Aplikasi

Bedanya Grup dan Komunitas WhatsApp yang Terlihat Cukup Mirip

Bedanya Grup dan Komunitas WhatsApp - Header

Gadgetren – WhatsApp sudah mempunyai berbagai macam dukungan untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna. Meskipun begitu, mereka tak berhenti mengembangkan fitur baru untuk melengkapinya.

Seperti beberapa waktu lalu, layanan pesan singkat milik Meta tersebut meluncurkan sebuah fitur baru yang diberi nama dengan Komunitas ke dalam aplikasinya. Dukungan ini pun menariknya sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, fitur baru yang tersedia sebagai sebuah tab khusus ini dirancang supaya para pengguna bisa lebih mudah dalam mengelola berbagai macam percakapan kelompok dari komunitas miliknya.

Secara sekilas, fitur ini terlihat cukup mirip dengan Grup WhatsApp yang sudah ada sejak lama jika melihat fungsinya. Keduanya apalagi sama-sama memungkinkan pengguna terhubung dengan kelompok-kelompok dari komunitasnya.

Meskipun begitu, jangan salah sangka dulu. Komunitas dan Grup WhatsApp sebenarnya mempunyai desain yang sedikit berlainan. Kamu yang belum tahu bisa menyimak perbedaan dari keduanya pada penjelasan berikut.

Bedanya Grup dan Komunitas WhatsApp

Perbedaan antara Grup dan Komunitas sebenarnya sudah diungkapkan oleh WhatsApp sendiri lewat sebuah cuitan di platform Twitter. Termasuk salah satu di antaranya terdapat pada aspek pemakaiannya.

Grup WhatsApp dalam hal ini dirancang supaya bisa dipakai oleh mereka yang hanya membutuhkan satu tempat saja dalam mengakomodasi percakapan-percakapan dari sebuah kelompok. Kita misalnya bisa memakainya untuk menghubungkan anggota keluarga atau lingkaran pertemanan.

Sementara jika memerlukan lebih dari satu tempat, kita bisa memakai Komunitas WhatsApp. Dukungan ini bisa digunakan untuk menghubungkan hingga 50 percakapan kelompok yang berkaitan dalam satu wadah.

Komunitas WhatsApp misalnya bisa dipakai untuk sebuah komunitas yang mempunyai sejumlah kelompok kecil di dalamnya. Misalnya, kita bisa menggunakannya untuk mengelola percakapan dari sebuah Sekolah yang terdiri dari banyak kelas atau perusahaan dengan sub-sub divisinya.

Di samping itu, Komunitas juga mempunyai fitur Announcement Group yang mana akan terbentuk secara otomatis ketika kita membuatnya. Kita dapat memakai dukungan tersebut untuk mengumumkan informasi penting ke seluruh anggota.

Sederhananya, Komunitas lebih mirip seperti Discord atau Slack yang memungkinkan kita membuat beberapa saluran percakapan dari sebuah komunitas. Hanya saja masih memakai ekosistem WhatsApp di mana termasuk enkripsi end-to-end miliknya.

Tinggalkan Komentar