Review Handphone

Review OPPO Reno8 5G – Desain Baru yang Menawan

OPPO Reno8 5G

Gadgetren – Setelah bertahun-tahun seri Reno hadir di Indonesia, kini generasi terbarunya OPPO Reno8 5G tampil dengan gaya desain yang lebih segar ditambah dengan pengisian daya baterai super cepat serta dua kamera Sony.

Kamera handphone ini masih mengusung karakteristik seri Reno yaitu dapat menghadirkan foto portrait yang menawan. Selain itu OPPO juga memperbarui kemampuan kameranya terutama di kondisi yang minim cahaya.

Dengan harga yang mencapai Rp7.999.000 membuat OPPO Reno 8 5G sedikit lebih mahal dibanding pendahulunya. Apakah peningkatan harga ini sepadan dengan apa yang ditawarkan? Simak ulasannya berikut ini.

OPPO Reno8 5G
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Ringkasan

OPPO Reno8 5G adalah handphone kelas menengah yang mumpuni untuk berbagai keperluan baik itu sekedar untuk menjalankan berbagai aplikasi, bermain game dengan grafis tinggi, hingga memfoto-foto di malam hari. Desainnya terlihat menawan dan baterainya tahan lama dengan pengisian daya sangat cepat.

Pros

  • Desain menawan
  • Baterai tahan lama
  • Pengisian daya super cepat
  • Performa gegas
  • Kamera utama yang memuaskan

Cons

  • Speaker mono
  • Tidak ada sertifikasi ketahanan air


Desain

OPPO Reno8 5G tampil dengan bagian belakang yang memiliki area tonjolan kamera melengkung dan menyatu dengan bodi handphone. Ditambah dengan bagian sisi yang datar dan warna Shimmer Gold, handphone yang satu ini terlihat mempesona. Istri saya ketika melihat handphone ini pun juga langsung terkesima dengan desainnya.

OPPO Reno8 5G

Warna Shimmer Gold ini bisa terlihat perak, keemasan, atau campuran berbagai warna tergantung sudut melihat dan juga cahaya di sekitar. Ketika diraba bagian belakangnya terasa agak kesat di jari sehingga tidak licin. Ditambah lagi desain ini juga membuat handphonenya tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Selain menarik dipandang, Reno 8 5G juga tetap nyaman ketika digenggam dengan ukuran dan berat yang pas. Walau bagian sisinya mengusung model datar, OPPO menambahkan area yang memiring di tiap sudut handphone agar tidak terasa tajam ketika digenggam di tangan.

OPPO Reno8 5G

Di bagian sisi kirinya terdapat tombol pengatur volume sedangkan untuk tombol power diletakkan di sisi kanan handphone. Di bagian bawahnya terdapat lubang speaker, port USB Type-C, dan slot kartu SIM ganda.

Yang disayangkan adalah Reno8 5G tidak memiliki sertifikasi IP rating yang biasanya ditemukan di handphone lain untuk menunjukkan ketahanan handphone ini dari debu dan air.
Padahal adiknya yakni Reno8 4G memiliki sertifikasi IPX4.

Layar

OPPO Reno8 5G

Reno8 5G mengusung layar AMOLED berukuran 6,4″ yang memiliki resolusi 2400 × 1080 piksel, refresh rate 90Hz, 95% DCI-P3, dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Di bagian sisi kiri atas layar terdapat lubang untuk penempatan kamera depan dari Reno8 5G.

Refresh rate yang disediakan memang tidak setinggi 120Hz namun tampilan layarnya tetap terasa lebih mulus yang mana dikombinasikan dengan animasi di ColorOS yang optimal. Refresh rate ini hanya dapat disetel di dua mode yakni mode 60Hz dan 90Hz saja tanpa ada opsi refresh rate dinamis.

Tingkat kecerahan layar maksimal yang disajikan oleh layar handphone ini mencapai 800 nits, tergolong cukup cerah ketika saya gunakan sehari-hari termasuk ketika di bawah terik matahari. Tampilan yang dihasilkan oleh layarnya juga terlihat jelas dan tajam.

Performa

OPPO Reno8 5G

OPPO menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1300 dan RAM 8GB LPDDR4x untuk dapur pacu handphone yang satu ini. Hasilnya, performa handphone terasa cukup gegas. Membuka berbagai aplikasi yang sering saya gunakan terasa lancar tanpa kendala.

Ketika digunakan untuk bermain game yang haus performa seperti Genshin Impact, Reno8 5G masih dapat menjalankannya dengan mulus di setelan grafis tertinggi. Digunakan untuk waktu yang lama pun handphone ini tidak terasa terlalu panas, masih dapat diterima lah panasnya di tangan saya.

Hasil Benchmark

  • AnTuTu: 602.598
  • Geekbench Single-Core: 590
  • Geekbench Multi-Core: 2.668

Untuk sistem operasinya, Reno8 5G menggunakan ColorOS 12.1 yang berbasis Android 12. Saya sendiri menyukai tampilan dan animasi-animasi yang ada pada ColorOS 12.1, terlihat sederhana dan mulus. Selain itu juga saya tidak menemukan bloatware yang mengganggu.

Handphone ini tidak menyediakan slot untuk kartu MicroSD. Namun begitu ini tidak menjadi masalah karena kapasitas penyimpanan internal yang disediakan sudah sangat besar yakni 256GB. Penyimpanan internal ini juga dapat digunakan sebagai RAM virtual tambahan hingga 5GB untuk menunjang RAM utamanya.

Soal speaker, Reno8 5G hanya dilengkapi oleh satu speaker saja di bagian bawah handphone. Suaranya cukup kencang walau sebetulnya akan lebih baik lagi jika mengusung speaker stereo.

Baterai

OPPO Reno8 5G

Untuk daya tahan baterainya terbilang cukup lama dengan baterai berkapasitas 4.500mAh. Saya bisa mendapatkan screen on time selama hampir 4,5 jam dari baterai 100% ke 10% untuk penggunaan rutin saya.

Ketika dites menggunakan aplikasi PC Mark di setelan kecerahan layar 50%, refresh rate 60Hz, dan baterai dari 100%, handphone ini mendapatkan skor ketahanan daya baterai 14 jam 32 menit. Tes yang sama di refresh rate 90Hz hasilnya 13 jam 35 menit. Skor ini di atas rata-rata handphone lain yang pernah diuji coba oleh tim Gadgetren.

Selain daya tahan baterainya yang memuaskan, Reno8 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya cepat 80W SUPERVOOC. Untungnya OPPO masih menyediakan charger bawaan yang cocok dengan teknologi pengisian daya tersebut. Ketika diisi daya baterainya dari level 5% ke 100%, hanya memerlukan waktu 32 menit saja yang mana tergolong sangat cepat.

Kamera

OPPO Reno8 5G

Di sektor fotografi, Reno8 5G menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP Sony IMX766, ultrawide 8MP, dan makro 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan kamera 32MP Sony IMX709.

Kamera utama Reno8 5G mampu menghasilkan foto yang memuaskan baik itu di siang maupun malam hari. Warna yang dihasilkan terlihat cukup akurat seperti aslinya.

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Di malam hari, fotonya terlihat tetap tajam dan jernih. Aplikasi kameranya pun di situasi tertentu dapat secara otomatis menggunakan mode malam agar hasil fotonya lebih jernih lagi.

Jika diinginkan, mode malam ini tetap dapat diaktifkan secara manual di aplikasi kamera Reno8 5G. Lebih lanjut seputar hasil jepretan kamera utama Reno8 5G di malam hari pernah saya tulis di artikel sebelumnya.

Salah satu keunggulan kamera handphone Reno termasuk Reno8 5G terletak pada fitur portrait-nya. Kameranya dapat menghasilkan efek bokeh yang rapi dan tersedia beberapa mode portrait yang menarik seperti AI Color Portrait serta Bokeh Flare Portrait agar fotonya tampil beda.

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Bokeh Flare Portrait

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

AI Color Portrait

Kamera ultrawide di Reno8 5G mampu menjepret foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Kualitas foto yang disajikan memang tidak sebaik kamera utamanya namun cukup memuaskan untuk sebuah kamera ultrawide. Sayangnya di kondisi minim cahaya, noise lebih terlihat terutama di bagian sisi-sisi foto.

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Kamera belakang terakhir adalah kamera makro yang jujur saja ini tampaknya lebih agar kameranya terlihat banyak. Memang tidak bisa berharap lebih dari sebuah kamera makro beresolusi 2MP.

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Untuk kamera depannya di Reno8 5G dapat menghasilkan foto dengan detail pada wajah yang terekam dengan baik. Layaknya handphone OPPO, tersedia berbagai fitur untuk mengubah wajah agar terlihat lebih halus hingga diubah bentuk wajah sesuai keinginan. Fitur Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait pun kembali hadir untuk kamera depan ini.

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Hasil Kamera OPPO Reno8 5G

Soal perekaman video, kamera utama Reno8 5G dapat menghasilkan video yang cukup baik di siang maupun malam hari. Fitur Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait juga kembali tersedia untuk mode perekaman video walau hasilnya tidak serapi di mode foto.

Sayangnya untuk video hasil kamera depan di situasi yang cukup terang entah kenapa bagian latarnya menjadi terlalu terang bahkan setelah fitur AI sudah dimatikan. Namun ketika saya bergerak ke area yang teduh di bawah pepohonan, kualitas videonya menjadi terlihat lebih baik.



Kesimpulan

OPPO Reno8 5G

OPPO Reno8 5G adalah handphone kelas menengah yang mumpuni untuk berbagai keperluan baik itu sekedar untuk menjalankan berbagai aplikasi, bermain game dengan grafis tinggi, hingga memfoto-foto di malam hari.

Desainnya pun terlihat menawan berkat sisi yang datar dan warna Shimmer Gold. Selain itu juga baterainya tahan lama dengan pengisian daya sangat cepat yang untungnya masih disediakan charger oleh OPPO.

Sayangnya handphone ini hanya menyajikan speaker mono dan belum mendukung sertifikasi ketahanan air yang mana kini sudah umum ditemukan di berbagai handphone di pasaran.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 5G

Dimensi & Berat73,4 x 160 x 7,67mm, 179g
WarnaShimmer Black, Shimmer Gold
LayarAMOLED 6,4″
2400 x 1080 piksel, refresh rate 90Hz, 95% DCI-P3, 800 nits
Sistem OperasiAndroid 12 (ColorOS 12.1)
MemoriRAM 8GB LPPDR4x, penyimpanan internal 256GB
ChipsetMediaTek Dimensity 1300
Kamera Belakang50MP wide-angle Sony IMX766, f/1.8, 1/1.56″, FOV 86°
8MP ulrawide-angle, f/2.2, FOV 112°
2MP makro
Kamera Depan32MP Sony IMX709, f/2.4, 1/2.74″, FOV 85°
Baterai4.500mAh, 80W SUPERVOOC
Jaringan4G, 5G
KonektivitasWi-Fi 6, Wi-Fi 5, Bluetooth v5.3
KonektorUSB Type-C
SensorSensor geomagnetik, sensor cahaya, sensor jarak, sensor optik, akselerometer, sensor gravitasi, giroskop
GPSGPS, A-GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo, QZSS
SpeakerSpeaker mono
HargaRp7.999.000

Tinggalkan Komentar