Perangkat Pintar Tips dan Trik

Ingin Beli Air Purifier, Diffuser, Atau Humidifier? Ketahui Dulu Perbedaan Ketiganya

Perbedaan Air Purifier Diffuser Humidifier Feature

Gadgetren – Berdasarkan informasi dari riset lembaga Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, Air Purifier dengan HEPA Filter dapat membantu mengurangi penyebaran partikel yang tidak menyehatkan.

Saat ini pun sudah mulai banyak jenis Air Purifier dengan HEPA Filter yang dijual di Indonesia dari berbagai merek ternama seperti Sharp, Samsung, LG, realme, Xiaomi, Panasonic, Philips, dan masih banyak lagi.

Namun kamu perlu tahu juga apa yang membedakan Air Purifier, Diffuser, dan Humidifier karena bentuknya yang terkadang mirip dan sama-sama berhubungan dengan udara. Dengan begitu kamu tidak akan salah pilih dan dapat menentukan jenis produk yang lebih tepat.

Air Purifier

Samsung Air Purifier AX40R

Air Purifier adalah sebuah perangkat di dalam ruangan yang dapat digunakan untuk menyaring udara untuk menghilangkan polusi, memurnikan atau menjernihkan udara, hingga meningkatkan kualitas udara.

Dengan ketiga kemampuan tersebut, tentunya membuat Air Purifier dapat digunakan untuk membatasi penyebaran allergen atau residu bahan kimia berbahaya, meningkatkan kualitas udara sekitar ruangan agar lebih baik dihirup oleh penderita asma, hingga membuat penggunanya lebih nyaman ketika berada di dalam ruangan tersebut.

Rata-rata Air Purifier masa kini sudah dibekali dengan HEPA Filter yang merupakan penyaring udara berbentuk lipatan. HEPA (High Efficiency Particulate Air) Filter diklaim mampu menyaring debu, jamur, bakteri, serbuk, dan partikel udara berukuran 0,3 mikrometer sebanyak 99,97%.

realme TechLife Air Purifier

Cara kerja Air Purifier pun cukup mudah dipahami dimana udara yang ada di sekitar ruangan akan dihisap atau disedot menggunakan kipas yang terdapat di dalam perangkat. Selanjutnya, udara tersebut akan menuju bagian filter yang terletak pada bagian belakangnya.

Pada bagian filter inilah akan terjadi proses penyaringan udara. Nantinya udara yang telah disaring akan disalurkan kembali ke bagian depan dan dikeluarkan dalam kondisi yang lebih segar dan berkualitas.

Selain mempunyai beragam filter canggih, berbagai Air Purifier masa kini pun sudah dapat dikendalikan dan terhubung dengan handphone. Nantinya melalui aplikasi yang disediakan, pengguna bisa melihat data penting yang dibutuhkan.

Air Purifier dapat ditempatkan pada ruangan yang dirasa sering digunakan dalam keseharian. Dengan begitu, manfaat dari Air Purifier dapat lebih dirasakan dengan kualitas udara yang lebih bersih dan segar.

Diffuser

Diffuser On[Ilustrasi: Pixabay]

Diffuser adalah alat yang dapat digunakan untuk mengubah Minyak Esensial (Essential Oil) menjadi uap beraroma yang selanjutnya disebarkan ke udara sekitar ruangan agar memberikan aromaterapi yang menyegarkan.

Pengguna atau keluarga dapat lebih nyaman menikmati aktivitas di ruangan berkat udara yang wangi mulai dari menonton televisi di ruang keluarga, memainkan game atau tidur di kamar, dan lainnya karena udara ruangan sudah menjadi lebih segar.

Biasanya dalam paket penjualannya alat Diffuser juga disediakan Essential Oil dengan berbagai macam aroma agar bisa membuat penggunanya merasa rileks setiap hari dengan pengalaman yang berbeda-beda.

Diffuser Feature[Ilustrasi: Pixabay]

Perangkat ini pun cocok ditempatkan pada ruangan istirahat seperti ruang keluarga, kamar tidur, dan lainnya. Biasanya Diffuser membutuhkan air berkisar 300ml hingga 500ml yang kemudian dicampur dengan Essential Oil.

Biasanya apabila air telah habis, maka Diffuser akan memberikan peringatan berupa bunyi atau lampu indikator yang berkelap-kelip.

Humidifier

Humidifier Deerma

Humidifier adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk melembapkan udara sekitar sehingga lebih cocok bagi penggunanya yang tinggal di daerah panas, kering, maupun ruangan dengan AC (Air Conditioner).

Berbeda dengan Diffuser, perangkat ini mampu mengatur tingkat kelembapan ruangan tanpa harus mengeluarkan wewangian. Namun sebagian produsen terkadang menyarankan untuk menambahkan buah-buahan atau bunga untuk menghadirkan aroma yang alami pada ruangan. Selain melembapkan ruangan, Humidifier juga dapat meminimalisir alergen dari udara.

Humidifier sebenarnya dapat menggunakan air biasa, namun banyak orang yang menyarankan agar diisi air sulingan untuk memberikan kinerja yang lebih optimal. Humidifier nantinya mengubah air menjadi uap hangat untuk dapat meningkatkan kadar kelembapan udara di sekitar ruangan. Perangkat ini sendiri rata-rata membutuhkan air sekitar 3-5 liter.

Humidifier Relax

Sementara itu, Humidifier cocok diletakkan pada lokasi yang sering digunakan keluarga untuk berkumpul seperti ruang tamu, dapur, ruang keluarga, ruang dengan AC, dan lainnya agar kelembapan udara tetap terjaga.

Secara garis besar, ketiga perangkat tersebut memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Air Purifier mampu membersihkan udara dan menghilangkan polusi di ruangan. Sementara Diffuser digunakan sebagai arometerapi untuk memberikan relaksasi dan Humidifier berfungsi untuk melembapkan ruangan udara sekitar.

Tinggalkan Komentar