Aplikasi

Ini Lho Fungsi dan Kegunaan Fitur Komunitas di WhatsApp Buat Kamu yang Bingung

 Fungsi dan Kegunaan Fitur Komunitas di WhatsApp Header

Gadgetren – WhatsApp telah membawa fitur baru yang bernama Komunitas. Fitur ini sudah bisa dinikmati di Indonesia melalui pembaruan yang tersedia baik di Google Play Store maupun Apple App Store.

Seperti namanya, fitur Komunitas dihadirkan untuk pengguna yang memiliki komunitas supaya bisa berkomunikasi dengan lancar hanya dengan melalui layanan pesan WhatsApp.

Dibandingkan dengan fitur Grup yang sebelumnya telah tersedia lebih dulu, fitur Komunitas memang dikhususkan untuk pengguna yang berperan sebagai admin pada sebuah grup tertentu.

Fungsi Komunitas WhatsApp

Oleh karena itu, kamu yang bukan admin tidak bisa menambahkan grup dalam satu Komunitas. Nah fitur Komunitas terletak pada tab bergambar ikon tiga orang yang menandakan sebuah grup. Letaknya sendiri berada di sebelah persis tab chat atau percakapan.

Baik admin grup maupun pengguna biasa juga bisa membuat Komunitas baru. Terkait fitur Komunitas ini, pihak WhatsApp menjelaskan bahwa Komunitas memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menggabungkan grup-grup terkait di bawah satu payung.

Di samping menambahkan grup di tab Komunitas, admin komunitas juga bisa menyampaikan pembaruan penting kepada anggota dengan mengirim pengumuman pada Komunitas yang telah dibuat di mana bisa berisi lebih dari satu grup. Jadi Komunitas yang mungkin memiliki dua grup atau lebih bisa tetap terhubung dan tetap mendapatkan informasi penting.

Misalnya admin membuat komunitas Sekolah SD yang isinya dari beragam grup seperti grup kelas satu, kelas dua, dan seterusnya. Nantinya pengumuman penting yang berkaitan dengan kegiatan sekolah secara umum cukup diinformasikan oleh admin di tab Komunitas, bukan di masing-masing grup kelas.

Dengan begitu tugas admin pun semakin mudah dan lebih efisien ketika menyampaikan informasi. Admin pun bisa menambahkan hingga 50 grup yang berisikan hingga 5.000 anggota ke pengumuman Komunitas. Sementara itu semua grup bisa dimasukkan ke dalam tab Komunitas. 

Namun perlu diingat bahwa di dalam tab Komunitas yang telah dibuat, hanya admin saja yang bisa mengirim pengumuman. Sedangkan anggota Grup tidak bisa berkomentar di Komunitas yang telah dibuat. Anggota hanya bisa berkomentar pada grup asal.

Sama seperti grup, setiap anggota grup yang masuk ke tab Komunitas juga bisa melihat jumlah peserta dalam Komunitas dan bisa mengelola notifikasi untuk pengumuman. Bahkan anggota grup bisa keluar dengan cara yang sama seperti keluar dari grup. Namun untuk keluar dari grup tetap juga harus keluar secara manual melalui ikon tiga titik pada informasi grup.

Soal keamanannya sendiri, WhatsApp menyampaikan bahwa panggilan dan pesan pribadi di Komunitas turut terenkripsi secara end-to-end sehingga tidak seorang pun termasuk WhatsApp yang bisa membaca atau mendengarkannya.

Tinggalkan Komentar