ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi YouTube Agar Tidak Bisa Diakses

Cara Menghapus Aplikasi YouTube - Header[Ilustrasi: Pexels]

Gadgetren – Hadirnya beragam konten video membuat YouTube menjadi salah satu platform yang diakses oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dengan kekhawatiran anak akan mengakses video yang tidak baik, sebagian orang tua pun ingin menghapus aplikasi YouTube dari ponsel agar anaknya tidak terpengaruh oleh konten yang buruk.

Sayangnya YouTube sudah menjadi aplikasi bawaan di ponsel berbasis Android masa kini sehingga membuatnya tidak dapat dihapus atau uninstall layaknya aplikasi yang biasanya diunduh dari Google Play Store.

Meskipun tidak dapat dihapus, namun aplikasi YouTube dapat dihilangkan atau dinonaktifkan agar tidak muncul di Home Screen maupun App Drawer sehingga tidak dapat diakses sama begitu saja.

Cara Menghapus Aplikasi YouTube

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Cari menu Apps atau App Management.
  3. Cari dan pilih aplikasi YouTube.
  4. Tekan tombol Disable.
  5. Pada menu pop-up peringatan, tekan tombol Disable app.
  6. Masukkan password, PIN, atau Pattern jika kamu mengaktifkannya.

Nantinya pengguna atau anak-anak tidak akan lagi melihat adanya aplikasi YouTube di ponsel. Untuk bisa mengaktifkannya kembali, kamu cukup mengikuti langkah yang sama dan menekan tombol Enable.

Aplikasi bawaan seperti YouTube sudah tersedia sejak ponsel pertama kali diaktifkan yang mana membuatnya tidak memiliki menu penghapusan atau uninstall sehingga hanya bisa dinonaktifkan saja.

Bahkan apabila dilakukan Factory Reset pada ponsel, aplikasi YouTube pun akan langsung muncul kembali seperti semula. Sebenarnya ada lagi metode untuk benar-benar menghapus YouTube dari ponsel, namun berisiko karena harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dan melakukan root terhadap sistem.

Kita ketahui bersama bahwa root pada ponsel dapat menyebabkan masalah yang serius jika tidak hati-hati mulai dari masuknya berbagai malware hingga diretas oleh orang tidak bertanggung jawab.

Jadi sebaiknya kamu lakukan Disable saja untuk aplikasi YouTube karena sudah seharusnya sudah cukup agar tidak lagi aktif dan tidak muncul di Home Screen.

Solusi alternatif lainnya, pada beberapa ponsel Android masa kini terdapat fitur Kids Space yang memungkinkan kamu dapat menentukan aplikasi saja yang dapat ditampilkan dan diakses oleh anak-anak, termasuk memblokir YouTube.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar