Review

Review ColorOS 12.1 – Nyaman di Mata, Mudah Untuk Navigasi

OPPO Reno8 Display

Gadgetren – ColorOS 12.1 yang hadir di Reno8 menggunakan Infinite Design yang dirancang OPPO dengan menghadirkan visual yang sederhana. Dengan visual ini memberikan kenyamanan pada mata kita sekaligus kemudahaan pada saat melakukan navigasi, pengaturan sistem, memilih menu, menonton video, dan memainkan game.

Ikon aplikasi yang hadir pada halaman Home Screen dirancang senyaman mungkin untuk dilihat. Selain itu, jarak antar ikon dibuat lebih lega dibandingkan ColorOS generasi sebelumnya agar tidak terlihat bertabrakan.

Dibandingkan ColorOS 11, sistem operasi modifikasi ini memiliki animasi transisi perpindahan antara saat memilih ikon dan masuk ke dalam aplikasi yang terasa lebih mengalir. Animasi ini juga terasa ketika saya memilih menu pada sistem pengaturan, membuka notifikasi, maupun Quick Settings.

OPPO Reno8 - ColorOS 12-1

Berkat pengguna refresh rate 90Hz, saya bisa menyaksikan gerakan transisi halaman Home Screen di ColorOS 12.1 dan animasi memainkan game yang lebih halus pada OPPO Reno8  dibandingkan handphone OPPO yang menggunakan refresh rate 60Hz.

Sebenarnya layar OPPO Reno8 ini bisa diatur menggunakan refresh rate 60Hz namun karena sudah terbiasa menggunakan refresh rate 90Hz membuat saya lebih senang menggunakan refresh rate 90Hz dari perangkat ini.

Pada aplikasi Settings bawaan ColorOS 12.1 terdapat halaman Personalizations yang berisikan kumpulan pengaturan untuk membuat tampilan pada handphone Reno8 dipersonalisasikan sesuai dengan keinginan diri sendiri.

ColorOS 12-1 - Personalizations

Dalam halaman Personalizations, terdapat pengaturan untuk memilih Wallpaper, tema, ikon, desain Quick Settings, warna dari keseluruhan tampilan antarmuka, Always on Display, ukuran serta jenis font, animasi untuk sensor fingerprint, Edge Lighting, dan Breathing Lighting.

Always on Display ini hanya tersedia untuk handphone OPPO dengan layar yang berteknologi AMOLED atau OLED seperti Reno8 karena merupakan tampilan interaktif yang digunakan untuk menampilkan informasi waktu dan notifikasi pesan, namun hemat daya berkat latar belakangnya didominasi warna hitam.

Seperti kita ketahui bersama bahwa apabila yang ditampilkan warna hitam, maka layar AMOLED atau OLED akan mematikan pikselnya sehingga mengurangi konsumsi energi pada handphone.

ColorOS 12-1 - AOD Fingerprint Orbit Light

Sementara animasi untuk sensor fingerprint hanya dihadirkan pada saat handphone, seperti Reno8, dilengkapi dengan fitur sensor fingerprint di bawah layar. Sedangkan Breathing Lighting hadir ketika sebuah handphone memiliki fitur Orbit Light, seperti Reno8.

Apabila bosan dengan tampilan antarmuka dari tema bawaan ColorOS 12.1, maka saya dapat mengunduh lebih banyak tema lagi yang dikembangkan oleh beragam kreator dari berbagai negara pada Theme Store.

ColorOS 12-1 - Tools

Menurut saya ColorOS 12.1 ini minim bloatware sehingga saya tidak terganggu ketika menggunakannya. Sementara itu terdapat beberapa aplikasi tool penting, seperti Recorder, Calculator, Phone Manager, Compass, dan Contacts yang dapat menunjang rutinitas harian saya ketika dibutuhkan.

Beberapa fitur yang saya sering gunakan pada ColorOS 12.1 ini terdiri dari Dark Mode, App Cloner, Split Screen, Screenshot 3 jari, dan Focus Mode. Pada saat Dark Mode diaktifkan, maka tampilan latar belakang pada sistem ColorOS 12.1 dan beberapa aplikasi akan menjadi gelap atau hitam sehingga membuat mata nyaman ketika konten dilihat di kondisi redup atau malam hari.

