Tips dan Trik Aplikasi

Apa Itu Explore Instagram dan Kenapa Tampilannya Bisa Berubah?

Apa Itu Explore Instagram dan Kenapa Bisa Berubah - Header

Gadgetren – Beberapa kali sejumlah pengguna mengeluhkan bahwa konten-konten di halaman Explore Instagram tiba-tiba berubah dan menayangkan gambar maupun video yang tidak semestinya.

Mereka mengaku bahwa konten-konten tersebut tiba-tiba muncul begitu saja padahal sedang tidak berinteraksi dengan akun atau kata kunci pencarian yang berkaitan. Gambar dan video tersebut pun sering kali bukan direkomendasikan untuk mereka.

Perubahan konten ini pun akhirnya menimbulkan sejumlah pertanyaan bagi sebagian di antara kita. Termasuk di antaranya seperti apa itu sebenarnya Explore Instagram lalu kenapa bisa tiba-tiba berubah begitu saja.

Apa Itu Explore Instagram?

Bagi kamu yang belum tahu, Explore adalah salah satu fitur yang dirancang oleh Instagram supaya kita dapat lebih mudah menemukan berbagai macam konten yang kita minati.

Lewat sebuah tab khusus, fitur tersebut akan menayangkan gambar maupun video yang disusun secara khusus agar bisa pas dengan kita. Biasanya konten yang muncul di dalam Explore akan didasarkan pada pencarian, akun yang diikuti, atau interaksi.

Sebagai contohnya, Explore Instagram akan menampilkan konten-konten tentang makanan jika kita sering mencari gambar maupun video kuliner. Bisa juga akan menayangkan informasi mengena gawai anyar jika mengikuti banyak akun teknologi.

Dengan begitu, kita bisa lebih mudah untuk menemukan konten yang kita anggap menarik dari berbagai macam akun meskipun belum diikuti. Kita dalam hal ini bahkan dapat melakukannya tanpa perlu menggunakan fitur penelusuran.

Karena dirancang agar selalu sesuai dengan kita, konten-konten di halaman Explore Instagram pun akan senantiasa berubah. Adapun sebagian faktor yang bisa mempengaruhinya sebagai berikut.

Kenapa Bisa Berubah?

Perubahan Minat

Sebagaimana penjelasan di atas, Explore Instagram akan disesuaikan dengan ketertarikan kita. Jika minat kita berubah maka konten-konten yang ditampilkan di halaman tersebut pun akan mengikutinya.

Aktivitas saat menggunakan layanan Instagram akan mempengaruhi hal ini. Misalnya, kita akan menjumpai berbagai macam konten tentang fotografi jika sering menonton Reels, Foto, atau Video yang berkaitan dengan kamera.

Interaksi seperti berkomentar, menyukai, atau membagikan konten juga termasuk faktor yang akan dipertimbangkan. Jadi perubahan-perubahannya pun dapat mempengaruhi jenis tayangan di halaman Explore.

Perlu diingat bahwa aktivitas yang bisa mempengaruhi Explore tak hanya akan didasarkan pada saat kita memakai aplikasi Instagram saja. Akun dari layanan tersebut soalnya juga bisa kita integrasikan dengan Facebook.

Aktivitas kita saat menggunakan aplikasi Facebook makanya juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi perubahan tampilan halaman Explore Instagram. Apalagi layanan ini kini juga mendukung penayangan konten-konten Reels yang mungkin tanpa disadari juga bisa ikut tertonton berulang kali.

Bug Pengembangan

Namun jika selama ini tidak merasa minat kita berubah seperti penjelasan di atas atau terjadi secara tiba-tiba, maka masalah perubahan Explore Instagram kemungkinan terjadi akibat adanya sebuah bug. Sebagian pengguna mungkin pernah menjumpainya beberapa waktu lalu.

Peningkatan fitur maupun algoritma memang menjadi salah satu hal yang sering dilakukan saat mengembangkan layanan. Hanya saja sayangnya kadang-kadang bisa menimbulkan bug jika masih belum sempurna.

Perubahan tampilan Explore Instagram juga bisa dipengaruhi oleh hal ini. Kabar baiknya, biasanya bisa sembuh sendiri atau kita hanya perlu memperbarui aplikasi ke versi paling mutakhir dari Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Tinggalkan Komentar