Sponsored Content Tekno

5 Manfaat Jaringan 5G Untuk Pengguna Handphone Masa Depan

OPPO Reno5 5G Feature Vertical

Pada tahun 2021, beberapa negara di dunia sudah mulai mengadopsi jaringan 5G. Sementara Indonesia sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk menggunakan jaringan tersebut.

Berdasarkan informasi yang sudah ada, jaringan yang dikembangkan sejak tahun 2019 ini diciptakan untuk dapat memenuhi beragam kebutuhan banyak orang yang belum bisa dilakukan oleh generasi sebelumnya.

Apalagi jaringan 5G mempunyai kecepatan transfer data sangat tinggi mencapai 10 Gbps. Dengan kata lain, teknologi ini mampu melakukan transfer data 100 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G-LTE yang hanya mampu bekerja hingga 100 Mbps.

Lalu dengan kecepatan yang sangat tinggi itu, sebenarnya apa sih manfaat 5G bagi pengguna handphone?

Latensi Rendah Untuk Game

OPPO Reno5 Game Feature

Game mobile merupakan salah satu hiburan yang tidak terpisahkan dari pengguna handphone. Bisa dibilang game mobile masa kini sudah banyak menawarkan beragam alur cerita seru, desain karakter maupun lingkungan bagus, dan animasi yang menarik untuk menghibur penggunanya di kala bosan maupun menunggu sesuatu.

Sementara game mobile masa kini pun rata-rata membutuhkan akses internet agar bisa terkoneksi dengan server dan bermain dengan banyak orang pada saat itu juga. Namun terkadang yang menjadi kendala, rata-rata banyak game sering mengalami masalah dengan kecepatan internet yang turun naik sehingga menghadirkan latensi tinggi.

Latensi biasanya dihitung dalam satu milidetik atau millisecond (ms) pada semua aplikasi dan game. Semakin tinggi latensinya, tentunya akan membuat game terasa patah-patah, terutama pada gerakan karakter dan responsivitas sentuhan dari pemainnya.

Untuk itulah jaringan 5G dapat memberikan latensi yang sangat rendah. Latensi pada jaringan 4G-LTE standarnya bisa mencapai 30 ms, namun jaringan 5G mampu membuat latensi hanya mencapai 1 ms saja.

Dengan hadirnya jaringan 5G, pengguna handphone dapat menikmati game dengan latensi rendah dan minim lag. Tentu saja juga akan membuat permainan lebih lancar, terutama pada saat banyak pemain saling berkumpul dalam satu area.

Apalagi berkat jaringan 5G, nantinya pengguna dapat menikmati berbagai game yang ada di konsol, seperti Xbox, langsung dari smartphone masing-masing. Tentu saja hal ini bisa dilakukan berkat kecepatan jaringan 5G yang sangat tinggi.

Streaming Tanpa Hambatan

Smartphone Streaming[Ilustrasi: Pixabay]

Jaringan 5G punya keunggulan karakteristik yang memiliki kecepatan download dan upload hingga hitungan Gigabit per second (Gbps). Sementara jaringan 4G-LTE hanya mampu mencapai hitungan Megabit per second (Mbps) saja.

Dengan kecepatan yang sangat tinggi membuat pengguna handphone dapat menonton video streaming beresolusi 4K atau 8K dengan sangat lancar tanpa hambatan sama sekali. Hal ini tentu saja akan memanjakan mata pengguna karena kualitas resolusi yang ditawarkan oleh video sangat tinggi. Bahkan lagu streaming berkualitas tinggi pun dapat diputar langsung dari handphone dengan mulus.

Download dan Upload Jauh Lebih Cepat

Smartphone Download[Ilustrasi: Pixabay]

Pada ulasan di atas, terlihat bahwa jaringan 5G mempunyai kecepatan yang 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G-LTE. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi proses download dan upload di sebuah handphone.

Berkat kecepatan jaringan 5G yang mencapai hitungan Gbps, pengguna handphone dapat menikmati proses download atau upload file besar dari handphone ke layanan cloud menjadi sangat cepat.

Misalnya saja pengguna ingin mengunduh lagu, video, atau file yang berukuran 3 Gbps dalam jaringan 5G, maka proses hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja. Berbeda dengan jaringan 4G-LTE yang bisa lebih lama.

Sementara itu, apabila pengguna handphone juga ingin mengunggah file pekerjaan yang besar ke email atau layanan cloud, maka dapat secara langsung ditransfer dengan sangat cepat. Dengan kata lain, jaringan 5G dapat membuat pengguna merasakan proses download dan upload lebih singkat.

Dukungan Beragam Perangkat IoT (Internet of Things)

OPPO Watch with Reno4

Perangkat IoT (Internet of Things) merupakan berbagai perangkat yang terhubung satu sama lain melalui jaringan internet. Sudah banyak perangkat IoT yang beredar di dunia mulai dari smartwatch, drone, smartband, smarthome, mobil, fasilitas umum, dan masih banyak lagi.

Dengan hadirnya jaringan 5G, handphone mampu tersambung ke beragam perangkat IoT di berbagai area dengan cepat dan mulus. Misalnya saja, pengguna handphone dapat mengendalikan berbagai perangkat smarthome seperti kulkas, lampu, saklar, mesin cuci, pintu, dan lainnya, dari jarak jauh secara lancar.

Bahkan pengguna handphone juga mampu mengendalikan drone dengan aman tanpa terkendala untuk berbagai macam aktivitas seperti menyiram ladang atau perkebunan, memadamkan kebakaran, melihat konstruksi area pabrik atau bangunan, dan lainnya dari jarak jauh.

Tentu saja berkat jaringan 5G yang cepat ini juga membuat handphone mampu terhubung dengan banyak perangkat IoT karena kecepatan transfer datanya yang cepat.

Bermanfaat Untuk Industri 4.0

Smartphone Gudang[Ilustrasi: Pixabay]

Dengan kecepatan tinggi dan jangkauan yang luas, jaringan 5G dapat dimanfaatkan untuk sektor logistik dari sebuah perusahaan atau institusi. Pengguna handphone dapat memanfaatkan jaringan ini untuk memonitor pergerakan atau persediaan yang berada di gudang maupun pabrik secara real time.

Namun perlu dicatat bahwa untuk bisa menikmati kemampuan jaringan 5G orang-orang sudah harus memilih handphone dengan dukungan 5G. Sementara itu, OPPO sendiri secara resmi telah meluncurkan handphone 5G dengan harga terjangkau yang bernama Reno5 5G.

Bahkan OPPO Reno5 5G sudah diluncurkan dan dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp 6.999.000. Handphone yang satu ini diotaki Snapdragon 765G Octa-Core yang dilengkapi Qualcomm Snapdragon X52 Modem-RF yang sudah mendukung jaringan 5G.

Berkat modem tersebut, OPPO Reno5 5G memiliki kecepatan download 2,4 Gbps dan upload 500 Mbps di jaringan 5G. Dengan kata lain, nantinya pengguna OPPO Reno5 5G dapat memanfaatkan koneksi 5G untuk beragam aktivitas yang lebih menarik dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi melebihi jaringan 4G-LTE.

Tinggalkan Komentar