Berita Wearable

Menjajal OPPO Enco Buds2 dan Band 2 di MRT Jakarta, Ini Hasilnya

OPPO Enco Buds2 dan Band 2 Feature

Gadgetren – OPPO pada hari Kamis kemarin menyelenggarakan acara yang bertajuk OPPO Enco Buds2 dan New IoT Experience di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, saya bisa merasakan dan mencoba secara OPPO Enco Buds2 dan OPPO Band2 untuk pengalaman penggunaan di transportasi MRT.

Agar memberikan pengalaman yang lebih mulus, kedua perangkat tersebut pun dihubungkan dengan OPPO Reno8. Untuk OPPO Band 2 ini dihubungkan dengan aplikasi HeyTap Health yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Sementara OPPO Enco Buds2 dapat terhubung dengan cepat menggunakan koneksi Bluetooth tanpa memerlukan aplikasi. Terdapat fitur Open-up Flash Connect yang mempercepat koneksi earphone TWS (True Wireless Stereo) ini dengan handphone.

OPPO Enco Buds 2 dan Band 2 Wear

Pada saat digunakan di telinga, saya merasa bahwa OPPO Enco Buds2 ini memiliki desain yang ergonomis sehingga terasa nyaman dan tidak takut jatuh ketika digunakan dalam waktu yang lama, baik dalam kondisi diam, berjalan, bepergian, maupun berada di transportasi umum.

Sementara earphone TWS ini terasa ringan karena bobotnya yang hanya 4 gram di masing-masing buds kiri dan kanannya yang lebih ringan 0,3 gram dibandingkan selembar kertas A4.

Selain earphone, buku panduan, dan charging casing, terdapat juga dua eartips tambahan pada kotak penjualannya yang dapat disesuaikan dengan besarnya lubang telinga agar terasa nyaman ketika digunakan.

OPPO Enco Buds 2 All

Pada kesempatan tersebut, OPPO mengajak semua peserta untuk mengikuti kuis yang menggunakan Voice Notes yang dikirimkan di Telegram untuk menguji kualitas suara dari OPPO Enco Buds2 dan notifikasi pesan Telegram yang muncul di OPPO Band 2.

Dengan desain bentuk model in-ear dan driver 10mm dynamic driver, saya merasa bahwa suara yang dihasilkan oleh OPPO Enco Buds ini terasa jernih dan jelas ketika mendengarkan Voice Notes kuis dari Telegram dan mendengarkan lagu Spotify walaupun mengatur volume suara handphone hanya 50% saja.

Desain in-ear ergonomis dari TWS ini dikembangkan berdasarkan lebih dari 700 basis data cetakan telinga dari OPPO Labs sehingga desain earbuds ini cocok dengan saluran telinga dan secara efektif dapat mengisolasi kebisingan eksternal.

Apalagi pada saat kondisi sedang banyak orang di MRT maupun jalan raya, suara yang dihasilkan oleh OPPO Enco Buds2 dapat terdengar dengan jelas serta minim noise.

Menariknya TWS ini mempunyai fitur gesture atau kontrol sentuh di bagian pinggir buds, seperti ketuk 2 kali untuk mengambil foto, menjawab maupun menolak panggilan, atau memutar lagu selanjutnya.

OPPO Enco Buds 2 Buds

Sementara ketuk 3 kali dapat digunakan untuk memutar lagu sebelumnya ketika saya sedang mendengarkan lagu maupun video. Adapun sentuh dan tahan dapat digunakan untuk mengecilkan volume. Sebenarnya pintasan ketuk ini sendiri dapat diatur pada saat OPPO Enco Buds2 terhubung dengan handphone.

Dengan baterai 40mAh di buds kiri dan kanannya, pihak OPPO mengklaim bahwa masing-masing buds mampu bertahan selama 7 jam dalam sekali cas. Namun apabila ditambah dengan charging case, maka masing-masing buds mampu memiliki daya tahan total 28 jam.

Sertifikasi IPX4 yang hadir pada perangkat ini sudah membuktikannya telah tahan terhadap cipratan air, termasuk keringat sehingga tidak perlu khawatir ketika muncul keringat di telinga dalam waktu penggunaan yang lama.

Untuk saat ini OPPO Enco Buds2 sudah tersedia dengan pilihan warna Moonlight di Indonesia melalui jaringan penjualan offline maupun online dengan harga Rp399.000. Sementara warna Midnight akan segera tersedia di Tanah Air.

OPPO Enco Buds2 dan Band 2 Wear

Selain OPPO Enco Buds2, OPPO juga memperkenalkan OPPO Band 2 sebagai perangkat IoT (Internet of Things) baru yang segera hadir di Indonesia. OPPO Band2 sendiri merupakan smartband dengan kemampuan berbagai fitur kesehatan dan olahraga yang telah ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Nantinya OPPO Band 2 akan menggantikan smartband OPPO Band yang sudah hadir di Indonesia sejak Maret 2021 silam. Perangkat OPPO Band 2 ini juga telah tercatat pada situs Sertifikasi Postel milik Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan nomor 82447/SDPPI/2022.

OPPO Band 2 SPPI

Sayangnya, OPPO Indonesia belum memberikan detail lebih lanjut mengenai perangkat OPPO Band 2, seperti spesifikasi, fitur unggulan yang diusung, harga dan ketersediaan perangkat ini di Indonesia.

Meskipun begitu, saya telah mencoba OPPO Band 2 sebentar dalam ajang OPPO Enco Buds2 dan New IoT Experience. Menurut saya, perangkat ini terasa ringan ketika disematkan dalam pergelangan tangan sehingga nyaman ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Layar OPPO Band 2 ini dapat memperlihatkan konten dan menu berwarna secara jelas. Semua navigasi perpindahan dan pemilihan menu pada OPPO Band 2 dapat dilakukan secara langsung melalui layarnya.

OPPO Band 2 With Sensor

Notifikasi pesan dari aplikasi chat, seperti Telegram, di handphone dapat dimunculkan pada OPPO Band 2 secara cepat. Sementara halaman utamanya menghadirkan beragam pilihan Watch Band dengan tampilan menarik yang membuat saya tidak bosan.

Bisa dibilang OPPO Enco Buds2 dan OPPO Band 2 ini menjadi pasangan menarik bagi handphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya. Apabila Enco Buds 2 sudah dapat dibeli di Indonesia, namun OPPO Band 2 belum dijual secara di Tanah Air.

Tinggalkan Komentar