ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang HP Xiaomi Biar Tidak Kecolongan

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Xiaomi - Header

Gadgetren – Kita dapat secara mudah melihat daftar aplikasi yang baru dibuka di berbagai macam ponsel buatan Xiaomi. Namun, bagaimana dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Seperti apa yang kita tahu bersama, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga ikut memegang peranan penting dalam pemakaian memori maupun baterai. Semakin banyak jumlahnya maka konsumsi untuk kedua sumber daya tersebut semakin besar.

Mengecek aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar makanya kadang-kadang juga perlu dilakukan supaya kita tidak kecolongan. Bahkan dalam beberapa kasus seperti baterai cepat habis atau ponsel cepat panas, kita perlu menguranginya.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang HP Xiaomi

  • Buka aplikasi Security.
    Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Xiaomi - 1
  • Ketuk menu Boost speed.
    Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Xiaomi - 2
  • Tunggu sampai fitur selesai memindai aplikasi-aplikasi yang berjalan.
  • Cek bagian Running third party apps.
    Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Xiaomi - 3
  • Gulir ke bawah lalu cek juga Running system apps.
    Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Xiaomi - 4

Pada lini ponsel buatan Xiaomi, kita dapat melihat daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan memanfaatkan menu Boost speed di Security. Artinya kita tidak perlu memasang layanan apa pun untuk melakukannya.

Menu Boost speed di Security nantinya akan menampilkan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang baik itu buatan pihak ketiga maupun bawaan sistem. Kita hanya perlu beralih antara bagian Running third party apps atau Running system apps untuk melihat salah satunya.

Misalnya untuk melihat aplikasi pihak ketiga yang berjalan di latar belakang, kita dalam hal ini bisa melihat bagian Running third party apps. Sementara untuk bawaan sistem dapat dicek pada Running system apps yang umumnya diletakkan di bawahnya.

Selain bisa dipakai untuk melihat aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, menu Boost speed di Security juga menyediakan dukungan untuk menutupnya. Kita hanya perlu mengetuk satu-satunya tombol dalam halaman yang ditampilkan.

Dengan mengetuk tombol Boost speed, semua aplikasi yang berjalan akan ditutup oleh sistem. Jadi perangkat nantinya diharapkan mampu berjalan dengan lebih lancar karena memori lebih lega sesuai dengan penamaan menunya.

Sekilas informasi buat kamu yang belum tahu, Security bawaan MIUI menariknya tak hanya menawarkan menu Boost speed saja. Aplikasi ini juga mempunyai beberapa fungsi lain yang bisa membantu kita mengelola mulai dari penyimpanan, pemakaian data, hingga privasi di ponsel Xiaomi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar