Review Peralatan Elektronik Review Smart Home

Review IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 – Bersihin Rumah Jadi Lebih Mudah

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Gadgetren – Immersive Tech atau yang disingkat IT kini memperluas jajaran perangkat pintar mereka dengan hadirnya IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01. Perangkat yang satu ini dapat membantu kamu bersih-bersih rumah secara otomatis.

Secara desain, IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 tampak seperti robot vacuum cleaner pada umumnya dengan bentuk yang bundar dan warna putih yang membalut hampir keseluruhan bodi robotnya.

Di bagian depannya terdapat area berwarna hitam yang sepertinya diperuntukkan untuk sensor di dalam robot. Bagian depan ini dilindungi oleh bumper karet agar menjaganya dari baretan atau kerusakan.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01
  • Performa - 7/10
    7/10
  • Fitur - 7/10
    7/10
  • Desain - 8/10
    8/10
7.3/10

Ringkasan

Dengan harga yang masih tergolong ekonomis, IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 bisa menjadi pilihan menarik untuk robot pembersih rumah baik itu dalam menyedot debu ataupun mengepel lantai. Sayangnya teknologi pemetaannya yang digunakan sangat minim.

Pros

  • Harga tergolong murah
  • Mampu membersihkan debu dan mengepel
  • Bisa dikontrol dari handphone
  • Tersedia aksesoris cadangan

Cons

  • Pemetaan terlalu sederhana
  • Terkadang hanya memutar di suatu ruangan
  • Mudah tersedak kabel atau keset berumbai


Pada bagian belakangnya terdapat tangki pembuangan debu yang bisa dicopot pasang dengan mudah. Tangki ini dilengkapi dengan filter HEPA untuk menyaring udara yang dikeluarkan oleh robot agar tidak menyebar debu-debu kotor.

Tangki tersebut dapat diganti dengan jenis lain yakni tangki air untuk mengepel. Untuk tangki air disediakan kain pel yang dapat dipasang di bawah tangkinya serta dapat dicuci agar tetap bersih ketika berkali-kali digunakan.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 menggunakan 3 roda di bagian bawahnya agar dapat bergerak. Dua roda berfungsi untuk bergerak maju mundur sedangkan satu roda berfungsi untuk memutar.  Bagian bawah robot ini juga terdapat sepasang sikat samping dan sebuah sikat utama untuk membantu mengumpulkan debu agar lebih mudah dihisap oleh robot.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Layaknya robot vacuum cleaner, beberapa bagiannya memiliki waktu masa pakai seperti filter HEPA, kain pel, dan sikat samping. Untungnya IT menyematkan aksesoris ekstra untuk bagian-bagian tersebut dalam paket penjualan dan ditambah disediakan juga sikat pembersih untuk merawat robotnya. Namun saya tidak menemukan kejelasan kapan aksesoris tersebut perlu diganti.

Untuk mengisi daya baterai IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01, terdapat dock pengisi daya yang disarankan untuk diletakkan menempel di dinding serta di area yang keras dan rata agar robotnya dapat dengan mudah berjalan ke dock.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Ada tiga cara yang dapat digunakan untuk mengontrol robot ini. Cara pertama adalah dengan memencet tombol yang ada pada bagian atas robot yang mana akan dapat mengaktifkan atau menghentikan proses bersih-bersih robotnya.

Cara kedua uniknya adalah dengan menggunakan remot yang disediakan. Remot ini memiliki beberapa tombol untuk kontrol yang lebih dalam seperti mengaktifkan robot, memilih mode pembersihan, memerintahkan robot agar kembali ke dock, hingga mengatur gerakan robot secara manual.

Cara terakhir adalah menggunakan aplikasi IT Smart yang mana membuat robotnya dapat dikontrol melalui perangkat Android maupun iOS. Cara ini adalah yang paling saya sering gunakan karena kontrolnya lebih jelas dan mudah dipahami.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Untuk proses bersih-bersihnya sendiri, yang perlu dilakukan hanya memencet tombol mulai pembersihan dan robotnya akan secara otomatis aktif dan memilih rute pembersihan.

Perlu dicatat robot ini akan kesulitan bekerja jika pada area lantai terdapat kabel-kabel yang menjuntai atau keset berumbai. Biasanya saya perlu merapikan barang-barang tersebut terlebih dahulu, jika tidak maka robotnya akan “keselak” dan perlu secara manual dilepas barang yang nyangkut di robotnya.

Berkat tingginya yang pendek, robot ini juga dapat dengan mudah masuk ke area yang sulit dibersihkan seperti kolong sofa ataupun kasur. Tapi perlu dicatat juga agar hati-hari robot ini tidak masuk ke area kolong furnitur yang riskan seperti rak besi yang mana mungkin bisa membaret robotnya.

Robot ini juga cukup pintar jika mendeteksi ada area curam misal tangga. Ketika menemukan area curam, ia akan berbalik badan agar tidak terjatuh. Namun di buku manual perangkat ini tetap direkomendasikan menggunakan penghalang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Selama bekerja, robot ini mengeluarkan pembuangan udara yang terasa cukup kencang dari sisi samping kiri. Tapi seharusnya berkat filter HEPA yang digunakan, udara pembuangan ini sudah difilter debunya.

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 menyediakan tangki air yang dapat digunakan agar robot ini bisa mengepel. Robot ini dapat secara pintar mendeteksi jika tangki air terpasang dan mengubah mode pembersihan menjadi mengepel.

Dalam mode mengepel, robot ini akan melakukan gerakan seperti menyeret kain pel ke berbagai area ruangan. Hasil penyedotan debu maupun pengepelannya terlihat cukup bersih walaupun memakan waktu yang lebih lama dibanding bersih-bersih secara manual. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk membersihkan area ruangan seluas 24m2.

Untuk noda-noda yang menempel dengan cukup kuat di lantai, robot ini agak kesulitan untuk membersihkan dengan baik. Perlu dibersihkan secara manual.

Selama saya menggunakan robot ini, ada keanehan yang terjadi. Perlu aku jelaskan dulu sebelumnya bahwa rumah aku terbagi dua area dengan jenis lantai berbeda. Yang satu menggunakan lantai granit dengan nat tipis berwarna cerah dan satu lagi menggunakan lantai keramik dengan nat sedang berwarna gelap.

Nah entah kenapa di area rumah saya yang menggunakan lantai keramik, robot ini sering kesulitan untuk keluar ruangan yang sedang dibersihkan. Jadi dia akan mutar-mutar di satu ruangan saja kecuali saya gerakkan secara manual. Masalah ini tidak saya temukan ketika robotnya digunakan di area lantai granit rumah saya.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 - IT Smart App

Kekurangan lain yang saya temukan dari IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 adalah pemetaannya yang terlalu sederhana. Peta yang dihasilkan oleh robot ini di aplikasi IT Smart hanya menampilkan jalur pembersihan robot secara kasar. Jadi tidak ada informasi mengenai ruangan pembersihan.

Ini juga membuat robotnya tidak dapat diperintahkan untuk menghindari area tertentu seperti contohnya dapur yang mana di kasus saya di dapur sering ada bercak air dan banyak barang sehingga malah akan merepotkan jika robot masuk ke dapur. Solusi saya untuk hanya dengan menutup akses robot secara manual seperti dengan menutup pintu.

Sejauh ini itu masalah-masalah yang saya temukan. Di luar itu robot ini memiliki beberapa fitur menarik seperti membersihkan satu area tertentu selama dua menit, membersihkan area dinding secara menyeluruh, penjadwalan pembersihan, hingga pengaturan seberapa kencang daya hisapnya.

Satu fitur menarik terakhir adalah walau secara langsung robot ini tidak mendukung perintah suara namun robotnya dapat dikoneksikan dengan Google Assistant melalui aplikasi IT Smart. Setelah tersambung, saya bisa memerintahkan robot untuk mulai bersih-bersih, menyetopnya, hingga agar kembali ke dock cukup dengan berbicara melalui Google Assistant.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01

Dengan harga yang masih tergolong ekonomis yakni Rp2.799.000, IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 bisa menjadi pilihan menarik untuk robot pembersih rumah baik itu dalam menyedot debu ataupun mengepel lantai. Ditambah lagi IT menyematkan aksesoris ekstra dalam paket penjualan agar dapat dengan mudah mengganti aksesoris yang sudah rusak nantinya.

Satu kekurangan yang paling besar dari robot ini adalah teknologi pemetaannya yang sangat minim. Dan entah kenapa di kasus saya di area tertentu robotnya hanya memutar-mutar di satu ruangan saja.

Tinggalkan Komentar