Mading

Tingkatan Lini Keluarga Chipset MediaTek Biar Dapat Handphone yang Mumpuni

Tingkatan Chipset MediaTek - Header

Gadgetren – MediaTek menjadi salah satu manufaktur yang masih sangat rajin mengembangkan berbagai macam chipset untuk mempersenjatai dapur pacu handphone-handphone di masa sekarang.

Chipset-chipset buatan mereka bahkan biasanya dapat menjadi pilihan utama ketika mencari handphone bertenaga yang dibanderol dengan harga murah. Tak hanya untuk kelas menengah ke bawah melainkan juga menengah ke atas dalam hal ini.

Hanya saja memang memilih chipset buatan mereka bukan hal yang mudah. MediaTek soalnya mempunyai beberapa lini keluarga yang mana sebenarnya menentukan tingkatan kemampuan dan spesifikasinya.

Tingkatan Lini Chipset Handphone MediaTek

1. MediaTek Dimensity

MediaTek Dimensity merupakan lini keluarga paling baru dan mutakhir milik MediaTek. Chipset-chipset di dalamnya tak hanya menawarkan kinerja, kamera, serta sistem AI yang mumpuni tetapi juga teknologi jaringan 5G.

Lini keluarga chipset 5G ini pun terbagi dalam beberapa tingkatan. Jika diurutkan dari atas ke bawah maka terdiri dari Flagship 5G (9000) Family, Premium 5G (8000) Family, 1000 Family, 900 Family, 800 Family, dan 700 Family.

Di dalamnya, terdapat berbagai macam model yang biasanya diurutkan lewat penomoran. Perlu diingat bahwa semakin tinggi angkanya maka biasanya semakin mutakhir di mana ini berlaku untuk semua chipset MediaTek (termasuk seluruh lini keluarga selanjutnya).

Misalnya, MediaTek Dimensity 920 lebih mutakhir daripada MediaTek Dimensity 900, MediaTek Dimensity 820 lebih mutakhir daripada MediaTek Dimensity 810, MediaTek Dimensity 720 lebih mutakhir daripada MediaTek Dimensity 700, dan begitu seterusnya.

2. MediaTek Helio G

Di bawah lini Dimensity, MediaTek mempunyai MediaTek Helio G. Pengembangan chipset di dalamnya lebih difokuskan pada kinerja mumpuni untuk menghadirkan perangkat yang bisa dipakai bermain game secara lebih baik.

Chipset di lini ini biasanya dilengkapi dengan MediaTek HyperEngine, yakni sebuah teknologi yang dikembangkan secara khusus agar kita bisa bermain game secara lancar dan responsif dengan koneksi maupun tampilan grafis terbaik.

Lini keluarga ini juga mempunyai beberapa kelas yang diurutkan berdasarkan penomorannya. Termasuk di antaranya Helio G90 Family, Helio G80 Family, Helio G70 Family, Helio G30 Family, dan Helio G20 Family jika diruntut dari yang tertinggi.

3. MediaTek Helio P

Di urutan selanjutnya, ada MediaTek Helio P. Lini keluarga ini menawarkan chipset kelas menengah ke bawah yang secara khusus dirancang dengan efisiensi daya tinggi tanpa mengorbankan kinerja maupun pengalaman pemakaian.

Meskipun begitu, keluarga chipset ini masih sama seperti lini MediaTek Helio pada umumnya di mana tak hanya menawarkan aspek efisiensi daya saja melainkan juga kemampuan multimedia serta koneksi yang tak kalah mumpuni.

MediaTek pun mempunyai beberapa tingkatan dalam lini keluarga ini. Kita bisa mengurutkannya dari yang tinggi ke rendah menjadi Helio P90 Family, Helio P70 Family, Helio P60 Family, Helio P30 Family, dan Helio P20 Family.

4. MediaTek Helio A

Untuk memberikan opsi yang lebih terjangkau, MediaTek pun mempunyai lini MediaTek Helio A di bagian paling bawah. Chipset di keluarga ini menawarkan performa tinggi, fitur kamera luar biasa, peningkatan AI, dan efisiensi daya lebih besar untuk semua orang.

Hanya saja, tidak banyak chipset baru yang keluar dari lini keluarga ini. MediaTek sejauh ini bahkan hanya mempunyai Helio A20 Family saja di dalamnya yang mana terdiri dari MediaTek Helio A25, MediaTek Helio A22, dan MediaTek Helio A20.

Tinggalkan Komentar