Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Google Assistant di Handphone realme Jika Dirasa Mengganggu

Cara Mematikan Google Assistant di realme Header

Gadgetren – Google Assistant merupakan salah satu fitur dari handphone yang menggunakan sistem berbasis Android, termasuk merek realme.

Google Assistant dapat memudahkan penggunanya untuk membuka sebuah konten, menu, maupun aplikasi dengan perintah suara.

Namun ada kalanya pada saat kamu ingin mematikan handphone realme dengan tombol Power, justru malah menampilkan Google Assistant yang mana tentunya mengganggu karena sebenarnya tidak ingin mengaktifkan fitur buatan Google tersebut.

Sebagai catatan, secara bawaan Google Assistant akan muncul ketika kamu menekan tombol Power selama 0,5 detik. Namun pada saat tombol Power ditekan 3 detik akan dapat memunculkan menu Restart atau Turn Off.

Meskipun begitu, hadirnya Google Assistant tidak jarang dirasa mengganggu karena muncul sebelum opsi Restart maupun Turn Off. Kamu yang ingin mematikan Google Assistant pun untungnya dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Mematikan Google Assistant di realme

Mengembalikan Fungsi Tombol Power

  • Buka aplikasi Settings di handphone realme
  • Pilih menu Convenience tools
  • Tekan tombol toggle Wake Google Assistant with Powerbutton hingga ke posisi mati

Kini pada saat menekan tombol Power beberapa detik, maka tidak akan muncul lagi Google Assistant di handphone realme. Sementara jika kamu juga ingin mematikan Google Assistant ketika mengucap Hey Google bisa dilakukan dengan masuk ke pengaturan Google.

Menonaktifkan Perintah Suara Google Assistant

  • Buka aplikasi Google di handphone realme
  • Pada halaman utama, buka menu Account berikon foto profil akun Google
  • Pilih menu Settings
  • Pilih menu Google Assistant
  • Pilih Hey Google & Voice Match pada bagian Popular Settings
  • Lalu tekan tombol toggle Hey Google ke posisi mati

Setelah fitur Hey Google dinonaktifkan, maka Google Assistant tidak akan aktif pada saat kamu berbicara Hey Google atau OK Google yang mana menjadi kata kunci jika ingin menggunakan perintah suara sehingga tidak aktif secara tiba-tiba.

Sementara itu jika ingin kembali menghadirkan fitur Google Assistant untuk aktivitas sehari-hari dapat menekan kembali tombol toggle maupun Power dengan langkah serupa.

Hal ini dikarenakan Google Assistant sebenarnya memudahkan kamu mencari data, mengaktifkan aplikasi, membuka konten, membuat Reminder, menelepon kontak tertentu, dan lainnya hanya dengan menggunakan suara saja.

Tinggalkan Komentar