Smartphone Tips dan Trik

Lebih Akurat, Ini Cara Mengaktifkan GPS di Handphone OPPO

Cara Mengaktifkan GPS di Handphone OPPO

Gadgetren – Seiring berkembangnya zaman, handphone OPPO sudah dibekali dengan GPS yang mempunyai akurasi bagus karena dapat memudahkan navigasi penggunanya ke berbagai lokasi yang diinginkan.

Bagi yang belum mengetahuinya, GPS (Global Positioning System) adalah sistem berbasis satelit yang dapat digunakan untuk navigasi di berbagai perangkat, termasuk handphone, dengan melacak posisi obyek tertentu dan memetakannya dalam sebuah peta digital.

Dengan hadirnya teknologi GPS, sistem pada handphone OPPO dapat memandu kamu melalui peta digital untuk menuju tempat atau lokasi yang diinginkan dengan arah yang tepat. Namun, terkadang fitur GPS dinonaktifkan untuk menghemat daya baterai melalui fitur baterai saving atau lainnya.

Namun apabila kamu ingin mengaktifkan kembali GPS yang telah dimatikan tadi di handphone OPPO, maka dapat melihat beberapa cara mudahnya sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan GPS di Handphone OPPO

Melalui Quick Menu

  1. Buka kunci layar dari handphone OPPO
  2. Pada halaman Home Screen, sapu atau swipe dari bagian atas ke bawah layar menggunakan satu jari hingga memunculkan Quick Menu
  3. Pada Quick Menu yang muncul, cari dan aktifkan tombol Location
  4. Setelah tombol menyala, maka fitur GPS dan lokasi telah aktif

Aktivasi GPS Handphone OPPO Quick Menu

Apabila GPS telah aktif, maka kamu dapat membuka aplikasi peta digital seperti Google Maps atau HERE Maps untuk mencari lokasi tujuan. Selain itu, GPS juga dapat dimanfaatkan untuk aplikasi yang membutuhkan peta digital seperti Gojek, Grab, aplikasi Jadwal Shalat, Kamera, Aktivitas Olahraga, dan masih banyak lagi.

Sebagai catatan, GPS yang diaktifkan melalui Quick Menu biasanya menggunakan setelan bawaan dari handphone OPPO. Untuk meningkatkan akurasi GPS, kamu dapat mengaktifkannya melalui menu Settings dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Melalui Menu Location

  1. Buka menu atau aplikasi Settings di handphone OPPO
  2. Pilih menu Location
  3. Tekan tombol toggle Location hingga menyala
  4. Secara otomatis GPS akan aktif
  5. Untuk menambahkan tingkat akurasinya, maka kamu dapat mengaktifkan fitur Wi-Fi and Bluetooth scanning

Aktivasi-GPS-Handphone-OPPO-Settings

Sebagai catatan, Wi-Fi and Bluetooth scanning digunakan untuk meningkatkan layanan dan fitur penentuan lokasi. Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan fitur Google Location Accuracy untuk meningkatkan akurasi penentuan lokasi dengan mengombinasikan Wi-Fi, jaringan seluler, dan sensor yang terdapat di handphone OPPO.

Sementara apabila kamu mengaktifkan Google Location History, maka Google akan merekam lokasi-lokasi yang telah kamu kunjungi sehingga nantinya dapat dipantau kembali. Namun kamu juga dapat mematikannya apabila dirasa mengganggu privasi.

Selain itu terdapat juga fitur Emergency Location Service yang memungkinkan handphone secara otomatis mengirimkan titik lokasi kepada teman atau keluarga ketika dalam kondisi darurat. Namun fitur ini bisa berfungsi apabila wilayah atau negara yang sedang kamu kunjungi juga mendukungnya.

Terakhir, Google Location Sharing mengizinkan kamu untuk berbagi lokasi secara real-time menggunakan Google Maps. Fitur ini cukup menarik karena dapat memberitahukan posisi kamu sedang berada kepada orang lain.

Tinggalkan Komentar