Review Headphone

Review OPPO Enco Buds2 – Hadirkan Suara Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Review OPPO Enco Buds2 Header

Gadgetren – Dalam menghadapi persaingan earphone TWS (True Wireless Stereo) segmen harga terjangkau di Indonesia, OPPO telah menghadirkan produk yang bernama OPPO Enco Buds2.

Dengan harga Rp399.000, OPPO Enco Buds2 dapat mendukung aktivitas hiburan dari penggunanya mulai dari mendengarkan musik, menonton video atau film, maupun memainkan game.

Selain itu, OPPO Enco Buds2 hadir dengan dukungan gesture yang memudahkan penggunanya dalam mengakses beberapa fungsi yang tentunya dapat mempermudah dalam menikmati hiburan.

Review OPPO Enco Buds2
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

OPPO Enco Buds2 merupakan salah satu earphone TWS (True Wireless Stereo) yang nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti mendengarkan lagu, menonton video, memainkan game, maupun telepon.

Pros

  • Suara Jernih dan Bass terdengar jelas
  • Sertifikasi IPX4
  • Nyaman di telinga dan ringan
  • Dukung gesture sentuh
  • Baterai tahan lama

Cons

  • Tidak terdapat kabel cas bawaan
  • Butuh aplikasi tambahan untuk pengaturan di handphone selain OPPO

TWS ini juga mempunyai fitur menarik yang bernama Enco Live Sound Effect untuk membuat kualitas suara menjadi lebih optimal pada sebuah konten yang didengarkan. Untuk mengetahui lebih jauh dari kemampuan OPPO Enco Buds2, kamu dapat menyimaknya pada ulasan berikut ini.

OPPO Enco Buds2 hadir dengan desain Open Ear yang sudah didesain secara ergonomis agar nyaman ketika digunakan oleh telinga penggunanya. Sementara bobot earpiece kiri dan kanannya masing-masing hanya mencapai 4 gram.

OPPO-Enco-Buds2-HandsOn

Pada saat menyematkannya di telinga, saya sendiri merasa bahwa TWS ini dapat terpasang dengan kuat dan terasa ringan. Eartips bawaan dari perangkat ini sudah secara pas dapat terpasang di lubang telinga.

Namun jika sebagian dari kamu tidak cocok dengan eartips bawaannya, maka dapat menggunakan eartips tambahan berukuran lebih kecil atau lebih besar yang sudah disediakan dalam kotak penjualannya.

OPPO Enco Buds2 pun tidak mudah terjatuh ketika digunakan pada saat berjalan, berlari, maupun berolahraga. Dibekali driver dinamis dengan diafragma komposit besar 10mm, TWS ini dapat menghadirkan suara yang jernih dengan bass yang terdengar kuat.

OPPO-Enco-Buds2-Wearing

Pada saat diatur dengan volume 50%, saya pun dapat mendengarkan suara video maupun lagu secara jelas dengan bass terdengar dengan baik. Bahkan pada saat berada di lingkungan yang banyak orang, saya merasa bahwa earphone TWS ini dapat mengisolasi kebisingan eksternal sehingga meminimalisir terjadinya suara noise.

OPPO Enco Buds2 hadir dengan fitur AI Deep Noise Cancellation yang aktif pada saat panggilan telepon berlangsung. Hal ini membuat saya merasa nyaman ketika melakukan percakapan dengan orang lain karena suara gangguan dari lingkungan sekitar dapat diperkecil sehingga suara yang terdengar pun jernih.

Earphone TWS ini terhubung handphone dengan menggunakan koneksi Bluetooth 5.2 yang dapat menghadirkan suara stabil. OPPO Enco Buds2 mampu terhubung dengan handphone hingga jarak maksimal mencapai 10 meter.

OPPO-Enco-Buds2-Dual-OpenCase

Perangkat ini juga mendukung musik berkualitas tinggi dengan teknologi encoding AAC yang dapat menghasilkan suara jernih. Namun perlu dicatat tidak semua handphone telah mendukung kualitas suara AAC tersebut.

Latensi yang dihadirkan oleh perangkat ini pun bisa dibilang cukup rendah sehingga dapat menyajikan suara dari lagu, video, maupun game dengan lancar. Terdapat juga fitur Game Mode yang memungkinkan latensi menjadi lebih rendah lagi.

Fitur koneksi cepat pun telah didukung oleh OPPO Enco Buds2 untuk handphone OPPO dengan ColorOS 11 atau versi di atasnya sehingga proses penyambungan perangkat ini dapat berjalan dengan sangat cepat.

OPPO-Enco-Buds2-Open

Pada handphone OPPO dengan ColorOS 11 atau versi atasnya sudah bisa langsung menghadirkan fitur Enco Live sound Effects, Earbud controls, dan Camera-relateds setting dari OPPO Enco Buds2.

