Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome Biar Pencarian Lebih Praktis

Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome - Header

Gadgetren – Agar bisa melakukan penelusuran secara lebih mudah, kita dapat menjadikan Google sebagai default browser atau search engine di peramban Chrome baik itu untuk versi seluler maupun desktop.

Oleh karena itu dengan menjadikan Google sebagai default browser, kita hanya perlu mengetikkan kata kunci ke kolom URL secara langsung kemudian menekankan tombol Enter saat ingin melakukan pencarian di peramban Chrome.

Kita tidak perlu lagi membuka laman web dari mesin pencari Google terlebih dahulu. Nanti peramban Chrome soalnya akan langsung membuka hasil penelusuran dari layanan tersebut setelah kita mengetuk tombol Enter.

Pencarian yang kita lakukan dengan begitu dapat berjalan secara lebih praktis. Jadi pada akhirnya, kita pun bisa segera menemukan jawaban, solusi, atau apa saja yang ingin kita telusuri dengan menggunakan layanan Google.

Untuk mengubah Google sebagai default browser di Chrome, kita untung bisa melakukannya lewat setelan yang ada di peramban secara langsung.

Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome

Versi Seluler

  • Jalankan aplikasi Chrome di handphone
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas Chrome
  • Pilih menu Settings
  • Cari dan buka opsi Search engine
  • Ubah setelan ke Google
    Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome - 1
  • Tekan tombol Back untuk menutup pengaturan

Pengaturan default browser di Chrome versi desktop juga tak kalah mudah untuk dilakukan karena langkah-langkahnya relatif serupa.

Versi Desktop

  1. Buka peramban Chrome di komputer
  2. Ketikan chrome://settings/ di kolom URL
  3. Tekan tombol Enter
  4. Di halaman Settings, masuk ke tab Search engine
    Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome - 2
  5. Ubah menu Search engine used in the address bar ke Google
    Cara Menjadikan Google Sebagai Default Browser di Chrome - 3
  6. Tutup halaman jika selesai

Selain Google, sebenarnya terdapat beberapa layanan pencarian lain yang bisa kita gunakan sebagai default browser di Chrome. Termasuk di antaranya meliputi DucDuckGo, Yandex, Bing, Yahoo!, maupun Ecosia.

Khusus untuk Chrome versi desktop, pengaturan default browser pun bisa dibuat secara lebih leluasa. Kita dalam hal ini bisa mengelola secara manual layanan yang diinginkan lewat menu Manage search engines and site search.

Tinggalkan Komentar