ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan GPS HP OPPO Supaya Lokasi Jadi Akurat

Cara Mengaktifkan GPS HP OPPO Header

Gadgetren – Global Positioning System atau biasa disebut GPS menjadi sistem yang sering dimanfaatkan untuk navigasi di beragam produk elektronik seperti ponsel dengan melacak posisi dan memetakannya secara digital.

Perangkat buatan OPPO masa kini pun sudah dilengkapi dengan GPS yang mempunyai akurasi bagus sehingga mampu mempermudah kamu untuk mengetahui lokasi dengan arah yang jelas.

Kamu pun dapat membuka peta digital seperti Google Maps, HERE We Go, atau lainnya untuk mengetahui lokasi keberadaan melalui titik yang diberikan berkat adanya bantuan pemosisian dari GPS.

Namun ada kalanya fitur GPS tidak sengaja dimatikan seperti setelah menggunakan mode Pesawat. Untuk bisa mengaktifkan GPS kembali untungnya dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan yang ada.

Cara Mengaktifkan GPS HP OPPO

Melalui Quick Settings

  • Sapu dari bagian atas ke bawah layar dengan satu jari.
  • Quick Settings akan muncul di perangkat OPPO.
    OPPO - GPS - Quick Settings - 1
  • Tekan tombol Location berlogo Pin untuk mengaktifkan GPS.
    OPPO - GPS - Quick Settings - 2

Setelah mengaktifkan fitur location, GPS pun akan ikut aktif sehingga saat membuka aplikasi peta digital akan terjadi proses pemindaian dan pemosisian lokasi kembali dengan lebih akurat.

Sementara itu Location tidak ditemukan pada Quick Settings, maka kamu pun bisa melakukan hal yang sama melalui menu Settings atau Pengaturan.

Melalui Pengaturan

  • Akses aplikasi Settings di perangkat OPPO.
  • Pilih menu Location.
    OPPO - GPS - Location - 1
  • Selanjutnya, tekan tombol toggle Location ke posisi menyala.
    OPPO - GPS - Location - 2

Menariknya pada pengaturan, kamu juga dapat mengakses fitur Wi-Fi and Bluetooth scanning pada bagian Positioning Control agar pemosisian lokasi menjadi lebih akurat lagi.

Pada Wi-Fi and Bluetooth scanning akan mengizinkan aplikasi dan layanan untuk memindai jaringan Wi-Fi yang terhubung sehingga dapat meningkatkan akurasi dibandingkan dengan hanya mengandalkan GPS saja.
OPPO - GPS - Location - WiFi Bluetooth

Sementara fitur Bluetooth Scanning dapat digunakan jika ingin mengizinkan aplikasi dan layanan untuk memindai perangkat di sekitar untuk membantu GPS dalam meningkatkan akurasi lokasi.

Pada menu Location, kamu juga dapat mengaktifkan fitur Google Location Accuracy yang dapat meningkatkan akurasi penentuan lokasi dengan mengombinasikan Wi-Fi, jaringan seluler, dan sensor yang terdapat di perangkat OPPO. Hanya saja tentu jika seluruh fitur menyala akan lebih menguras daya baterai.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar