka fitur Quick Device Connect akan aktif.

Dengan hadirnya Quick Device Connect membuat OPPO Enco Air2 Pro akan secara otomatis langsung terhubung dengan handphone OPPO tersebut setiap kali saya membuka charging case. Hal ini tentunya sangat praktis karena tidak perlu lagi melakukan proses pairing berkali-kali.

TWS ini sendiri hadir dengan dukungan Active Noise Cancellation (ANC) yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan menggunakan gesture. Pada saat ANC aktif, saya merasa dapat mendengarkan audio dari film, game, maupun lagu secara jernih tanpa adanya suara kebisingan dari lingkungan sekitar.

Namun pada saat saya ingin mendengarkan musik sembari memantau suara dari lingkungan sekitar, saya mengaktifkan Transparency Mode. Sementara apabila ruangan atau lingkungan sekitar sedang tenang, biasanya saya mematikan fitur ANC dan Transparency Mode.

Enco Air2 Pro juga hadir dengan fitur menarik lainnya seperti Dual-Mic AI Noise Cancellation dan algoritma AI Call Noise Cancellation yang dapat memberikan kejelasan dan kejernihan percakapan selama panggilan berlangsung dengan meredam suara lingkungan sekitar yang mengganggu.

Bahkan pada saat saya melakukan video call dengan orang lain, percakapan yang terdengar di Enco Air2 Pro terasa jelas dan minim noise dari suara-suara yang mengganggu.

OPPO-Enco-Air2-Pro-HandsFive

Pada handphone OPPO yang menggunakan ColorOS 11 atau versi di atasnya, sudah terdapat beragam pengaturan fitur mulai dari Noise Cancellation, Transparency, Enco Live Sound Effects, Earbuds Controls, Camera-related settings, In-ear Detection, Find my earbuds, Quick Guide, dan Firmware update.

Namun apabila kamu menggunakan handphone dari brand lain, maka harus menggunakan aplikasi HeyMelody untuk bisa melakukan pengaturan terhadap fitur-fitur di atas. Melalui halaman pengaturan, kamu dapat mengaktifkan Noise Cancellation, Transparency Mode, atau Off mode hanya dengan menyentuh tombol yang telah disediakan.

Terdapat juga gesture dengan menekan dan menahan earpiece kiri atau kanan dari Enco Air2 Pro menggunakan satu jari selama 1 detik untuk bisa melakukan pergantian tiga mode di atas secara cepat.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Settings

Sedangkan fitur Enco Live Sound Effects memungkinkan saya dapat memilih efek suara yang disesuaikan dengan gaya lagu yang berbeda dimana terdapat tiga pilihan efek yang terdiri dari Original Sound, Bass boost, dan Clear vocals.

Efek Original Sound dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan efek suara asli yang disesuaikan dengan lagu yang sedang didengar. Lalu efek Bass boost dapat meningkatkan suara bass sehingga dapat digunakan ketika lagu tersebut memang mempunyai dominasi suara bass.

Untuk efek Clear Vocals dapat meningkatkan suara treble yang lebih jernih sehingga suara vokal dari penyanyi menjadi lebih terdengar dibandingkan efek dari alat musik yang disajikan pada lagu yang didengarkan.

OPPO-Enco-Air2-Pro-HandsOnDiagonal

Menurut saya fitur Enco Live Sound ini dapat meningkatkan performa dari berbagai lagu dengan genre berbeda, baik dari peningkatan kemampuan efek bass, kejernihan suara vokal, maupun keseluruhan dari sebuah lagu.

Sebagai earphone TWS masa kini, OPPO Enco Air2 Pro sudah dibekali dengan fitur gesture dengan menekan pada bagian pinggir earpiece kiri atau kanan yang terdiri tekan serta tahan 1 detik untuk berpindah mode ANC maupun Transparency, ketuk sekali untuk memainkan atau menghentikan lagu, ketuk dua kali untuk menjalankan sebelum atau setelah lagu yang sedang diputar, dan ketuk tiga kali untuk mengaktifkan asisten suara atau memasuki Game Mode.

Apabila membuka aplikasi kamera, maka dua kali ketuk Earpiece akan berfungsi untuk mengambil foto. Melalui menu Earbud Controls, saya dapat mengatur perintah yang dapat dilakukan oleh gesture secara berbeda pada Earpiece OPPO Enco Air2 Pro bagian kiri maupun kanan.

