Tips dan Trik Handphone

Terganggu? Ini Cara Hapus Atau Uninstall Aplikasi Funmax di Handphone Xiaomi

Cara Hapus Uninstall Funmax di Xiaomi - Header

Gadgetren – Berbagai macam aktivitas aneh muncul di sejumlah perangkat besutan Xiaomi setelah sebuah aplikasi misterius bernama Funmax terpasang sendiri secara tiba-tiba tanpa persetujuan pengguna.

Mulai dari kunci layar handphone bisa terbuka dengan sendirinya, aplikasi-aplikasi mulai tertutup paksa secara random, hingga kinerja perangkat mulai melambat termasuk sebagian di antara serangkaian aktivitas aneh tersebut.

Kemunculan Funmax makanya bisa terasa cukup mengganggu bagi sebagian pengguna. Walaupun dalam hal ini, kasusnya bisa berbeda-beda untuk setiap perangkat di mana bahkan ada yang normal-normal saja.

Ditambah lagi, Funmax mempunyai sifat yang sangat mirip dengan bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan handphone pada umumnya. Jadi kita tidak dapat langsung menghapus maupun melakukan uninstall begitu saja.

Kita makanya perlu menggunakan sejumlah trik untuk menghapus atau uninstall aplikasi Funmax di mana bisa berbeda-beda untuk setiap perangkat. Kamu yang penasaran dapat menyimak sebagian di antaranya sebagai berikut.

Cara Menghapus Aplikasi Funmax Xiaomi

Memakai Fitur Uninstall Updates

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka bagian Apps
  • Pilih Manage Apps
  • Cari aplikasi Funmax
  • Klik aplikasi tersebut
  • Ketuk tombol Force Stop
  • Ketuk tombol Uninstall updates
  • Klik OK jika muncul jendela konfirmasi

Menggunakan fitur uninstall update dapat menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk menghapus Funmax dari handphone Xiaomi. Dengan melakukan hal tersebut, layanan ini nanti seharusnya tidak akan terlihat lagi di daftar aplikasi.

Hanya saja sayangnya hal tersebut berlaku untuk sementara waktu. Jika perangkat masih terhubung dengan layanan internet dan sistem update otomatis menyala, maka Xiaomi sewaktu-waktu bisa memasang pembaruannya lagi.

Untuk menghapus secara permanen, maka kita pun perlu mencoba metode lain. Salah satu di antaranya memanfaatkan mode debugging yang ada secara mendasar pada setiap handphone Android.

Memanfaatkan Mode Debugging

Mode debugging merupakan sebuah fitur dalam opsi pengembang yang sebenarnya berfungsi untuk menguji coba, mengidentifikasi, dan memperbaiki masalah dalam baris-baris kode pengembangan sebuah aplikasi maupun layanan.

Selain dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses uji coba, mode tersebut juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan handphone Xiaomi. Termasuk untuk uninstall Funmax yang sebenarnya menjadi salah satu bagian di dalamnya.

Namun untuk menggunakan mode debugging, kita tidak bisa sembarangan. Tak hanya memerlukan perlengkapan khusus seperti komputer atau aplikasi LADB jika ingin melakukannya langsung di satu perangkat, tetapi sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang paham tentang cara memakainya.

Di sisi lain, kita juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan handphone Xiaomi dengan melakukan rooting. Hanya saja ada beberapa risiko yang mengancam saat memakai metode tersebut apalagi jika dilakukan oleh orang yang cukup awam.

Tinggalkan Komentar