ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

vivo X80 Vs vivo X80 Pro – Si Kembar yang Banyak Bedanya

vivo X80 vs vivo X80 Pro - Header

Gadgetren – Seri handphone vivo X80 meluncur di Indonesia dalam dua versi, yakni standar dan pro. Keduanya mempunyai perbedaan yang lumayan signifikan meskipun hampir terlihat serupa.

Handphone vivo X80 Pro dalam hal ini hadir dengan spesifikasi lebih mumpuni ketimbang vivo X80. Sebenarnya sudah bisa diterka jika kita melihat selisih harga dari kedua perangkat yang mencapai hingga Rp4 juta.

Perbedaan dari kedua handphone tersebut di antaranya meliputi dapur pacu, layar, kamera, baterai, maupun beberapa dukungan tambahan lainnya. Untuk lebih lengkapnya mengenai beberapa hal ini, kamu dapat melihatnya sebagai berikut bagi yang masih penasaran.

Perbedaan vivo X80 Vs vivo X80 Pro

Meskipun beberapa pasar menggunakan dapur pacu yang serupa, versi Indonesia dari vivo X80 dan vivo X80 Pro mengandalkan chipset yang berlainan. Hal ini pun menjadi pembeda yang paling dasar antara kedua handphone tersebut.

vivo X80 Pro secara khusus dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, sedangkan vivo X80 standar mengandalkan MediaTek Dimensity 9000. Walaupun sama-sama chipset kelas atas, keduanya tentu mempunyai kemampuan yang berbeda.

Dengan arsitektur dan konfigurasi inti yang serupa, Dimensity 9000 misalnya mampu dipacu dengan frekuensi hingga 3,05 GHz dan didukung ARM Mali-G710 MC10. Sementara Snapdragon 8 Gen 1 hanya sampai 3GHz dengan GPU Qualcomm Adreno 730.

vivo-X80-Series-1

Dimensity 9000 pun memungkinkan vivo X80 biasa mengusung teknologi Bluetooth 5.3 yang membawa peningkatan efisiensi pemakaian daya, keandalan, dan keamanan dari Bluetooth 5.2 yang dimiliki oleh Snapdragon 8 Gen 1 pada vivo X80 Pro.

Namun sebagai gantinya, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan dukungan jaringan 5G lebih baik. Chipset ini sudah dilengkapi dengan dukungan mmWave di samping mempunyai kecepatan download yang lebih tinggi dari Dimensity 9000.

Pemakaian chipset ini pun akan berpengaruh pada beberapa aspek lain. Perangkat vivo X80 Pro misalnya mampu menghadirkan panel 120Hz dengan resolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel) sedangkan vivo X80 hanya sampai Full HD+ (2400 × 1080 piksel).

Berkaitan dengan layar, kedua handphone tersebut sama-sama mengandalkan panel AMOLED. Hanya saja vivo X80 Pro sudah dibekali dengan teknologi LPTO yang menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan refresh rate secara adaptif terhadap konten tanpa komponen tambahan.

Banderol harga lebih mahal dari vivo X80 Pro juga dipengaruhi oleh pemakaian pemindai sidik jarinya. Meskipun sama-sama terintegrasi di layar, vivo X80 Pro sudah mengusung sensor ultrasonik saat vivo X80 masih berbasis optik.

vivo-X80-Series-2

Kedua handphone tersebut pun tampak semakin berbeda jika mempertimbangkan dukungan fotografinya. Kamera utama vivo X80 soalnya hanya mendukung lensa 50MP + telefoto 12MP + sudut lebar 12MP saat vivo X80 Pro mendukung 50MP + periskop 8MP + telefoto 12MP + sudut lebar 48MP.

Artinya, vivo X80 Pro mempunyai sensor yang lebih lengkap. Handphone tersebut juga mempunyai dukungan lensa sudut lebar lebih baik ketimbang vivo X80 standar yang mana bisa dipakai untuk mengambil foto dengan cakupan luas.

Baterai kedua handphone tersebut pun menjadi pembeda yang selanjutnya. Handphone vivo X80 dalam hal ini hanya mempunyai kapasitas 4.500mAh sementara vivo X80 Pro sedikit lebih besar dengan 4.700mAh.

Selain kapasitas, vivo X80 Pro mendukung teknologi pengisian yang lebih lengkap. Handphone tersebut juga dipersenjatai dengan fast wireless charging hingga 50W alih-alih seperti vivo X80 Pro yang hanya membawa fast charging 80W.

Ditambah lagi, vivo X80 Pro juga dilengkapi dengan sertifikat tahan air dan debu IP68. Jadi secara teknis kita tak perlu takut saat memakainya di kondisi hujan atau bahkan menyelam dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar