Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Fitur GPS di Handphone vivo Buat Melacak Posisi

Cara Mengaktifkan GPS di Handphone vivo - Header

Gadgetren – Untuk melengkapi fungsi dan dukungan yang ditawarkannya, handphone-handphone buatan vivo juga dilengkapi dengan sistem GPS seperti kebanyakan perangkat dengan sistem Android.

GPS yang mempunyai kepanjangan kata Global Positioning System merupakan sistem navigasi berbasis satelit. Kita dapat memakainya untuk melacak dan menggambarkan posisi suatu obyek ke dalam peta digital.

Dengan memakai GPS, handphone-handphone vivo pun dapat dipakai untuk mencari sebuah lokasi dan memandu perjalanan kita menuju ke sana. Walaupun kita dalam hal ini tetap membutuhkan layanan peta seperti Google Maps atau HERE.

Selain dapat dipakai untuk memandu perjalanan, sistem GPS di handphone vivo juga memungkinkan kita membagikan lokasi supaya bisa bertemu dengan orang-orang-orang secara lebih mudah. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menggunakan fitur tambahan seperti Find My Device.

Sebelum dapat digunakan untuk membagikan atau mencari lokasi hingga memandu perjalanan, kita hanya saja perlu mengaktifkan sistem GPS terlebih dahulu. Di handphone vivo, kita dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut.

Cara Mengaktifkan GPS di Handphone vivo

Lewat Pengaturan

  • Masuk ke halaman Settings
  • Cari dan buka menu pengaturan Location
  • Aktifkan tombol Location di bagian atas

Tak hanya mengaktifkan GPS, kita juga dapat menentukan mode yang ingin digunakan lewat halaman pengaturan Location di handphone vivo. Umumnya terdapat tiga opsi dalam hal ini meliputi High accuracy, Battery saving, dan GPS only.

Atur mode ke High accuracy jika ingin mendapat pelacakan lokasi handphone vivo secara lebih akurat. Namun tentu saja, ini akan menguras lebih banyak daya karena fungsi Bluetooth maupun WiFi akan ikut digunakan.

Jika ingin lebih hemat daya, kita pun bisa mengaktifkan mode Battery saving atau GPS only. Hanya saja nanti lokasi akan terbaca secara kurang akurat dengan toleransi titik yang mempunyai jangkauan lebih luas.

Lewat Pintasan di Control Center

  • Tarik status bar ke bawah sampai Control Center terbuka
  • Cari tombol Location (ikon pin lokasi)
  • Ketuk tombol tersebut untuk menyalakan GPS
  • Gunakan aplikasi yang membutuhkan GPS

Setelah mengatur mode pelacak lokasi yang diinginkan, kita pun bisa mengaktifkan GPS di handphone vivo melalui Control Center. Cara ini lebih praktis tetapi pengaturannya hanya akan mengikuti setelan yang sudah ada sebelumnya.

Perlu diingat bahwa Funtouch OS milik vivo senantiasa dikembangkan dari waktu ke waktu. Jadi bisa saja beberapa langkah di atas perlu disesuaikan karena tampilan dari antarmuka sistem tersebut pun biasanya ikut berubah.

Tinggalkan Komentar