ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Setting GPS Biar Akurasi Tinggi di HP Android

Cara Setting GPS Biar Akurasi Tinggi di HP Android Header

Gadgetren – Kini GPS atau Global Positioning System menjadi sebuah fitur yang wajib hadir di sebuah smartphone. Dengan hadirnya GPS, pengguna dapat dengan mudah mengetahui di mana ia tengah berada maupun berbagai lokasi yang dituju.

Bahkan dengan bantuan GPS, pengguna smartphone dapat dituntun dari lokasi awal ke tempat tujuan dengan akurat. GPS pada smartphone juga dapat digunakan oleh aplikasi ojek online yang memungkinkan driver mengetahui posisi keberadaan pemesannya dengan tepat.

GPS juga dapat dikombinasikan dengan aplikasi peta di smartphone untuk memudahkan pengguna dalam mencari jalan yang tepat dari lokasi awal ke tujuan dengan penjelasan titik demi titiknya agar tidak tersesat sama sekali.

Namun, kita juga harus melakukan pengaturan di smartphone untuk membuat GPS mempunyai akurasi tinggi agar bisa menentukan lokasi dengan tepat. Untuk itu, kamu dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Setting GPS Biar Akurasi Tinggi di Android Murni

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings di HP Android
  2. Kemudian, pilih menu Location
  3. Pada halaman berikutnya, pilih menu Mode
  4. Selanjutnya aktifkan mode High Accuracy
  5. Coba pindah ke aplikasi peta untuk melihat perbedaan akurasi penguncian lokasi
  6. Jika lingkaran luar punya diameter kecil, maka GPS telah melacak dengan lebih akurat

GPS Location Mode

Sebenarnya tidak hanya aplikasi peta saja yang bisa menerima manfaat mode ini, melainkan aplikasi lain yang juga menggunakan GPS akan mempunyai akurasi penentuan titik lokasi yang tinggi. Mode High Accuracy ini akan memanfaatkan GPS yang digabungkan Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler untuk menentukan lokasi.

Namun apabila kamu tidak ingin menggunakan kombinasi dari mode High Accuracy karena terlalu menguras baterai, maka dapat mencoba mode Battery Saving yang menentukan lokasi berdasarkan Wi-Fi, Bluetooth, atau jaringan seluler tanpa GPS. Sementara mode Device Only akan menentukan lokasi menggunakan GPS saja.

Di HP OPPO atau Samsung

Saya juga mencobanya pada smartphone OPPO Reno 10x Zoom dan Samsung Galaxy A21s yang sudah menggunakan Android 10, namun dengan sistem antarmuka buatan perusahaan masing-masing. Ternyata kedua smartphone ini hampir mempunyai menu yang mirip untuk menambah akurasi GPS menjadi lebih tinggi.

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings di HP OPPO atau Samsung
  2. Selanjutnya, pilih menu Location
  3. Pada halaman Location, terlihat Location Services sudah dalam posisi aktif
  4. Kemudian, pilih Wi-Fi and Bluetooth Scanning pada HP OPPO atau Improve Accuracy pada smartphone Samsung
  5. Pada halaman berikutnya, akan muncul menu Wi-Fi Scanning dan Bluetooth Scanning yang dapat diaktifkan
  6. Setelah keduanya diaktifkan, maka akurasi GPS di smartphone akan menjadi lebih tinggi

GPS Location Mode OPPOColorOS di HP OPPO

GPS Location Mode SamsungOneUI di Samsung

Apabila kedua fitur ini diaktifkan, maka HP OPPO atau Samsung akan menggunakan kombinasi GPS dengan jaringan selular, Wi-Fi, dan Bluetooth untuk menentukan titik posisi dengan akurat. Bisa dibilang cara ini mudah dilakukan, meskipun kamu baru pertama kali menggunakan smartphone Android.

Namun apabila kamu memiliki trik lain untuk meningkatkan akurasi GPS di smartphone Android, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar