Review Handphone

Review vivo X80 Pro – Kamera Memuaskan dan Pemindai Sidik Jari yang Canggih

vivo X80 Pro

vivo di tahun 2022 ini cukup berani dengan merilis handphone termahalnya melalui vivo X80 Pro yang dibanderol dengan harga Rp15.999.000. Harga ini jauh lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya yang rilis di Indonesia.

Dengan ini vivo telah bergabung dengan beberapa merek lainnya di kelas handphone berharga premium. Tapi apakah harga yang tinggi ini sepadan dengan apa yang ditawarkan?

Melihat kualitas kamera yang disajikan, desain, dan performanya, ya handphone ini menurut saya pas di harga tersebut. Hanya saja saya merasa di sisi software masih ada yang perlu dipoles oleh vivo.

vivo X80 Pro
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 10/10
    10/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Ringkasan

vivo X80 Pro adalah handphone flagship yang mengagumkan terutama jika kamu senang foto-foto atau merekam video. Selain itu handphone ini memiliki performa yang tangguh, layar memukau, dan pemindai sidik jari yang luas serta sangat cepat responsnya.

Pros

  • Kamera yang sangat memuaskan
  • Pemidai sidik jari yang lebih canggih
  • Performa gegas
  • Desain menawan

Cons

  • Funtouch OS 12 terasa kurang dipoles
  • Dynamic refresh rate kurang stabil


Desain

vivo X80 Pro

vivo X80 Pro sekilas terlihat seperti handphone modern jaman sekarang yang mana terdiri dari dua lapis kaca dengan frame aluminium. Namun vivo melakukan loncatan desain untuk vivo X80 Pro ini dengan tonjolan kamera yang cukup besar dan reflektif di bagiannya belakangnya. Area tonjolan ini sendiri memakan sekitar sepertiga bagian belakang handphone-nya.

Handphone ini cukup besar dan terasa agak berat tapi untungnya ketika digenggam terasa nyaman berkat lengkungan di berbagai sisi. Hanya ada satu varian warna vivo X80 Pro yaitu Cosmic Black yang mungkin akan membuat sebagian orang kecewa. Tapi, saya bisa bilang warna hitam ini sangat menawan.

Hitamnya bukan matte biasa melainkan terlihat ada kilauan-kilauan kecil yang membuatnya terlihat seperti ada sinar-sinar bintang sesuai nama warnanya. Ditambah lagi sangat susah untuk mengotori bagian belakang handphone ini dengan sidik jari atau debu kecuali area tonjolan kamera yang mengkilap.

vivo X80 Pro

Menariknya vivo masih menyediakan casing bawaan untuk handphone ini. Casing-nya terlihat ramping dengan bagian sisi yang bolong sehingga tidak maksimal dalam memproteksi handphone.  Namun bagian belakang casing ini memiliki tekstur yang mirip kulit sehingga terasa lembut ketika digenggam.

Di bagian sisi handphone ini selain terdapat komponen standar seperti pengatur volume, power, USB-C, lubang speaker, dan slot kartu SIM juga uniknya terdapat port infrared yang jarang ditemukan di handphone premium.

Layar

vivo X80 Pro

Di sektor layar, vivo X80 Pro menggunakan layar AMOLED berukuran 6,78″ yang melengkung di bagian sisi serta mendukung resolusi 3200×1440 piksel, kecerahan layar 1500 nits, dan HDR 10+.

Tampilan layarnya memanjakan mata yang mana terlihat cerah, tajam, dan warna yang memukau. Tampilan animasi pada layar pun terlihat mulus berkat refresh rate 120Hz. Refresh rate ini bisa disetel di 60Hz, 120Hz, atau di mode Smart Switch yang menyesuaikan dengan situasi penggunaan.

Sayangnya mode Smart Switch ini kurang sempurna implementasinya. Contohnya ketika saya sedang menggunakan aplikasi seperti Gmail dan Google Keep, layar handphone ini terlihat menggunakan refresh rate yang rendah sehingga ketika saya menggulir konten di aplikasi tersebut terlihat tidak halus.

Di dalam layar vivo X80 Pro terdapat pemindai sidik jari ultrasonik tercanggih yang pernah saya gunakan. Proses pemindaian sidik jari sangat cepat, bahkan hampir instan. Area pemindai sidik jarinya pun lebih luas dibanding pemindai sidik jari bawah layar biasa.

Luasnya area pemindaian ini dikreasikan oleh vivo untuk fungsi tambahan seperti langsung mengakses sebuah aplikasi ketika jari ditekan di area tertentu dan juga pemindaian dua jari sekaligus untuk mengakses fungsi privasi di dalam handphone-nya.

Performa

vivo X80 Pro

Untuk dapur pacu di vivo X80 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 12GB dan penyimpanan internal UFS3.1 sebesar 256GB. Perlu dicatat tidak ada selot microSD di handphone ini.

Performanya kencang untuk penggunaan sehari-hari saya seperti untuk berjejaring sosial hingga mengedit dokumen. Saya gunakan untuk bermain game Genshin Impact di setelan grafis tinggi, handphone ini dapat menjalankannya dengan baik tanpa kendala. Handphone-nya pun tidak terasa terlalu panas setelah saya mainkan sekitar setengah jam.

Hasil Benchmark

  • AnTuTu 9.4.1: 998.711
  • GeekBench 5 Single Core: 1.236
  • GeekBench 5 Multi Core: 3.651

Handphone ini juga dilengkapi dengan speaker stereo yang suaranya cukup memuaskan bahkan di setelan volume tinggi. Menariknya lagi, motor vibrasi yang ada di dalam vivo X80 Pro dapat menghasilkan getaran yang terasa mengasyikkan.

Di sisi software, vivo X80 Pro menggunakan Funtouch OS 12 yang berbasis sistem operasi Android 12. Funtouch OS 12 menghadirkan antarmuka sederhana dan mudah digunakan. Ditambah lagi tersedia berbagai fitur menarik seperti enkripsi aplikasi, Ultra Game Mode, dan kloning aplikasi.

vivo X80 Pro

Sayangnya beberapa bloatware di handphone ini cukup mengganggu dan salah satunya adalah aplikasi V-Appstore yang rajin mengirimkan berbagai notifikasi spam tapi untungnya bisa dimatikan dengan mudah.

Yang agak sulit dikontrol adalah aplikasi iManager. Fungsi aplikasi ini sebetulnya bagus yaitu untuk mengatur berbagai fungsi handphone di satu tempat, namun sayangnya ada fitur pemindaian aplikasi yang dipaksa aktif.

Pemindaian aplikasi ini akan otomatis berjalan ketika ada aplikasi baru yang diinstal dan handphone ini akan menampilkan halaman pemindain yang dijejali iklan instal aplikasi. Yang semakin membingungkan saya adalah fitur ini setelah beberapa waktu saya gunakan menjadi nonaktif dengan sendirinya.

vivo X80 Pro - Funtouch OS 12

Soal ketahanan daya baterainya, vivo X80 Pro dapat bertahan dengan screen on time sekitar 4 jam dari baterai di level 100% ke 15% di mode refresh rate 120Hz. Terbilang cukup memuaskan melihat kapasitas baterainya hanya 4.700mAh.

Pada pengetesan baterai menggunakan aplikasi PC Mark di setelan kecerahan layar 50%, baterai 100%, dan refresh rate 120Hz handphone ini meraih skor 14 jam 16 menit. Tes yang sama namun dengan refresh rate 60Hz menghasilkan skor 14 jam 40 menit.

Untuk pengisian dayanya, handphone ini mendukung pengisian daya cepat 80W melalui kabel dan 50W secara nirkabel. vivo untungnya masih menyediakan charger bawaan yang dapat memanfaatkan pengisian daya cepat tersebut. Ketika diisi daya baterainya menggunakan charger bawaan, hanya perlu waktu 36 menit dari baterai 10% ke 100%.

Kamera

vivo X80 Pro

Satu bagian yang paling mencolok dari vivo X80 Pro adalah kameranya. Selain karena tonjolan kamera yang besar, vivo kembali berkolaborasi dengan ZEISS di handphone yang satu ini. vivo juga menggunakan chip pencitraan vivo V1+ di dalamnya dan kamera utama 50MP Ultra-Sensing GNV Sensor.

Hasilnya, vivo X80 Pro dapat menghasilkan foto yang bagus bahkan di kondisi gelap dan proses pemotretannya pun berlangsung cepat. Saya terkesima dengan hasil kamera ini di malam hari apalagi setelah menggunakan mode Night yang membuatnya tampil lebih jernih tanpa membuat foto terlalu terang.

vivo X80 Pro Kamera

Auto

vivo X80 Pro Kamera

Mode Malam

Jika di kondisi gelap saja sudah bagus, hasil foto di kondisi terang sudah pasti terlihat bagus juga. Perlu dicatat, secara bawaan vivo X80 Pro akan menghasilkan foto dengan kalibrasi warna ZEISS Natural Color yang ditujukan agar foto terlihat natural.

vivo X80 Pro Kamera

vivo X80 Pro Kamera

vivo X80 Pro Kamera

Memang beberapa foto saya lihat hasilnya lebih mendekati natural dibandingkan mode tersebut dinonaktifkan, namun di beberapa kasus warna pada foto malah terlihat aneh. Contohnya pada foto salad berisi potongan wortel di bawah ini, warna wortel malah terlihat seperti daging sosis dicincang yang tentu saja terlihat aneh. Oleh karena itu mode ini perlu disesuaikan dengan situasi.

vivo X80 Pro Kamera

ZEISS Natural Color

vivo X80 Pro Kamera

Standar

vivo X80 Pro juga dilengkapi dengan lensa ultrawide 48MP, gimbal portrait camera 12MP dengan perbesaran 2x, dan telephoto 8MP dengan perbesaran 5x. Semua lensa kamera ini sama-sama mampu menghasilkan foto yang memuaskan.

vivo X80 Pro Kamera

Ultrawide

vivo X80 Pro Kamera

Zoom 2x

vivo X80 Pro Kamera

Zoom 5x

Uniknya di vivo X80 Pro terdapat gaya foto potret khusus hasil kerja sama dengan ZEISS yang mana terdapat 5 mode yang bisa dipilih. Salah satu mode potretnya yakni Cinematic terlihat berbeda dengan foto yang berukuran lebar layaknya film sinema. Sayangnya pemisahan efek bokeh antara subjek foto dengan latar terlihat kurang rapi di beberapa foto yang dihasilkan.

vivo X80 Pro Kamera - Cinematic

Cinematic

vivo X80 Pro Kamera - Biotar

Biotar

vivo X80 Pro Kamera - Distagon

Distagon

vivo X80 Pro Kamera - Plannar

Plannar

vivo X80 Pro Kamera - Sonnar

Sonnar

Untuk kamera depannya, vivo X80 Pro menggunakan lensa beresolusi 32MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan tajam. Detail permukaan wajah dan baju saya terekam dengan baik. Tentu saja vivo juga menyediakan fitur untuk mempercantik dan memperhalus tekstur wajah jika diinginkan.

vivo X80 Pro Selfie - Portrait

Selain tangguh digunakan untuk memfoto, kamera vivo X80 Pro juga dapat menghasilkan video yang memuaskan. Secara bawaan perekaman video dengan kamera belakang akan menggunakan fitur stabilisasi video dan tersedia juga fitur stabilisasi tingkat lanjut dengan mode Ultra.



Menariknya vivo menyematkan banyak fitur di aplikasi kamera bawaannya terutama tersedia mode Pro yang dapat digunakan untuk mengatur kamera secara manual baik itu untuk memfoto maupun merekam video.

Kesimpulan

vivo X80 Pro

vivo x80 Pro adalah handphone flagship yang mengagumkan terutama jika kamu senang foto-foto atau merekam video. Selain itu handphone ini memiliki performa yang tangguh, layar memukau, dan pemindai sidik jari yang luas serta sangat cepat responnya.

Dibalut dengan desain yang premium membuat handphone ini layak dibeli di kelasnya. Sayangnya untuk refresh rate dinamis di handphone ini implementasinya terasa kurang sempurna dan terdapat beberapa bloatware yang cukup mengganggu.

Harga dan Spesifikasi vivo X80 Pro

Dimensi & Berat75,3 x 164,57 x 9,1 mm, 219g
WarnaCosmic Black
LayarLTPO AMOLED 6,78″
1440 x 3200 piksel, refresh rate hingga 120Hz
Sistem OperasiAndroid 12 (Funtouch OS 12)
MemoriRAM LPPDR5 12GB dengan penyimpanan internal 256GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1, Adreno 730, vivo V1+
Kamera Belakang50MP wide-angle, f/1.57
48MP ulrawide-angle, f/2.2
12MP telephoto, f/1.85, pembesaran optik 2x
8MP telephoto, f/3.4, pembesaran optik 5x
Kamera Depan32MP, f/2.45
Baterai4.700mAh, 80W FlashCharge, 50W Wireless FlashCharge
Jaringan4G, 5G
KonektivitasWi-Fi 6, Wi-Fi 5, Bluetooth v5.2
KonektorUSB Type-C
SensorAkselerometer, sensor cahaya ambien, sensor temperatur warna, sensor kedekatan, kompas, giroskop, pemindai sidik jari
GPSGPS, BEIDOU, GLONASS, GALILEO, QZSS, A-GPS
SpeakerSpeaker stereo
FiturIP68
HargaRp15.999.000

Tinggalkan Komentar