Tips dan Trik

Kenapa Instagram Explore Tiba-Tiba Berubah Seperti Kondisi Awal?

Kenapa Instagram Explore Berubah - Header

Gadgetren – Konten video maupun foto yang ditampilkan di halaman Instagram Explore memang bisa berubah-ubah setiap saat menyesuaikan minat dan ketertarikan kita selaku penggunanya.

Hanya saja perubahan konten di halaman tersebut justru bisa terasa sangat aneh jika berlangsung secara tiba-tiba dengan pengaruh cukup signifikan seperti apa yang dialami oleh sebagian di antara kita selama beberapa waktu belakangan.

Kamu yang mengunjungi artikel ini mungkin juga mengalaminya. Tampilan halaman Instagram Explore misalnya tiba-tiba berubah menjadi penuh foto-foto pemandangan seperti saat kita baru mengakses pertama kali setelah membuat akun.

Perubahan ini pun sontak menimbulkan tanda tanya besar bagi sebagian orang, mulai dari alasan kenapa halaman Instagram Explore bisa tiba-tiba berubah hingga berbagai macam cara yang dapat dicoba untuk mengatasinya.

Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, kejadian ini uniknya bukan hanya terjadi sekarang. Beberapa kasus serupa pun pernah terjadi sebelumnya dan bisa diatasi dengan mudah sehingga kita tak perlu panik saat terjadi.

Kenapa Instagram Explore Tiba-Tiba Berubah?

Berkaca dari kasus serupa di masa lalu, perubahan konten Instagram Explore ke setelan awal seperti ini bukan hal berbahaya. Hanya saja memang akan terasa cukup mengganggu buat kita yang terbiasa dengan konten-konten terpersonalisasi.

Masalah ini diklaim oleh Meta hanya sebuah bug di sisi server layanan yang muncul sebagai bagian dalam proses pengembangan. Dengan peningkatan algoritma Explore dari fitur-fitur baru seperti Reels dan Shop, kesalahan memang cukup wajar terjadi.

Halaman Instagram Explore untung bisa kembali normal dengan sendirinya seiring pemakaian layanan tanpa perlu mengotak-atik aplikasi. Namun jika tak sabar, kamu yang mengalami masalah ini bisa mencoba beberapa tips berikut.

Solusi Instagram Explore yang Tiba-Tiba Berubah

Refresh Tampilan Berulang-ulang

Melakukan refresh tampilan Instagram Explore menjadi salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini. Bahkan dapat menjadi langkah pertama karena banyak orang berhasil memulihkan halaman tersebut saat memakainya.

Namun perlu diingat bahwa bisa saja berbeda-beda untuk setiap orang. Selain itu, me-refresh tampilan Instagram Explore pun tidak akan langsung mengatasi masalah ini dengan hanya satu hingga dua kali percobaan saja melainkan setelah dilakukan secara berulang-ulang.

Gunakan Fitur Not interested Instagram

  1. Ketuk foto atau video yang dimaksud
  2. Klik tombol More (ikon titik tiga) di atas unggahan
    Kenapa Instagram Explore Berubah - 1
  3. Pilih Not interested
    Kenapa Instagram Explore Berubah - 2

Jika belum teratasi setelah sekian lama, kita pun dapat kembali mencoba melakukan personalisasi halaman Instagram Explore dengan menggunakan fitur Not Interested pada unggahan yang tidak disukai sebagaimana langkah-langkah di atas.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar