ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Laptop dan Handphone Android

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser Header

Gadgetren – Sebagai browser besutan Google, Chrome merupakan yang paling populer digunakan oleh banyak orang di dunia untuk berselancar di dunia maya melalui laptop, PC, handphone, maupun perangkat mobile lainnya.

Desain minimalis, proses loading cepat, dan integrasi dengan layanan Google menjadi beragam faktor yang membuat Chrome diminati sebagai peramban kepercayaan dalam menjelajah dunia maya.

Walaupun begitu, biasanya setiap perangkat baik itu laptop hingga handphone memiliki browser bawaan dari sang vendor pembuat seperti Samsung Internet atau lainnya sehingga punya pengalaman yang belum tentu sama ketika berpindah perangkat.

Maka dari itu Google Chrome belum tentu menjadi peramban utama yang dijalankan ketika membuat sebuah tautan atau lainnya. Walaupun begitu pada handphone bersistem operasi Android biasanya Google Chrome akan langsung sudah terpasang walaupun belum menjadi default browser.

Nah bagi kamu yang ingin mengubah Chrome sebagai default browser agar selalu digunakan untuk internetan dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser

Pada Handphone Android

  1. Masuk ke aplikasi Settings pada handphone
  2. Pilih menu App management
  3. Selanjutnya buka menu Default app
  4. Kemudian pilih Browser app
  5. Pilih Chrome dari daftar aplikasi yang ada
  6. Tutup aplikasi Setttings jika sudah selesai

Default Browser Chrome Android

Selanjutnya apabila kamu membuka tautan yang membutuhkan akses internet, maka nantinya akan secara otomatis diarahkan ke Google Chrome sebagai aplikasi peramban. Apabila kamu ingin browser lain digunakan sebagai default, maka dapat menggunakan langkah serupa.

Laptop atau PC Windows 10

  1. Buka Start Menu yang berlambang Windows di kiri bawah
  2. Ketikan dan pilih Settings dari daftar yang ada
    Default-Browser-Chrome-Window
  3. Cari dan tekan menu Apps
  4. Pada halaman Apps & features, pilih menu Default Apps
  5. Pada menu Web browser, pilih Google Chrome sebagai aplikasi defaultDefault Browser Chrome

Meskipun rata-rata pengguna laptop atau PC di dunia sudah bermigrasi ke sistem operasi Windows 10, namun sebagian orang masih menggunakan Windows 7 karena berbagai alasan. Nah bagi kamu yang masih menggunakannya, maka perlu mengikuti langkah berbeda seperti berikut ini.

Laptop atau PC Windows 7

  1. Pilih dan tekan Start Menu yang berlambang Windows di kiri bawah
  2. Selanjutnya, cari dan pilih ikon Control Panel
  3. Masuk ke menu Default Program
  4. Kemudian pilih Set your default programs
  5. Pilih Google Chrome pada kolom Programs dan tekan tombol Set this Program as default

Nah dengan mengikuti langkah yang sudah dijabarkan di atas, kamu kini akan menggunakan Google Chrome sebagai default browser pada perangkat favorit kamu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar