Tips dan Trik

Cara Top Up Untuk Isi Saldo LinkAja Melalui Bank

Top Up LinkAja Header

Gadgetren – Saat ini, layanan keuangan digital milik Telkomsel, TCASH, sudah melebur menjadi satu dengan berbagai layanan BUMN lainnya (E-Cash, UnikQu, dan T-Bank), lalu berubah nama menjadi LinkAja.

Perubahan ini tentu saja menimbulkan berbagai macam pertanyaan. Dan yang cukup umum, termasuk tentang cara untuk melakukan top up alias isi ulang saldo ke dalam layanan uang digital baru tersebut.

Hampir sama dengan saat menggunakan TCASH, untuk top up ke LinkAja juga sangat mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini, pengguna bahkan bisa melakukan top up ke layanan ini setidaknya dengan tiga cara, yang semuanya mudah untuk dilakukan.

Cara Top Up Untuk Isi Saldo LinkAja Melalui Bank

Untuk dapat top up ke LinkAja, pengguna bisa melakukannya melalui Bank yang digunakan, baik dengan menggunakan SMS banking, internet banking, mobile banking, maupun ATM banking.

Kurang lebih, terutama untuk bank HIMBARA (BTN, BRI, Mandiri atau BNI), bisa dilakukan dengan menggunakan salah satu metode pembelian melalui Bank, dengan memilih opsi uang elektronik lalu LinkAja.

Sebagai contoh, misalnya melalui ATM BNI. Bagi pengguna ATM BNI, setelah memasukkan PIN dan masuk ke halaman utama, maka pengguna dapat memilih Menu lain, kemudian Uang Elektronik, dan memilih opsi LinkAja.

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan pada LinkAja, diikuti dengan nominal top up dan sumber dana transaksi. Lalu pada tahap akhir, biasanya pengguna akan diminta untuk melakukan konfirmasi atau verifikasi dengan PIN lagi.

Menariknya, bagi pengguna dari bank yang termasuk ke dalam HIMBARA, pengguna tidak akan lagi dikenai biaya administrasi dalam top up ke LinkAja. Sementara bagi pengguna bank non HIMBARA, bisa menggunakan metode transfer yang detailnya bisa dilihat melalui halaman Top Up di aplikasi LinkAja.

Top Up LinkAja Bank

Melalui Mitra Toko Ritel

Selain bisa melalui bank, top up ke LinkAja juga bisa dilakukan melalui beberapa toko ritel yang bermitra dengan LinkAja, seperti Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Circle K, FamilyMart, Indomaret, Kantor POS, Mitra LinkAja dan Suzuya.

Top Up LinkAja Ritel

Caranya, buka aplikasi LinkAja, lalu pilih tombol QR Code. Jika sudah, nanti akan muncul opsi Token (tombol paling kanan) dan pilih opsi tersebut. Lalu, masukkan PIN jika diminta, dan tunjukkan token yang muncul (berupa barcode, token QR Code dan token angka) ke penjaga toko.

Melalui GraPARI Telkomsel

Datang ke GraPARI bisa menjadi pilihan paling mudah bagi kamu yang masih bingung. Karena untuk top up metode ini, kamu hanya perlu menghampiri petugas dan menyebutkan nominalnya.

Selain itu, di beberapa GraPARI, Telkomsel juga telah menyediakan mesin KIOSK LinkAja. Melalui mesin ini, pengguna juga bisa dengan mudah melakukan top up ke layanan uang digital tersebut.

Untuk menggunakan metode top up ke LinkAja melalui KIOSK, pengguna bisa menggunakan Sticker Tap LinkAja (NFC), QR Code dan MSISDN (nomor handphone).

Setelah memilih bahasa dan metode yang digunakan (menempelkan NFC, memilih QR Code, atau memilih MSISDN), kemudian pilih Setor Tunai, lalu masukkan nominal, dan masukkan uangnya ke mesin. Lalu selanjutnya, konfirmasi pembayarannya.

Tinggalkan Komentar