Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menghapus Akun Spotify Jika Sudah Tidak Ingin Menggunakan Layanan

Cara Menghapus Akun Spotify - Header

Gadgetren – Hingga sekarang memang belum ada cara untuk menghapus akun Spotify secara langsung dari aplikasi. Meskipun begitu, kita tetap bisa melakukannya dengan sangat mudah saat memerlukan hal itu.

Spotify telah menjadi salah satu layanan favorit bagi banyak orang untuk mendengarkan musik secara daring. Selain gratis, aplikasi tersebut bisa dipakai di berbagai macam platform serta mempunyai fitur-fitur menarik terutama ketika kita berlangganan akun premium.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa kadang kala ada berbagai macam alasan yang bisa membuat kita ingin berhenti menggunakan layanan tersebut. Mulai dari kesesuaian konten hingga kebijakan privasi bisa termasuk ke dalamnya.

Jika pada akhirnya memutuskan untuk berhenti menggunakan Spotify, kita kemungkinan juga perlu menghapus akun yang telah kita buat sebelumnya. Dengan begitu nantinya bisa benar-benar terlepas dari layanan.

Menghapus akun Spotify sekarang ini sayangnya hanya dapat dilakukan lewat web. Jadi kita memerlukan aplikasi peramban baik itu versi desktop maupun seluler untuk mengakses halaman tersebut.

Cara Menghapus Akun Spotify

  1. Buka aplikasi browser
  2. Akses halaman https://support.spotify.com/close-account/
  3. Login dengan akun yang mau dihapus
  4. Ketuk tombol Close account
    Cara Menghapus Akun Spotify - 1
  5. Pastikan akun sudah benar dan klik Continue
    Cara Menghapus Akun Spotify - 2
  6. Centang opsi I understand
    Cara Menghapus Akun Spotify - 3
  7. Ketuk Continue
  8. Buka email penutupan akun dari Spotify
  9. Klik tombol Close My Account
    Cara Menghapus Akun Spotify - 4

Setelah mengkonfirmasi penutupan lewat tombol Close My Account, kita akan memperoleh email yang berisi tautan untuk mengaktifkan akun kembali jika nanti berubah pikiran. Hanya saja perlu diingat bahwa kita hanya bisa memakainya lagi sebelum 7 hari.

Jika tidak menggunakan tautan tersebut lebih dari batas waktu yang diberikan, maka akun akan benar-benar dihapus dan tidak bisa diaktifkan kembali. Kita pun perlu membuat yang baru apabila suatu saat ingin mengakses layanan Spotify lagi.

Menghapus akun dengan cara di atas sayangnya hanya berlaku untuk pengguna gratis. Jika sebelumnya pernah mengaktifkan opsi Spotify premium apapun paket langganannya, maka kita pun perlu menghentikan hal itu terlebih dahulu.

Berhenti Langganan Spotify Premium

  1. Login dengan akun yang ingin dihapus ke halaman http://spotify.com/account
  2. Cari bagian Your plan
  3. Ketuk tombol Change Plan
  4. Gulir ke bawah sampai ketemu Spotify Free
  5. Klik tombol Cancel Premium
  6. Tekan Continue to cancel
  7. Konfirmasi dengan menekan tombol Yes, cancel

Selain menghentikan langganan Spotify Premium lalu menggunakan cara sebelumnya, kita juga dapat menghapus akun dengan menghubungi layanan pelanggan yang bisa diakses melalui https://support.spotify.com/contact-spotify-support.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar