Smartphone Tips dan Trik

Cara Cek Handphone Apakah Masih 3G Atau Sudah 4G Biar Bisa Beli Paket yang Tepat

Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - Header

Gadgetren – Dalam beberapa kasus, kita kadang-kadang masih perlu mengecek apakah sebuah handphone hanya mendukung jaringan 3G saja atau sudah 4G meskipun sekarang sudah masuk zamannya perangkat 5G.

Handphone yang hanya mendukung jaringan 3G saja memang sudah mulai jarang di masa sekarang. Pemerintah Indonesia sendiri bahkan sempat mewacanakan akan menghapus dukungan untuk teknologi lawas tersebut.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa handphone berteknologi jaringan 3G masih ada yang beredar di pasaran. Kita tentu harus berhati-hati saat akan membeli handphone apalagi untuk perangkat bekas pakai.

Mengecek handphone apakah hanya mendukung jaringan 3G atau sudah 4G untungnya mudah untuk dilakukan. Bahkan ada beberapa cara yang bisa dicoba ketika kita ingin memastikan perangkat dalam hal ini.

Adapun bagi kamu yang sedang mencari cara untuk mengecek handphone apakah masih 3G atau sudah 4G, berikut penjelasan khusus mengenai beberapa langkah yang bisa dicoba untuk memastikannya.

Cara Mengecek Handphone Apakah Masih 3G Atau Sudah 4G

Melihat Kotak Kemasan

Saat membeli perangkat elektronik termasuk handphone, kita biasanya akan memperoleh sebuah kotak kemasan atau box yang akan menjadi pembungkus untuk buku manual, kartu garansi, adaptor pengisi daya, hingga perangkat itu sendiri.

Pada kotak kemasan ini, biasanya juga akan menempel berbagai macam informasi mulai dari merek, model, varian warna, hingga spesifikasi singkat untuk menggambarkan bagaimana kemampuan dari perangkat yang dibeli.

Informasi mengenai jenis teknologi jaringan yang diusung oleh perangkat biasanya juga akan termuat dalam kotak kemasan meskipun letaknya bisa berbeda-beda di mana bisa tertulis di bagian samping atau belakang.

Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 1

Kita bisa menandai bahwa perangkat sudah mendukung jaringan 4G jika keterangan dalam kotak kemasan menulis 4G atau LTE. Namun sebaliknya jika hanya 3G atau WCDMA maka handphone terkait masih beroperasi dengan teknologi yang lebih lawas.

Mengecek di Internet

  1. Buka halaman resmi masing-masing merek
  2. Gunakan fitur pencarian
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 2
  3. Ketik model handphone yang akan dicari
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 3
  4. Buka halaman dari produk terkait
  5. Ubah ke menu Parameter atau Spesifikasi jika masih membuka halaman pratinjau
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 4
  6. Cari bagian Network atau Jaringan
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 5
  7. Cek tipe jaringan yang digunakan

Selain melihat kotak kemasan, kita pun juga bisa mengecek handphone apakah masih 3G atau sudah 4G melalui halaman internet. Kita dalam hal ini bisa mengunjungi situs resmi dari merek terkait atau memanfaatkan kecanggihan mesin pencari Google.

Sama seperti melalui kotak kemasan, kita bisa menentukan tipe jaringan yang didukung oleh sebuah handphone dengan melihat bagian keterangan seperti apakah sudah 4G/LTE atau masih 3G/WCDMA.

Melalui Pengaturan

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian Network
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 6
  3. Pilih pengaturan untuk kartu utama jika punya SIM ganda
  4. Cari dan buka bagian Preferred network type
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 7
  5. Cek pengaturan apakah mendukung 4G/LTE atau hanya 3G/WCDMA
    Cara Cek Handphone Apa 3G Atau 4G - 8

Kita juga bisa mengecek tipe jaringan yang dimiliki oleh sebuah handphone secara langsung di dalam pengaturan perangkat itu sendiri. Setiap antarmuka sistem memang akan memiliki tampilan yang berbeda dalam hal ini tetapi kurang lebih bisa dilakukan sebagaimana langkah-langkah di atas.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar