Smartphone

Apa yang Baru di Update Sistem iOS 16.1?

Apa yang Baru di iOS 16.1 - Header

Gadgetren – Setelah menunggu lebih dari satu bulan sejak diperkenalkan secara global pada bulan September 2022 silam, Apple akhirnya memperkenalkan iOS 16.1 yang membawa fitur-fitur esensial baru.

Pembaruan Sistem operasi tersebut sudah bisa dipasang oleh para pengguna yang sebelumnya memakai iOS 16. Kita pun dapat mengecek ketersediaannya melalui halaman Settings > General > Software Update.

Versi anyar sistem operasi seluler buatan Apple ini secara khusus membawa beberapa fitur yang sempat tertunda dari pembaruan iOS 16 dengan beberapa peningkatan kemampuan dan antarmuka tampilan.

Apa yang Baru di iOS 16.1?

iCloud Shared Photo Library

Sempat tertunda dari peluncuran iOS 16, iCloud Shared Photo Library akhirnya resmi meluncur lewat pembaruan kali ini. Fitur baru tersebut memungkinkan kita membagikan foto maupun video dalam sebuah library khusus kepada lima orang.

Kelima orang itu nantinya bisa menambahkan, mengedit, memfavoritkan, membuat keterangan, hingga menghapus foto atau video di dalamnya. Mereka nantinya juga bisa beralih dengan mudah dari library bersama dengan personal.

iCloud Shared Photo Library juga akan muncul di halaman kamera. Jadi kita bisa memilih untuk langsung membagikan foto dan video ke library bersama atau menggunakan pendeteksi otomatis memakai fitur Bluetooth.

Live Activities

Bersama dengan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, Apple memperkenalkan sebuah dukungan baru bernama Dynamic Island untuk menyamarkan lubang kamera di bagian layar. Fitur tersebut akan menutupinya dengan gelembung informasi berwarna senada.

Salah satu di antaranya memakai Live Activities, yakni sebuah sistem notifikasi yang memungkinkan kita mengikuti berbagai macam hal secara real-time seperti skor pertandingan olahraga, rute penerbangan, hingga lokasi ojek online.

Di iOS 16.1, fitur tersebut kini bisa diimplementasikan. Para pengembangan sudah dapat menambahkannya ke aplikasi maupun layanan buatan mereka supaya bisa digunakan baik melalui Dynamic Island maupun Lock Screen.

Apple Fitness+

Kita yang berlangganan Apple Fitness+ kini dapat menikmati layanan hanya dengan memakai perangkat iPhone lewat iOS 16.1. Kita tidak perlu lagi memakai Apple Watch supaya bisa mengakses seperti sebelum-sebelumnya.

Berlangganan Apple Fitness+ pun bisa dilakukan meskipun kita tidak mempunyai Apple Watch. Kita juga bisa langsung memulai aktivitas olahraga walaupun tidak dapat menyimak metrik lewat jam tangan pintar tersebut.

Clean Energy Charging

Apple juga menambahkan fitur baru bernama Clean Energy Charging di sistem iOS 16.1. Kita bisa mengaturnya di halaman Settings untuk mengurangi jejak karbon dengan memakai sistem pengisian yang selektif.

Clean Energy Charging nantinya akan memilih listrik dengan tingkat emisi karbon yang lebih rendah. Meskipun begitu, Apple mengklaim bahwa baterai iPhone tetap bisa penuh sebelum digunakan disesuaikan berdasarkan rutinitas pengisian pengguna.

Persentase Baterai

Mengecek kapasitas baterai di perangkat iPhone 8 atau yang lebih baru kini juga bisa semakin mudah. Pembaruan sistem ini soalnya menambahkan persentase untuk ikon baterai di status bar yang sebelumnya tidak tersedia di iOS 16.

Tinggalkan Komentar