Aplikasi Berita

Fitur Komunitas di WhatsApp Mulai Diuji Coba di Indonesia

WhatsApp Feature Diagonal

Gadgetren – Setelah diperkenalkan bulan April 2022 kemarin, akhirnya WhatsApp secara resmi telah meluncurkan fitur Komunitas atau Community secara global dan bakal tersedia untuk seluruh penggunanya secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

Kabar baiknya fitur ini tengah diuji coba di Indonesia oleh 12 komunitas yang ditunjuk WhatsApp langsung seperti yang disampaikan oleh Esther Samboh selaku Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia.

Lebih jauh Esther menyampaikan bahwa komunitas tersebut mencakup komunitas Langsung Enak yang mana sebuah komunitas pecinta kuliner populer dan Play:On Indonesia Community sebuah komunitas penggemar Mini 4WD.

“Kami harap fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik di WhatsApp,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Untuk menghadirkan fitur Komunitas, selain berkolaborasi dengan komunitas mereka juga telah bekerja sama dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara untuk membangun fitur Komunitas guna memenuhi kebutuhan mereka.

Melalui fitur Komunitas, pihak WhatsApp sendiri bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih terutama menghadirkan keamanan dan privasi berupa enkripsi end-to-end untuk organisasi atau komunitas di WhatsApp agar aman dan nyaman berkomunikasi.

Fitur Komunitas sendiri melengkapi hadirnya fitur Grup yang sebelumnya telah membantu banyak pengguna untuk berkomunikasi di dalam komunitas mereka. Untuk membuat fitur Komunitas di WhatsApp, pengguna cukup mengetuk tab Komunitas yang muncul di bagian atas percakapan di handphone berbasis Android.

Fitur-Komunitas-WhatsApp-1

Sedangkan untuk handphone berbasis iOS, fitur Komunitas bisa dibuat denganĀ  mengetuk tab Komunitas di bagian bawah percakapan. Di samping bisa bisa memulai atau menambahkan Komunitas baru, pengguna juga masih tetap bisa menambahkan grup yang sudah ada.

Setelah masuk ke dalam Komunitas, pengguna bisa beralih dengan mudah antar grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan admin dapat mengirimkan pembaruan penting kepada semua orang di dalam Komunitas.

Selain membawa fitur Komunitas, WhatsApp juga menggulirkan tiga fitur baru lainnya yang bisa digunakan di dalam Grup. Adapun tiga fitur baru yang dihadirkan meliputi kemampuan untuk membuat polling dalam chat, panggilan video hingga 32 orang, dan grup beranggotakan maksimal 1024 pengguna.

Tinggalkan Komentar