Berita Smartphone

Apple Rilis iOS 16 untuk Pengguna iPhone 8 Hingga iPhone Seri Terbaru

Fitur Baru iOS 16 - Header

Gadgetren – Setelah diperkenalkan dalam ajang WWDC 2022, akhirnya sistem operasi iOS 16 sudah bisa dicicipi oleh seluruh pengguna perangkat iPhone 8 hingga yang terbaru secara gratis.

Melalui iOS 16, Apple memberikan beberapa fitur-fitur baru yang cukup menarik mulai dari lock screen , sistem yang lebih cerdas, dan pengaturan privasi yang lebih baik.

Fitur terbaru lock screen adalah iPhone kini bisa mengatur lock screen secara lebih personal. Pengguna bisa menambahkan berbagai fitur lainnya di dalam lock screen untuk menampilkan informasi yang lebih lengkap tanpa masuk ke dalam konten di layar seperti memilih foto yang disukai dari galeri handphone, mengatur font dan menambahkan widget, hingga alarm.

Fitur Baru iOS 16 - 2

Selain itu pada lock screen, pengguna juga bisa mengatur tampilan notifikasi yang diinginkan seperti bentuk daftar, ditumpuk, dan hitungan. Fitur fokus juga kini dapat ditampilkan pada layar kunci untuk memudahkan pengguna bisa tetap melakukan aktivitas

Pada iMessage, pengguna kini bisa melakukan berbagai macam pengeditan sebelum pesan dikirim ke penerima seperti mengedit, membatalkan pengiriman, dan menandai percakapan menjadi belum dibaca.

Fitur Baru iOS 16 - 6

Di samping itu, melalui iMessage pengguna juga bisa mengundang teman atau keluarga untuk dapat membagikan konten atau lagu dengan SharePlay. Pengguna juga bisa lebih banyak mengirim pesan dalam bentuk dokumen ke lebih dari satu penerima lewat fitur kolaborasi.

iOS 16 juga menghadirkan kemudahan pengguna untuk mengelola surat elektronik. Pengguna bisa menjadwalkan pengiriman email, membatalkan pengiriman pesan, dan mengatur pengingat untuk kembali ke pesan di kemudian hari dengan fitur Ingatkan Saya.

Fitur-Baru-iOS-16-4.

Selain itu, iOS 16 juga menghadirkan saran otomatis kepada pengguna ketika pesan mereka belum dibalas dan pengguna juga akan mendapatkan peringatan otomatis saat mereka lupa menyertakan penerima atau lampiran dalam email.

Pada fitur Live Text, sekarang pengguna bisa memindahkan subjek gambar dengan cara mengetuk dan menahannya kemudian mengangkatnya dari latar belakang dan dialihkan ke kolom pesan untuk dikirimkan ke orang lain.

Apple-iOS-16-iPhone-14-Live-Text

Fitur Visual Look Up juga diperluas untuk mengenali burung, serangga, laba-laba, dan patung. Selain itu Live Text juga bisa mengenali teks dalam video di seluruh sistem. Pengguna pun bisa menjeda menjeda video untuk mengambil teks dan menggunakannya untuk menyalin dan menempel, menerjemahkan, mengkonversi mata uang, dan banyak lagi.

Untuk menjaga privasi ketika browsing, Safari kini dilengkapi dengan kunci sandi agar lebih aman. Kunci sandi bisa berupa Touch ID atau ID Wajah yang berkolaborasi dengan FIDO Alliance, Google, dan Microsoft. Kunci sandi tersebut berlaku untuk seluruh aplikasi dan web dan pengguna bisa masuk ke situs web.

Lewat iOS 16, Apple juga ingin memberikan kemudahan bagi pengguna disabilitas seperti tunanetra dengan fitur Deteksi Pintu, disabilitas motorik untuk menampilkan informasi dari Apple Watch ke iPhone, dan disabilitas tunarungu bisa menggunakan telepon atau panggilan FaceTime untuk bisa berkomunikasi dengan lancar dari sumber suara audio.

Tinggalkan Komentar