ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengunci Hidden Album di iPhone dengan iOS 16

Apple iPhone 13

Gadgetren – Pada iOS 16 terbaru, Apple secara resmi menghadirkan fitur menarik untuk mengunci Hidden Album menggunakan Passcode, Touch ID, maupun Face ID.

Hidden Album sendiri adalah fitur yang ada di iPhone untuk menyembunyikan foto maupun video di dalam album khusus.

Untuk bisa memasukkan foto maupun video ke Hidden Album, kamu cukup ke aplikasi Photos dan memilih beberapa foto atau video yang akan disembunyikan. Setelah semua dipilih, maka kamu dapat menekan tombol Share dan memilih opsi Hide.

Secara otomatis, semua yang dipilih akan dimasukkan ke Hidden Album sehingga tidak akan muncul di aplikasi Photos. Namun foto atau video yang disembunyikan baru akan muncul di aplikasi Photos apabila pengguna mengaktifkan fitur Show Hidden Album di aplikasi Settings.

Hal inilah yang membuat Hidden Album tidak terlalu praktis karena pengguna harus mengaktifkan fitur Show Hidden Album terlebih dulu untuk bisa melihat foto atau video yang telah disembunyikan. Namun masalah ini dapat terselesaikan pada iOS 16 karena Hidden Album dapat dikunci ketika fitur Show Hidden Album aktif.

Dengan begitu, pengguna masih dapat melihat folder Hidden Album langsung pada aplikasi Photos dan membukannya membutuhkan akses Passcode, Touch ID, atau Face ID yang telah ditentukan.

Cara Mengunci Hidden Album di iPhone

  1. Pastikan kamu telah menyembunyikan beberapa foto atau video di Hidden Album
  2. Buka aplikasi Settings
    iPhone Settings
  3. Pilih menu Photos
    iPhone Hidden Album - Photos
  4. Tekan tombol toggle Use Passcode hingga menyala atau aktif
  5. Selain itu, pastikan juga tombol toggle Show Hidden Album dalam posisi menyala atau aktif
    iPhone Hidden Album - Passcode
  6. Buka aplikasi Photos dan pilih tab Album
  7. Pada bagian Utilites, kamu akan melihat Hidden Album sedang terkunci
    iPhone Hidden Album - Lock
  8. Setelah Hidden Album dipilih, maka tekan opsi Show Album
    iPhone Hidden Album - Show
  9. Selanjutnya, kamu diminta memasukkan Passcode, Face ID, atau Touch ID
    iPhone Hidden Album - Enter Passcode
  10. Apabila akses berhasil, maka kamu akan masuk ke Hidden Album dan melihat foto maupun video yang telah tersembunyi tadi
    iPhone Hidden Album - Photos Video

Menurut saya pribadi, memang fitur penguncian Hidden Album menjadi lebih praktis dan aman. Namun yang perlu dicatat, iPhone yang kamu miliki sudah harus menggunakan sistem operasi iOS 16 atau versi di atasnya. Dengan adanya fitur Hidden Album, privasi kamu dapat lebih terjaga sehingga foto atau video pribadi yang dimiliki tidak dapat dilihat oleh sembarang orang.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar