Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mematikan Google Assistant Buat Kamu yang Merasa Terganggu

Cara Mematikan Google Assistant - Header

Gadgetren – Layanan Google Assistant memang menawarkan berbagai macam dukungan bermanfaat kepada para pengguna yang mengandalkan handphone dengan sistem operasi Android di dalamnya.

Dengan menggunakan layanan ini, kita tak hanya dapat memperoleh jawaban dari berbagai macam pertanyaan tetapi juga mengatur dan menjalankan rutinitas secara otomatis, menjalankan aplikasi, membuat panggilan, hingga mengontrol peranti pintar.

Belum lagi, Google senantiasa mengembangkan kemampuannya. Termasuk di antaranya meningkatkan sistem kecerdasan di dalamnya supaya bisa menyesuaikan dengan kita atau perangkat-perangkat yang digunakan.

Meskipun sangat bermanfaat, tidak semua orang membutuhkan layanan ini. Bahkan ada sebagian di antara kita yang justru ingin mematikannya karena alasan-alasan tertentu seperti melindungi data-data privasi.

Mematikan layanan Google Assistant di handphone Android untungnya tidak serumit apa yang kita bayangkan. Kamu yang ingin melakukannya dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mematikan Google Assistant

  • Buka aplikasi Google
  • Ketuk foto profil di pojok kanan atas
  • Klik tombol Settings
  • Masuk ke menu pengaturan Google Assistant
    Cara Mematikan Google Assistant - 1
  • Cari dan buka bagian General
  • Matikan tombol geser di sebelah opsi Google Assistant
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol Turn off
    Cara Mematikan Google Assistant - 2

Setelah mematikan Google Assistant dengan cara di atas, berbagai macam dukungan yang ditawarkannya juga akan ikut dinonaktifkan. Layanan misalnya tidak akan merespons lagi saat kita mengucapkan “Hey Google” atau OK Google”.

Fitur-fitur yang berkaitan dengan Google Assistant pun tidak akan tersedia. Jadi jika suatu saat ingin menggunakannya kembali, kita perlu mengaktifkan layanan ini dengan menghidupkan tombol geser di halaman General. Langkah-langkahnya mirip seperti di atas.

Cara Mematikan Perintah Suara “Hey Google” di Google Assistant

  • Buka menu pengaturan untuk Google Assistant seperti sebelumnya
  • Masuk ke bagian Hey Google & Voice Match
  • Matikan tombol pengaturan untuk Hey Google
  • Klik OK jika muncul jendela informasi
    Cara Mematikan Google Assistant - 3

Nah jika kita hanya terganggu dengan jendela pop-up Google Assistant yang sering terpicu oleh perintah suara tanpa sengaja, maka tidak perlu mematikannya. Kita hanya perlu menonaktifkan opsi “Hey Google” yang menjadi pemicunya.

Dengan begitu, kita tetap bisa menggunakan fitur-fitur lain dari layanan ini tanpa perlu menonaktifkan lalu mengaktifkan pengaturannya secara berulang-ulang. Kita di antaranya tetap dapat mengakses jendela Google Assistant secara mudah dengan menekan tombol Home selama beberapa saat.

Tinggalkan Komentar