Tips dan Trik

Cara Memperbaiki LinkAja yang Terblokir Biar Bisa Dipakai Lagi

Cara Memperbaiki LinkAja Terblokir - Header

Gadgetren – Kita tentu perlu mencari cara yang tepat untuk memperbaiki akun LinkAja jika tanpa sengaja terblokir begitu saja supaya bisa digunakan bertransaksi kembali seperti semula.

Apalagi sekarang ini ada metode yang sudah tidak dapat kita gunakan untuk melakukan hal tersebut. Per 6 Juli 2021 kemarin, platform pembayaran digital jebolan BUMN ini tercatat menutup sejumlah layanan akses lewat USSD.

Termasuk di antaranya layanan Reset PIN. Para pengguna LinkAja khususnya mereka yang memakai nomor telepon dari Telkomsel tidak bisa lagi menggunakan kode *800*99# untuk mengatur ulang PIN.

Layanan Reset PIN lewat USSD padahal dapat menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki akun LinkAja yang terblokir. Dengan menggunakannya, kita dapat mengatur ulang PIN masuk yang mana selanjutnya bisa dipakai di dalam aplikasi.

Meskipun layanan Reset PIN lewat USSD sudah tidak tersedia, bukan berarti tidak ada cara untuk memperbaiki akun LinkAja yang terblokir. Masih ada metode lain yang bisa dipakai sebagai alternatifnya.

Cara Memperbaiki LinkAja yang Terblokir

Reset PIN Lewat Aplikasi

  1. Pasang aplikasi LinkAja dari Google Play Store atau Apple Apps Store
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Izinkan sejumlah permohonan akses
  4. Lewati halaman informasi awal
  5. Ketuk Lanjut jika sudah di halaman terakhir
    Cara Memperbaiki LinkAja Terblokir - 1
  6. Masukan nomor telepon yang sesuai
  7. Ketuk tombol Mulai
    Cara Memperbaiki LinkAja Terblokir - 2
  8. Klik menu Lupa PIN
    Cara Memperbaiki LinkAja Terblokir - 3
  9. Pilih salah satu metode pemulihan yang tersedia
  10. Ikuti petunjuk sesuai metode pemulihan yang akan digunakan

Terdapat tiga metode pemulihan PIN yang tersedia di aplikasi LinkAja termasuk di antaranya pertanyaan keamanan, email, maupun call center. Kita dapat memilihnya sesuai dengan pengaturan yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Cara Memperbaiki LinkAja Terblokir - 4

Kita bisa memilih pertanyaan keamanan jika masih ingat jawabannya. Ketika memutuskan menggunakan metode pemulihan PIN ini, ada tiga pertanyaan yang bisa digunakan sesuai dengan apa yang kita terapkan saat awal membuat akun LinkAja

Sementara jika sudah menautkan akun dengan alamat email, kita bisa memilih metode pemulihan yang kedua. LinkAja nantinya akan mengirimkan sebuah kode verifikasi melalui pesan khusus yang bisa dipakai untuk mengatur ulang PIN.

Metode pemulihan PIN LinkAja yang terakhir dapat dipertimbangkan jika kedua cara sebelumnya tidak bisa digunakan. Dengan memilihnya, kita nanti akan diberikan sebuah nomor telepon dari layanan konsumen mereka.

Datang ke GraPARI Telkomsel

Jika memulihkan PIN lewat aplikasi gagal, kita pun bisa mencoba mendatangi kantor GraPARI Telkomsel terdekat untuk memperbaiki akun LinkAja yang terblokir. Kita dapat mengecek lokasinya secara mudah lewat halaman pencarian berikut.

Namun sebelum mendatangi kantor GraPARI, jangan lupa untuk menyiapkan berkas yang diperlukan seperti nomor telepon serta kartu identitas. Hal ini supaya petugas nantinya bisa lebih mudah saat perlu melakukan validasi akun.

Sesudah menyampaikan permasalahan kepada petugas dan validasi akun berhasil dilakukan, kita biasanya akan diberi kesempatan untuk membuat PIN baru lewat aplikasi. Akun nantinya bisa segera digunakan setelah dikonfirmasi ulang oleh pihak LinkAja.

Tinggalkan Komentar