Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme C3 – Apakah Baterainya Tahan Lama?

Kelebihan dan Kekurangan realme C3 Header

Gadgetren – Setelah diluncurkan pada bulan Februari 2020 silam, realme C3 telah menjadi salah satu smartphone entry-level yang diminati oleh banyak orang di Indonesia.

Dijual dengan harga yang terjangkau, realme C3 dilengkapi dengan berbagai fitur menarik mulai dari baterai berkapasitas besar, performa yang cukup bertenaga di kelasnya, dan dukungan tiga kamera belakang.

Bisa dibilang realme C3 mempunyai spesifikasi dan harga yang sangat bersaing untuk smartphone kelas bawah. Namun sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melihat kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut ini.

Kelebihan realme C3

Review realme C3 Kamera

Sebagai smartphone entry-level, realme C3 mempunyai fitur unggulan pada baterai berkapasitas 6.000mAh yang diklaim pihak realme mampu bertahan selama 10,6 jam untuk memainkan PUBG Mobile atau seharian dalam pemakaian normal.

Sementara berdasarkan pengujian tim Gadgetren, baterai realme C3 mampu bertahan selama 13 jam 34 menit pada pengujian PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar 50% dan baterai dimulai dari kondisi 100%.

Daya tahan realme C3 ini mampu mengalahkan realme C2 yang menyala selama 11 jam 36 menit saja. Selain itu, baterai realme C3 berkurang 10% ketika tim Gadgetren memainkan PUBG Mobile selama 1 jam secara nonstop. Dari hasil pengujian tersebut, terbukti bahwa realme C3 memang mempunyai daya tahan baterai yang lama untuk ukuran smartphone kelas bawah.

Sementara dapur pacunya dipercayakan pada chipset MediaTek Helio G70 Octa-Core yang diklaim realme mempunyai performa yang bertenaga. Tak lupa, RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB dipercaya untuk mendampingi kemampuan dari chipset tersebut.

Dengan kombinasi hardware tersebut, realme C3 berhasil mendapatkan skor AnTuTu tinggi yang mencapai 181.230 poin. Bahkan realme C3 sedikit mengalahkan skor Galaxy M30s yang mencapai 180.791 poin.

Meskipun skor benchmark dari aplikasi bukanlah segalanya, namun setidaknya memperlihatkan bahwa realme C3 menjadi salah satu smartphone yang memiliki performa bertenaga di kelas bawah.

Layar perangkat ini mempunyai desain yang memenuhi bagian depan dengan poni di atasnya yang memungkinkan pengguna dapat dengan leluasa menonton video, memainkan game, maupun melihat foto dengan leluasa.

realme C3 Camera

Sensor fingerprint yang terdapat pada bagian belakang realme C3 memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar karena hanya menggunakan sidik jari tanpa perlu memasukkan kata sandi. Tak lupa, fitur Face Unlock juga telah dihadirkan pada perangkat ini.

Dari sektor fotografi, realme C3 hadir dengan tiga kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama 12 MP, kamera portrait 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara fitur ChromaBoost yang dihadirkan pada aplikasi kamera bawaan perangkat ini mampu menambahkan kepekatan warna pada foto yang dihasilkan.

Kekurangan realme C3

Review realme C3 Belakang

Realme C3 ini mempunyai kamera makro beresolusi 2 MP yang masih memiliki noise ketika pengguna membidik obyek di dalam ruangan atau kondisi minim cahaya. Tentunya hasil foto makro dari smartphone ini masih bisa ditoleransi apabila diunggah ke media sosial.

Masih terdapat cukup banyak noise dari foto di malam hari atau kondisi minim cahaya yang dihasilkan dengan kamera belakang realme C3. Apalagi fitur Nightscape pun tidak disematkan pada aplikasi kamera bawaannya.

Meskipun mempunyai baterai berkapasitas besar dan tahan lama, namun realme C3 hanya dibekali dengan teknologi pengisian standar sehingga akan cukup lama untuk mengisi baterainya hingga penuh.

Tinggalkan Komentar

Komentar

  • Setuju banget sama kekuranganya, lensa makro yg terlalu kecil tp gk bisa berharap banyak juga untuk smartphone 1jutaan dan charger yg masih versi 2. Cuma untuk performa gaming bagi para pemula smartphone ini udah lebih dari cukup, bisa berkurang cuma 10% setelah ngegame selama sejam udah lebih2 banget kan, yg penting gaming ngegas pake mediatek G70