Aplikasi Tips dan Trik

Cek Kualitas Udara di Sekitar Lewat Aplikasi Atau Website IQAir

Cek Kualitas Udara di Sekitar Lewat Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Semakin bagus kualitas udara yang tersebar, tentunya akan membuat kehidupan yang sehat bagi penduduk di wilayah tersebut.

Dengan kualitas udara yang bersih, tentunya dapat membuat orang nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu udara yang bersih juga dapat mengurangi terjadinya penyebaran penyakit.

Sementara itu, terkadang kamu juga akan penasaran sebenarnya sebersih dan sebagus apa sih kualitas udara dari kota atau daerah tempatmu tinggal. Apakah bagus, menengah, atau kurang baik?

Untugnnya kini kamu dapat mengecek kualitas udara pada berbagai negara, termasuk wilayah di Indonesia menggunakan website IQAir yang dapat diakses dari browser atau aplikasi AirVisual di handphone.

Cek Kualitas Udara di Wilayah Sekitar

Melalui Website

  1. Buka aplikasi browser atau peramban
  2. Kunjungi situs resmi IQAir dari browser
  3. Pada halaman utama, ketik nama wilayah pada kolom Search. Misalnya Bogor
  4. Nantinya website akan menampilkan kualitas udara di kota Bogor

IQAir Website Kualitas Udara

Tidak hanya menampilkan kualitas udara saja, website ini juga mampu menghadirkan informasi mengenai tingkat polusi udara, konsentrasi polutan, dan rekomendasi kesehatan mengenai cara melindungi dari polusi udara di wilayah tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan peta polusi, prakiraan cuaca, dan prakiraan indeks kualitas udara (AQI) langsung lewat layanan yang satu ini. Begitu juga dengan riwayat kualitas udara suatu wilayah pun tersedia untuk kamu lihat pada website AQI.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, IQAir merupakan perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss yang bekerja sama dengan lembaga di berbagai negara untuk memberikan perlindungan dalam menghadapi polutan di udara.

IQAir juga mengembangkan pemantauan kualitas udara dan produk pembersih udara. Selain itu, IQAir telah menghadirkan aplikasi informasi kualitas udara bernama AirVisual yang dapat diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

Melalui Aplikasi

  1. Buka aplikasi AirVisual di handphone
  2. Aplikasi akan langsung mendeteksi lokasimu berada
  3. Pada saat masuk halaman utama, kamu akan dihadapkan pada data kualitas udara di lokasi dari terdekat
  4. Namun apabila kamu ingin melihat wilayah lain, tekan menu Search berikon kaca pembesar di bagian atas
  5. Ketik nama wilayah di kolom Search dan tekan tombo Enter
  6. Selanjutnya, kualitas udara dari wilayah yang kamu cari akan ditampilkan

AirVisual Kualitas Udara

Aplikasi juga akan menampilkan informasi mengenai kecepatan angin, persentase kelembapan, cuaca, tingkat polusi udara, peta dari kualitas udara, dan lainnya mirip dengan yang apa yang disediakan pada website.

Namun apabila kamu ingin memiliki data yang lebih akurat lagi seperti tepat di rumah atau ruang tertentu, sebaiknya membeli alat pemantau kualitas udara, air purifier, atau produk lainnya buatan IQAir yang datanya dapat dipantau langsung dari handphone.

Selain itu, air purifier dari beberapa merek yang dijual di Indonesia pun sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat memantau kualitas udara secara terbatas.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar