Tips dan Trik Aplikasi

Cara Buat dan Share Link WhatsApp Komunitas Biar Anggota Semakin Banyak

Cara Buat dan Share Link WhatsApp Komunitas - Header

Gadgetren – WhatsApp telah melengkapi layanannya dengan sebuah dukungan baru yang diberi nama Komunitas. Kabar baiknya, fitur ini sudah dapat dicoba oleh pengguna di Indonesia.

Bagi kamu yang belum tahu, Komunitas merupakan sebuah dukungan yang memungkinkan kita lebih mudah dalam mengelola banyak percakapan grup yang berkaitan. Kita dapat menambahkan atau membuat hingga 50 grup dalam sebuah komunitas.

Fitur baru WhatsApp ini bisa sangat bermanfaat jika kita mempunyai banyak kelompok dalam sebuah komunitas yang diikuti. Misalnya, sekolah atau kampus yang biasanya mempunyai beberapa kelas untuk siswa maupun mahasiswanya.

Yang tak kalah menarik, fitur ini juga mendukung sebuah grup pengumuman di mana akan terbentuk secara otomatis ketika kita selesai membuat setiap komunitas WhatsApp. Kita pun bisa lebih mudah saat ingin menyebarkan informasi penting sesuai dengan namanya.

Kita yang sudah membuat komunitas WhatsApp juga dapat lebih mudah mengundang anggota karena fitur ini dilengkapi dengan menu invite link. Kamu yang belum tahu cara memakainya bisa menyimak penjelasan berikut.

Cara Buat dan Share Link WhatsApp Komunitas

  • Buka Komunitas WhatsApp yang sudah dibuat
  • Ketuk tombol Invite members
  • Pilih opsi berbagi yang ingin digunakan jika sudah masuk ke halaman Invite link
    Cara Buat dan Share Link WhatsApp Komunitas - 1
  • Bagikan link sesuai kebutuhan

Saat baru pertama kali membuat sebuah komunitas WhatsApp, kita nanti akan menjumpai menu Invite members seperti langkah di atas. Kita dapat memakainya untuk mengundang lebih banyak anggota lewat sebuah link.

Hanya saja, tombol tersebut bisa kita hapus dari halaman utama sebuah komunitas. Jika sudah demikian maka kita bisa membukanya dengan cara yang sedikit berbeda. Namun tak perlu khawatir karena sama-sama mudah dilakukan.

Jika Menu Invite Members Sudah Terhapus dari Halaman Utama

  • Buka Komunitas WhatsApp terkait
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  • Pilih menu View members
  • Ketuk Invite to community via link
    Cara Buat dan Share Link WhatsApp Komunitas - 2
  • Di halaman Invite link, bagikan atau salin URL dengan opsi yang ingin digunakan

Baik untuk cara yang pertama maupun kedua, ada empat opsi yang bisa digunakan untuk membagikan link komunitas. Termasuk Send link via WhatsApp jika ingin membagikannya langsung di dalam aplikasi, Copy link jika hanya ingin menyalinnya, Share link untuk meneruskannya ke aplikasi lain, maupun QR code.

Untuk mencegah pengguna baru masuk dengan tautan yang sudah usang, kita pun bisa memperbarui URL yang akan dibagikan. Kita hanya perlu mengetuk tombol Reset link di halaman Invite link.

Tinggalkan Komentar