Aplikasi

Apa Itu Funmax yang Tiba-Tiba Muncul di Handphone Xiaomi?

Apa Itu Funmax Xiaomi Tiba-Tiba Muncul - Header

Gadgetren – Selama beberapa waktu belakangan, sejumlah pengguna handphone buatan Xiaomi mengeluhkan bahwa ada aplikasi misterius yang terpasang dengan sendirinya bernama Funmax.

Aplikasi tersebut kebanyakan muncul pada saat mengisi ulang daya di malam hari dan terpasang sendiri begitu saja.

Padahal sebagian besar pengguna mengaku bahwa mereka tidak melakukan apapun yang mencurigakan sebelumnya. Celakanya lagi, beberapa perangkat jadi bertingkah aneh setelah aplikasi terpasang seperti ada yang tiba-tiba handphone suka menyala sendiri, sistem menjadi eror, aplikasi-aplikasi tertutup secara random, hingga membuat kinerja melambat.

Berbagai macam keanehan ini tentu saja membuat kita bertanya-tanya, seperti apa itu aplikasi Funmax? Kenapa bisa muncul dengan sendirinya di handphone-handphone buatan Xiaomi? Apakah memang berbahaya?

Oleh karena itu untuk mengobati sedikit rasa penasaran terhadap hal tersebut, kami akan mencoba untuk membahas mengenai apa itu aplikasi Funmax pada artikel kali ini.

Apa Itu Aplikasi Funmax?

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, aplikasi Funmax yang muncul di handphone Xiaomi kemungkinan berbeda dengan aplikasi Funmax buatan Zhigu Corporation Limited yang tersedia di Google Play Store. Hal tersebut sudah bisa dilihat dari warna ikon.

Apalagi jika melihat nama berkas paket aplikasi (APK) yang bisa diakses melalui halaman App Info di pengaturan handphone, Funmax merujuk kepada com.xiaomi.glgm. Artinya produk tersebut dikembangkan oleh Xiaomi sendiri bukan Zhigu Corporation Limited.

Di sisi lain, com.xiaomi.glgm sendiri berkaitan erat dengan nama paket untuk Xiaomi Games. Ini menandakan bahwa Funmax yang muncul di handphone Xiaomi merupakan sebutan lain dari aplikasi game store tersebut.

Hanya saja Xiaomi Games awalnya memang tidak muncul sebagai layanan sendiri di berbagai macam handphone. Hal ini berbeda dengan Funmax yang tersedia di daftar aplikasi dengan ikon bergambar controller berwarna latar belakang biru.

Jadi sebenarnya cukup wajar jika Funmax muncul secara tiba-tiba. Pembaruan dari Xiaomi bisa saja mengubahnya dari layanan Xiaomi Games yang semula terintegrasi dengan sistem tertentu menjadi aplikasi terpisah.

Cukup wajar juga jika Funmax tidak mudah untuk dihapus begitu saja. Sepengetahuan saya, hampir sebagian besar aplikasi bawaan Xiaomi memang tidak bisa kamu uninstall secara langsung tetapi membutuhkan tips dan trik khusus.

Selain itu, Funmax juga seharusnya tidak berbahaya. Menurut saya pribadi, aktivitas aneh yang terjadi di sejumlah perangkat diakibatkan oleh bug atau kompatibilitas aplikasi dengan sistem. Handphone-handphone yang mengalami hal tersebut soalnya kebanyakan sudah berusia cukup lawas.

Tinggalkan Komentar