Review Laptop / PC

Review MSI Summit E13 Flip Evo A12MT – Laptop yang Cocok untuk Menemani Kerja

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

Gadgetren – MSI Summit E13 Flip Evo A12MT-046ID adalah sebuah laptop yang bisa langsung ditebak bahwa laptop ini ditujukan untuk pekerja profesional. Kesan ini langsung terasa ketika melihat desain laptopnya yang modern namun tidak mencolok.

Laptop ini menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari dengan lancar seperti performa yang gegas, layar luas, hingga fitur-fitur keamanan dan privasi untuk menjaga data yang ada di laptop ini.

Untuk membuatnya lebih menarik lagi bagi pekerja, MSI menyematkan MSI Pen pada laptop yang satu ini sehingga laptopnya dapat digunakan untuk kegiatan tulis menulis atau menggambar.

MSI Summit E13 Flip Evo A12MT
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Ringkasan

MSI Summit E13 Flip Evo A12MT menyajikan performa yang tinggi, fitur privasi dan keamanan, serta mendukung input sentuhan yang membuatnya sangat menarik untuk para pekerja profesional. Ditambah lagi terdapat MSI Pen untuk memanfaatkan lebih jauh layar sentuh pada laptop ini.

Pros

  • Performa gegas
  • Layar sentuh yang terlihat luas
  • Disediakan pena digital MSI Pen
  • Terdapat fitur keamanan dan privasi tambahan
  • Desain premium

Cons

  • Area dekat engsel layar mudah panas
  • Tombol panah terlalu kecil


Desain

Summit E13 Flip Evo mengeluarkan aura profesional dan elegan melalui balutan warna hitam dan aksen emas pada bodi laptop ini. Laptop ini pun terasa kokoh dan premium yang mana telah lolos uji ketahanan militer MIL-STD-810G.

Ketebalan yang dimiliki oleh laptop ini cukup tipis yaitu hanya 14,9mm dan berat yang cukup ringan mencapai 1,35 kg yang membuatnya dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.  Pengalaman saya membawa laptop ini dalam tas untuk pekerjaan sehari-hari tidak begitu terasa memberatkan punggung.

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

Di sisi kiri laptop terdapat dua port USB Type-C Thunderbolt 4 yang mana dapat digunakan untuk mengecas laptopnya serta sebuah port USB 3.2 Type-A. Di sisi kanannya terdapat audio combo jack, HDMI, pembaca kartu MicroSD, dan saklar pengunci webcam. Saklar pengunci webcam ini dapat menonaktifkan webcam yang ada pada laptop secara software.

Untuk slot MicroSD-nya mengusung model tertutup sehingga perlu semacam pin ejector untuk membukanya. Agak merepotkan mungkin bagi mereka yang pekerjaannya berkaitan dengan sering copot pasang MicroSD.

Keyboard

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

Keyboard pada MSI Summit E13 Flip Evo memiliki tombol yang terasa nyaman di jari dan ukuran yang pas untuk mayoritas tombol. Hanya saja ada satu yang mengganjal, tombol navigasi panah pada laptop ini berukuran sangat kecil kecil serta mepet dengan tombol Page Up dan Page Down. Sering kali saya jadi tidak sengaja memencet tombol Page Up / Page Down.

Ditambah lagi MSI juga memilih untuk menyematkan tombol “\” dua kali dibandingkan menyediakan tombol lain yang lebih bermanfaat. Di luar itu saya puas dengan keyboard laptop ini. Ditambah lagi keyboard-nya teriluminasi oleh lampu latar yang bisa disesuaikan tingkat kecerahan cahayanya.

Untuk touchpad-nya memiliki ukuran yang cukup lebar sehingga saya lebih leluasa dalam menggerakkan jari. Permukaan touchpad terasa halus ketika disentuh oleh jari saya dan juga responsif. Ketika dipencet pun touchpad-nya memberikan feedback yang pas ke jari.