Namun untuk handphone merek lain harus menggunakan aplikasi HeyTap Melody untuk hal yang sama. Fitur Enco Live Sound Effects memungkinkan saya dapat menentukan efek suara yang sesuai dengan gaya musik yang berbeda. Terdapat tiga pilihan efek pada fitur ini yang terdiri dari Original Sound, Bass boost, dan Clear vocals.

Secara bawaan, efek Original Sound akan aktif di fitur Enco Live Sound karena akan menyajikan efek suara asli yang disesuaikan dengan lagu yang sedang diputar.

OPPO-Enco-Buds2-LiveSound

Sementara efek Bass boost dapat meningkatkan suara bass sehingga cocok diaktifkan ketika lagu tersebut memang memiliki dominasi suara bass.

Lalu Clear Vocals dapat meningkatkan suara treble yang lebih jernih sehingga suara vokal dari penyanyi akan menjadi lebih terdengar dibandingkan efek dari alat musik yang disajikan pada lagu yang didengarkan.

Saya sendiri merasa fitur Enco Live Sound membantu ketika mendengarkan beragam lagu dengan genre yang berbeda dimana saya dapat meningkatkan performa suara bass ketika mendengarkan lagu yang didominasi dengan efek bass.

OPPO-Enco-Buds2-TapControl

OPPO Enco Buds2 juga mempunyai dukungan gesture yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan seperti Sekali ketuk, Dua kali ketuk, Tiga kali ketuk, atau Sentuh dan tahan. Gesture Sekali ketuk di earpiece kiri atau kanan TWS ini dapat dimanfaatkan untuk memainkan atau menghentikan sementara lagu yang sedang diputar.

Selanjutnya, fitur Dua kali ketuk untuk earpiece kiri atau kanan dapat dimanfaatkan untuk memilih salah satu fungsi dari memainkan atau menghentikan sementara lagu, menjalankan lagu sebelum atau sesudahnya, mengaktifkan asisten virtual suara, atau memasuki Game Mode.

Sementara Tiga kali ketuk dapat digunakan untuk beberapa pilihan fungsi seperti memainkan lagu sebelum atau selanjutnya, mengaktifkan asisten virtual suara, dan memasuki Game Mode.

OPPO-Enco-Buds2-Land

Untuk gesture Sentuh serta tahan dapat digunakan untuk meningkatkan atau menurunkan volume suara dari OPPO Enco Buds2. Terdapat juga gesture istimewa ketika saya membuka aplikasi kamera, yakni Dua kali ketuk untuk mengambil foto.

Berbekal baterai 40mAh, earpiece OPPO Enco Buds2 bagian kanan dan kiri sama-sama dapat bertahan selama 6 jam 50 menit dari kondisi 100% ke 10% dengan volume suara sebesar 50% ketika digunakan untuk memainkan musik secara nonstop.

OPPO-Enco-Buds2-Battery

Apabila OPPO Enco Buds2 dimasukkan ke dalam Charging Case, maka daya baterai masing-masing earpiece dapat terisi dari kondisi 10% ke 100% dalam waktu 90 menit atau 1 jam 30 menit.

Tidak hanya sebagai tempat pengisian daya saja, Charging Case memang dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal dari OPPO Enco Buds2 agar dapat meminimalisir dari goresan, kerusakan, maupun kehilangan.

OPPO Enco Buds2 juga telah mendapatkan sertifikasi IPX4 yang membuktikannya telah tahan terhadap debu maupun cipratan air, termasuk tetesan air keringat sehingga dapat digunakan untuk aktivitas olahraga.

OPPO-Enco-Buds2-Layoff

Setelah pemakaian beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO Enco Buds2 dapat digunakan untuk menunjang aktivitas hiburan saya baik mendengarkan musik maupun menonton video.

Pada saat digunakan untuk telepon, earphone TWS ini akan mengaktifkan AI Deep Noise Cancellation sehingga membuat suara pada percakapan terdengar jernih dengan noise yang telah diminimalisir.

Proses penyambungan antara OPPO Enco Buds2 dan handphone pun dapat berjalan dengan cepat, terutama jika menggunakan handphone OPPO dengan ColorOS 11 atau versi di atasnya. OPPO juga menghadirkan fitur gesture dan Enco Live Sound Effect.

Namun apabila handphone merek lain, maka harus menggunakan aplikasi HeyTap Melody agar bisa dapat memunculkan fitur gesture maupun Enco Live Sound Effect. Secara keseluruhan, bisa dibilang OPPO Enco Buds2 layak menjadi salah satu pilihan TWS di kelasnya.

Tinggalkan Komentar