Tips dan Trik Handphone

Cara Mengetahui Apakah Handphone Sudah Mendukung Jaringan 5G Atau Belum

Cara Mengetahui Apakah Handphone Sudah 5G - Header

Gadgetren – Teknologi jaringan 5G menawarkan berbagai macam kemudahan kepada para pengguna. Salah satu di antaranya akses data bisa berkali-kali lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya.

Di Indonesia, jaringan 5G sudah mulai diterapkan sejak tahun 2021 lalu. Beberapa operator seluler seperti Telkomsel dan Indosat Hutchison Ooredoo bahkan sudah mengimplementasikannya ke dalam jaringan mereka walaupun belum merata.

Kabar baiknya, pengembangan infrastruktur jaringan 5G dari berbagai macam operator seluler tersebut juga disambut baik oleh manufaktur handphone. Banyak perangkat yang belakangan meluncur makanya sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

Kita secara khusus dapat membedakan handphone yang sudah mendukung teknologi ini atau belum dengan melihat embel-embel 5G pada namanya. Jika ada seperti vivo T1 5G, OPPO Reno8 5G, vivo V23 5G, realme narzo 50 5G, atau Redmi Note 11 Pro 5G maka bisa dipastikan sudah membawa jaringan terbaru ini.

Hanya saja, beberapa model handphone memang meluncur tanpa menyematkan embel-embel 5G meskipun sudah membawanya. Jika demikian maka kamu bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengeceknya.

Cara Mengetahui Apakah Handphone Sudah 5G atau Belum

Cek Pengaturan

  • Buka aplikasi Settings di handphone
  • Masuk ke bagian SIM cards & mobile networks
  • Buka pengaturan kartu yang dipakai sebagai data seluler jika handphone mempunyai SIM ganda
  • Ketuk menu Preferred network type
  • Cek apakah ada pengaturan untuk 5G atau tidak

Sama seperti 4G, handphone umumnya juga akan memuat pengaturan preferensi pemakaian jaringan 5G jika sudah mendukungnya. Jadi kita bisa memastikan apakah sebuah handphone dilengkapi dengan teknologi ini atau belum dengan mengecek setelannya seperti langkah di atas.

Hanya saja masing-masing model handphone memang mempunyai antarmuka dan sistem operasi yang berbeda. Kita kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas supaya bisa mengecek pengaturan jaringan di perangkat terkait.

Cek Kotak Kemasan

Selain melalui menu pengaturan, kita juga bisa mengetahui apakah sebuah handphone sudah mendukung jaringan 5G atau belum lewat kotak kemasannya. Biasanya akan ada bagian khusus yang memuat spesifikasi singkat perangkat.

Dalam spesifikasi singkat tersebut, kita umumnya bisa mengecek berbagai macam informasi termasuk jenis jaringan yang sudah didukung oleh handphone terkait. Walaupun dalam hal ini letaknya bisa berbeda-beda untuk setiap merek dan model.

Tinggalkan Komentar