Terdapat satu fitur spesial gesture lainnya yang dapat diatur, yakni tekan dan tahan lama bagian pinggir Earpiece untuk menaikkan, menurunkan volume, atau berpindah handphone.

OPPO-Enco-Air2-Pro-SettingsFeature

Pada saat mengakses menu In-ear Detection, saya dapat mengatur agar lagu berhenti ketika OPPO Enco Air2 Pro dilepas dari telinga dan lagu berjalan kembali ketika TWS tersebut dipasang kembali di telinga.

Pada menu In-ear Detection, saya juga dapat mengaktifkan fitur yang memungkinkan suara lagu yang sedang diputar berpindah ke speaker handphone apabila OPPO Enco Air2 Pro dilepas dari telinga.

Tak ketinggalan fitur Find my earbuds dapat memudahkan saya untuk mencari OPPO Enco Air2 Pro yang lupa ditaruh karena TWS tersebut akan mengeluarkan bunyi Alarm agar mudah ditemukan. Namun perlu diingat jangkauan Bluetooth 5.2 hanya mencapai 10 meter saja.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Baterai-NonANC

Daya Tahan Tanpa ANC

Dengan baterai 43mAh, earpiece kanan dan kiri TWS ini dapat bertahan selama 6 jam 25 menit dari kondisi 100% ke 10% dengan volume suara sebesar 50% dan tanpa fitur Active Noise Cancellation (ANC).

Sementara pada fitur ANC aktif, maka daya tahan baterainya akan mampu bertahan selama 4 jam 29 menit dari kondisi 100% ke 10% dengan volume suara 50% untuk memainkan musik secara nonstop.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Baterai-ANC

Daya Tahan dengan ANC

Namun daya tahan baterai OPPO Enco Air2 Pro akan berbeda dari masing-masing pengguna sesuai dengan kebiasaan dari pemakaiannya. Pada saat Enco Air2 Pro dimasukkan ke dalam charging case, maka earpiece kiri dan kanan dapat terisi dari kondisi 10% ke 100% dalam waktu 1 jam 25 menit.

Enco Air2 Pro juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan cipratan air sehingga dapat digunakan ketika kondisi sedang berkeringat.

OPPO-Enco-Air2-Pro-Box

Setelah saya gunakan untuk aktivitas sehari-hari selama beberapa minggu, saya merasa OPPO Enco Air2 Pro ini dapat menunjang rutinitas dengan lancar terutama ketika mendengarkan lagu atau video streaming, memainkan game, maupun video call.

Dukungan fitur Active Noise Cancellation memungkinkan saya tetap mendengarkan konten dengan jernih karena meredam gangguan suara dari lingkungan sekitar. Bahkan fitur Dual-Mic AI Noise Cancellation dan algoritam AI Call Noise Cancellation mengizinkan saya juga melakukan percakapan dengan lancar karena suara terdengar jelas.

Meskipun sudah memiliki kabel charger port USB Type-C ke USB 2.0, namun tidak tersedia adaptor charger pada kotak penjualannya. Dengan begitu, kamu dapat dapat menggunakan adaptor charger dari handphone atau perangkat lain yang memiliki port USB 2.0 untuk dihubungkan dengan kabel charger bawaan dari Enco Air2 Pro untuk pengisian daya.

Ukuran charging casing dan earpiece yang tidak terlalu besar, memudahkan saya untuk membawa Enco Air2 Pro kemanapun karena dapat disimpan dengan mudah di kantong celana atau baju.

Secara keseluruhan, saya rasa OPPO Enco Air2 Pro ini mampu bersaing dengan TWS merek lainnya pada kisaran harga 1 jutaan rupiah di Indonesia terutama berkat kualitas suara yang bagus dan terdapat fitur ANC.

Harga dan Spesifikasi OPPO Enco Air2 Pro

Dimensi & BeratCasing: 66,84 x 51,45 x 25,04mm; 41,8g
Earbud: 4,3g (per earbud)
WarnaPutih, abu-abu
AudioDriver dinamis 12,4 mm
CodecAAC/SBC
BateraiCasing: 440 mAh
Earbud: 43 mAh
KonektivitasBluetooth v5.2
KonektorUSB Type-C
FiturActive Noise Cancellation, AI Noise Cancellation, mikrofon ganda, IP54
HargaRp1.099.000

Tinggalkan Komentar