Untuk App Cloner memudahkan saya dalam menggunakan dua akun media sosial sekaligus karena aplikasi, seperti Facebook, WhatsApp, dan lainnya akan digandakan atau cloning pada sistem ColorOS 12.1 di OPPO Reno8 4G.

ColorOS 12-1 - Fitur Sering Dipakai

Berkat fitur Split Screen memudahkan saya menjalankan dua aplikasi sekaligus pada Reno8 4G karena layar akan terbagi menjadi dua bagian untuk setengah bagian atas dan sisanya bagian bawah.

Misalnya saja saya melakukan chat di WhatsApp sambil menonton video di YouTube dapat dilakukan secara langsung pada layar Reno8 4G. Sementara Screenshot 3 jari memudahkan saya mengambil screenshot pada area yang ditentukan di layar hanya dengan menyapu atau swipe layar dari bagian atas ke bawah menggunakan gesture 3 jari yang dirapatkan.

Adapun fitur Focus Mode dapat membuat saya fokus ketika melakukan pekerjaan dalam aktivitas sehari-hari. Pada saat Focus Mode diaktifkan, maka saya dapat menentukan aplikasi mana saja yang tidak dapat diakses dalam waktu tertentu.

ColorOS 12-1 - Security

Untuk menjaga keamanan dari pengguna, OPPO sudah membenamkan beragam fitur Security mulai dari PIN, Pattern, Password, sensor fingerprint di dalam layar, Face Unlock, App Lock, Hide Apps, Private Safe, dan Payment Protection yang pembahasan lengkapnya dapat disimak pada artikel pembahasan sebelumnya.

Tidak lupa, OPPO juga telah membenamkan fitur Game Mode pada ColorOS 12.1 yang mampu meningkatkan performa Reno8 ketika game sedang dijalankan. Untuk mengaktifkan fitur ini, game maupun aplikasi harus sudah masuk ke dalam folder Games yang ada di halaman Home Screen.

Namun rata-rata game yang diinstal pada Reno8 akan secara otomatis masuk ke dalam folder Games tersebut. Nantinya, Game Mode ini dapat diatur melalui Game Assistant yang muncul pada saat game dijalankan.

ColorOS 12-1 - Game Assistant

Pada saat game dijalankan, Game Assistant akan bersembunyi di bagian kiri layar Reno8 sehingga menu ini dapat dibuka dengan menyapu atau swipe dengan menggunakan satu jari.

Pada menu Game Assistant terdapat beberapa fitur, seperti Performance Settings, Game Focus Mode, Notification, Screen Recording, Touch Optimizations, System status, Auto resolution, Voice Changer, Orientation lock, dan Floating Message.

ColorOS 12-1 - Performance Mode

Performance Settings memungkinkan saya dapat mengatur performa OPPO Reno8 sesuai dengan kebutuhan mulai dari Low power Mode, Balance mode, dan Pro Gamer mode. Apabila ingin seimbang antara performa dan konsumsi daya baterai, maka gunakan Balance mode.

Sementara jika menginginkan performa yang cepat dan minim lag, maka aktifkan Pro Gamer mode. Namun mode ini akan menguras penggunaan energi dari Reno8 karena memaksimalkan performa yang dimiliki.

Untuk Game Focus Mode memungkinkan pemain dapat fokus terhadap jalannya pertandingan game karena sistem telah memblokir Game Assistant, Quick Settings, notifikasi, telepon, alarm, dab gesture untuk navigasi.

ColorOS 12-1 - System Status

System Status dapat menampilkan data melayang di layar mengenai kecepatan FPS, penggunaan GPU, serta CPU ketika game dengan berjalan.  Terdapat fitur Touch Optimization yang dapat meningkatkan atau mengurangi responsivitas sentuhan terhadap layar agar disesuaikan dengan kenyamanan pada saat bermain game.

Bisa dibilang hadirnya fitur Game Mode dan Game Assistant ini memungkinkan saya dapat memainkan game pada Reno8 dengan performa yang nyaman dan minim terjadinya patah-patah, terutama pada saat semua karakter pemain muncul di satu area yang sama.

Secara keseluruhan, ColorOS 12.1 ini mampu menghadirkan tampilan antarmuka yang bersahabat sehingga memudahkan untuk digunakan oleh pengguna baru OPPO Reno 8 sekalipun. Apalagi terdapat juga beragam fitur dalam ColorOS 12.1 yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari maupun meningkatkan performa ketika menjalankan game sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunaan.

Tinggalkan Komentar