Di sebelah kanan touchpad terdapat pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk login langsung ke Windows tanpa perlu memasukkan password. Selain dengan pemindai sidik jari, laptop ini juga dapat login menggunakan pemindaian wajah dengan sensor infra merah yang terpasang di atas layar laptop.

Layar

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

MSI Summit E13 Flip Evo mengusung layar IPS-Level berukuran 13,4″ dengan resolusi 1920×1200. Resolusi unik ini yang mana memiliki rasio 16:10 membuat layarnya dapat menampilkan konten dengan lebih luas.

Rasio layar ini memuaskan ketika digunakan untuk mengedit dokumen, tidak terasa sempit seperti rasio layar laptop tradisional 16:9. Minusnya adalah ketika menonton konten video kemungkinan besar akan terlihat kotak hitam di sisi atas dan bawah layar.

Layarnya walau belum mendukung resolusi yang tinggi namun kualitasnya sudah cukup memuaskan dan cerah bahkan ketika digunakan di luar ruangan. Ditambah lagi mendukung refresh rate 120 Hz sehingga tampilan animasi pada layar terlihat mulus.

Layar ini juga mendukung input sentuhan dan dapat dilipat hingga 360° sehingga berubah bentuk menjadi tablet atau tenda sesuai kebutuhan. Untuk memanfaatkan layar sentuh ini, Summit E13 Flip Evo mendukung MSI Pen sudah disediakan dalam paket penjualan laptopnya.

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

MSI Pen ini memiliki ukuran yang pas di jari sehingga membuatnya nyaman ketika digunakan dan juga dapat ditempel secara magnetik di sisi kiri laptop. Magnet ini terasa cukup kuat sehingga saya tidak khawatir MSI Pen-nya tidak sengaja lepas. Selama saya bawa di dalam tas pun MSI Pen masih tetap menempel di laptopnya.

Di ujung MSI Pen terdapat tombol yang memiliki dua fungsi yakni menghapus jika dipencet bagian depannya dan berfungsi layaknya klik kanan mouse jika dipencet bagian belakangnya. Di bagian atasnya juga terdapat tombol yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi tertentu seperti mengganti halaman presentasi.

Ujung pulpen pada MSI Pen dapat diganti dengan dua ujung pulpen tambahan yang tersedia yakni yang berbentuk tajam layaknya pena dan bulat layaknya ujung krayon.

Menumpahkan ide-ide saya dalam bentuk tulisan terasa lebih memuaskan menggunakan MSI Pen ini dibandingkan harus mengetik. MSI Pen ini juga pastinya sangat bermanfaat bagi pekerja yang perlu melakukan tanda tangan digital.

Performa

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

Di sisi performa, laptop yang satu ini sudah sangat kencang berkat digunakannya prosesor Intel Core i7-1280P dan DDR5 16GB. Sejauh saya gunakan, saya belum menemukan kendala dari sisi performa untuk pekerjaan saya sehari-hari seperti membuka banyak tab di browser Chrome, membuka aplikasi Office, hingga mengedit gambar.

Ditambah lagi kapasitas penyimpanan yang disediakan sangat luas yaitu mencapai 1TB dengan teknologi NVMe PCIe Gen4x4 SSD yang mana berarti memiliki kecepatan baca tulis data yang sangat cepat. Daya tahan baterainya terbilang standar, dengan setelan kecerahan layar 50% saya bisa menggunakan laptop ini selama 4 jam dari level baterai 100% ke 10%.

Perlu dicatat, tidak ada kartu grafis khusus dalam laptop ini dan hanya menggunakan Iris Xe Graphics. Oleh karena itu laptop ini tidak cocok digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan pengolah grafis secara intenstif seperti game dengan grafis papan atas.

Untuk kebutuhan panggilan video, MSI menyematkan kamera beresolusi 1080p dengan 30 FPS yang hasil rekamannya terlihat cukup tajam dan jelas untuk sebuah laptop. Ditambah lagi terdapat empat mikrofon di bagian atas layar yang memiliki fitur peredaman suara. Fitur ini cukup sukses meredam suara latar di sekitar saya ketika diaktifkan.

Selama menggunakan laptop ini, seringkali bunyi kipasnya terdengar dan bagian belakang laptop terasa panas terutama di area antara keyboard dan engsel layar. Untungnya panas ini tidak menyebar ke bagian keyboard sehingga laptopnya tetap terasa nyaman. Namun begitu perlu hati-hati ketika menggunakan laptop ini di mode tablet karena besar kemungkinan akan menyentuh area panas.

Fitur

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

MSI Summit E13 Flip Evo memiliki beragam fitur tambahan untuk menunjang aktivitas kerja sehari-hari terutama dari sisi keamanan dan privasi. Salah satu yang menarik adalah Tobii Aware yang dapat otomatis mengaburkan tampilan layar ketika saya sedang tidak melihat laptop atau ketika ada orang lain yang mengintip layar laptop.

Fitur ini memang bermanfaat untuk menjaga privasi namun sayangnya ada dua kekurangan yakni salah satunya kamera laptop akan selalu aktif. Ini mungkin akan membuat sebagian orang khawatir kameranya bisa disalahgunakan.

Yang kedua adalah lampu notifikasi kamera akan selalu berkedip yang mana cukup mengganggu ketika sedang menggunakan laptopnya. Karena dua hal inilah saya memilih fitur tersebut dimatikan.

Satu fitur menarik lain adalah Tile yang mana dapat mempermudah untuk mencari laptop ini ketika hilang atau terselip. Yang lebih canggih lagi adalah fitur ini tetap aktif bahkan ketika laptop dalam kondisi mati.

Fitur Tile ini dapat dikontrol melalui aplikasi Tile di handphone dan menggunakan teknologi Bluetooth untuk mencari laptopnya. Laptop nantinya dapat dibunyikan selama jarak antara laptop dengan handphone kurang dari 30,5 meter dan tidak ada gangguan koneksi Bluetooth.

Selain kedua fitur di atas, Summit E13 Flip Evo juga sudah dilengkapi dengan TPM 2.0 berbasis hardware yang mana adalah syarat untuk menggunakan sistem operasi Windows 11.

Kesimpulan

MSI Summit E13 Flip Evo A12M

Kalau kamu mencari laptop untuk kerja sehari-hari dengan performa yang tinggi, memiliki fitur privasi dan keamanan, serta mendukung input sentuhan, MSI Summit E13 Flip Evo A12MT adalah pilihan yang sangat menarik. Ditambah lagi MSI memberikan MSI Pen untuk memanfaatkan lebih jauh layar sentuh laptop ini.

Harga ritelnya mencapai Rp24.999.000 yang mana relatif agak mahal namun menurut saya sesuai dengan apa yang ditawarkan. Yang saya sayangkan dari laptop ini adalah tombol panahnya yang terlalu kecil dan area dekat engsel layar mudah terasa panas.

Harga dan Spesifikasi MSI Summit E13 Flip Evo A12MT-046ID

Dimensi & Berat300,2 x 222,25 x 14,9mm, 1,35kg
WarnaInk Black
LayarIPS-Level 13.4″, FHD (1920×1200), 120Hz, 100% sRGB, touch screen
Sistem OperasiWindows 11 Home
Memori 16GB DDR5
1TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD
ProsesorIntel Alder Lake i7-1280P
GrafikIris Xe Graphics
KameraKamera IR FHD
Baterai70WHr, 4-Cell
KonektivitasIntel Killer AX Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2
Port2x USB Type-C (Thunderbolt 4)
1x USB3.1 Gen1 Type-A
1x HDMI
1x 3.5mm jack audio
1x pembaca kartu Micro SD
FiturMSI Pen
HargaRp24.999.000

Tinggalkan Komentar